sfidn - Begini Cara Diet Kahiyang Ayu, Sukses Turunkan BB 30 Kg

Begini Cara Diet Kahiyang Ayu, Sukses Turunkan BB 30 Kg

sfidn.com – Putri tunggal Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, baru-baru ini membagikan pencapaiannya yang mengagumkan di tahun 2023. Ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 30 kg.

 

Begini Cara Diet Kahiyang Ayu, Sukses Turunkan BB 30 Kg

Melalui akun Instagram pribadinya, Kahiyang dengan bangga menceritakan perjalanan dietnya untuk mencapai berat badan yang ia impikan.

Atas keberhasilannya tersebut, membuat banyak netizen penasaran dengan bagaimana cara diet yang diterapkan oleh Kahiyang.

Para netizen mengungkapkan keinginannya untuk mengikuti jejak Kahiyang agar berhasil menurunkan berat badan secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat.

 

Alasan Kahiyang Ayu Melakukan Diet

Dalam postingannya, Kahiyang menceritakan bahwa perubahan berat badannya ini merupakan sebuah prestasi besar dalam hidupnya. 

"Alhamdulillah sudah turun 30 kg, sebuah prestasi dalam hidup," tulis Kahiyang dalam unggahan Instagramnya.

Motivasi utama Kahiyang untuk memulai diet adalah karena lelah dengan komentar negatif yang sering ia terima tentang bentuk tubuhnya. 

"Kenapa akhirnya diet? Menepati sebuah janji buat diet dan karena sudah capek aja kena hina (sama yang kenal dan enggak kenal sekalipun) gara-gara badan gemoy," kata Kahiyang.

 

Cara Diet Kahiyang Ayu

Dalam perjalanannya, Kahiyang menemukan bahwa langkah pertama untuk memulai diet adalah dengan memiliki niat yang kuat dan konsistensi yang tinggi. 

Ia menyadari bahwa memulai diet bukanlah hal yang mudah. Namun, kalaunya kuat dan mau konsisten maka perjalanan diet akan terasa lebih mudah untuk dilalui. 

"Kalo ditanya, dietnya susah ngga? Jawabannya sih enggak. Yg susah itu NYARI NIAT BUAT DIET DAN KONSISTEN BUAT DIET!!! Aku butuh 5 th buat mencari niat," lanjut Kahiyang.

Meski demikian, Kahiyang tidak memberikan tips dan trik khusus untuk menurunkan berat badan. Baginya, hal terpenting adalah memiliki motivasi untuk hidup sehat dan mencintai diri sendiri lebih dari sebelumnya. 

Ini menjadi pesan yang menginspirasi bagi banyak orang yang mungkin tengah berjuang dalam perjalanan penurunan berat badan mereka sendiri.

 

Kesalahan saat Melakukan Diet

Banyak orang yang salah menafsirkan kata diet dengan tidak makan atau mengurangi porsi makan secara signifikan. 

Padahal, cara diet yang seperti itu tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan membuat individu tidak konsisten untuk melanjutkan program dietnya.

Mengurangi asupan makanan secara signifikan atau melakukan diet ekstrem dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti: 

  • Kekurangan nutrisi yang menyebabkan anemia, osteoporosis, dll
  • Penurunan energi dan kelelahan
  • Gangguan metabolisme sehingga penurunan berat badan lebih sulit dilakukan
  • Gangguan psikologis yang meliputi, stres, kecemasan, depresi, anoreksia, dll
  • Kerusakan organ
  • Dll

 

Cara Diet yang Benar

Cara diet yang benar adalah diet yang seimbang, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan maupun keadaan individu.

Berikut adalah tips melakukan diet yang benar:

 

1. Makanan Harus Seimbang

Saat melakukan diet, pastikan makanan Anda seimbang dari segi nutrisi. Anda harus memenuhi asupan protein, karbohidrat kompleks, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan optimal.

Cobalah berbagai jenis makanan dengan warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna pada buah-buahan atau pun sayur-sayuran bisa menandakan kandungan nutrisi yang berbeda pula. Dengan begitu, asupan nutrisi Anda menjadi lebih kaya.

 

2. Kurangi Karbohidrat dan Perbanyak Serat 

Anda mungkin berpikir jika ingin kenyang maka harus makan banyak karbohidrat. Namun, saat diet, pengonsumsian karbohidrat harus dikurangi dan menggantinya dengan memperbanyak serat.

Serat dapat membantu menjaga pencernaan yang sehat, mengontrol kadar gula darah, dan memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk makan menjadi berkurang.

 

3. Kendalikan Porsi Makan

Mengendalikan porsi makan harus Anda lakukan agar kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Tubuh hanya membakar kalori dalam jumlah terbatas, sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. 

Sedangkan sisa kalori yang tidak terbakar akan disimpan dan bisa menjadi lemak yang membuat berat badan bertambah.

Anda bisa menggunakan piring yang lebih kecil, mangkuk, atau cangkir untuk membantu mengontrol porsi makanan.

Hindari juga makan di depan TV atau layar gadget lainnya karena dapat membuat Anda kurang memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi.

 

4. Konsumsi Air dalam Jumlah Cukup

Minum air saat diet itu sangat penting karena akan membantu proses metabolisme yang lebih optimal, menekan nafsu makan, menyaring toksin, mencegah dehidrasi, dan memelihara fungsi organ.

Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari atau lebih jika Anda beraktivitas fisik intens atau berada di lingkungan yang panas.

 

5. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya sudah kehilangan banyak nutrisi dan sering kali mengandung tambahan gula, garam, dan lemak yang tidak sehat. Sebaiknya, pilih makanan yang segar dan alami demi menjaga kandungan nutrisinya.

 

6. Perbanyak Asupan Protein 

Memperbanyak asupan protein saat diet dapat mendukung keberhasilan diet Anda. Protein dapat menjaga kesehatan otot, meningkatkan rasa kenyang, meningkatkan pembakaran kalori, dan menjadi sumber energi cadangan sehingga Anda tidak akan cepat lelah meski tidak banyak mengonsumsi karbohidrat.

 

7. Pilih Lemak Sehat daripada Lemak Jahat

Lemak tetap dibutuhkan dalam diet sehat karena memiliki beberapa peran yang krusial, seperti mempertahankan keseimbangan hormon, terutama dalam mengatur nafsu makan dan suasana hati. Lemak juga membantu penyerapan nutrisi, seperti Vitamin A, D, E, dan K.

Pilih lemak sehat yang lebih aman bagi tubuh, seperti alpukat, biji-bijian, minyak zaitun, ikan berlemak (salmon, sarden, makarel), yogurt greek, dll.

 

8. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai hari dan mencegah Anda makan berlebihan di siang hari karena kelaparan. 

Pilihlah makanan sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan lemak sehat untuk memberi Anda rasa kenyang dan energi yang tahan lama. Contohnya, beras merah, telur, ikan, daging, oatmeal, yogurt Greek, buah-buahan, dan sayuran.

 

9. Perhatikan Kebutuhan Kalori

Saat menjalani diet, penting untuk memperhatikan kebutuhan kalori. Tubuh membutuhkan kalori untuk mendapatkan energi agar bisa menjalankan dan memelihara organ-organ. Namun, terlalu banyak kalori bisa menaikkan berat badan.

Kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda tergantung pada faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan komposisi tubuh.

Sebagai awal, Anda bisa mengikuti anjuran kalori harian, yakni 1.600-2.000 kalori untuk wanita dewasa dan 1.800-2.400 kalori untuk pria dewasa.

Seiring berjalannya waktu, Anda bisa mengurangi asupan kalori secara bertahap agar bisa mencapai defisit kalori.

 

10. Olahraga Itu Wajib

Kalau Anda ingin menurunkan berat badan maka olahraga wajib dilakukan. Jika hanya mengatur porsi makan, butuh waktu yang sangat lama untuk mencapai defisit kalori dan itu membuat lemak di dalam tubuh tidak hilang.

Olahraga tidak hanya membantu membakar kalori dan lemak tapi juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Usahakan untuk mencoba berbagai jenis olahraga, seperti kardio, angkat beban, yoga, dll.

Semakin sering berolahraga maka massa otot akan semakin berkembang. Massa otot yang lebih banyak dapat membantu pembakaran kalori yang lebih optimal sehingga massa lemak akan berkurang.

Mulailah dengan target yang realistis dan tingkatkan intensitas atau durasi aktivitas secara bertahap agar Anda bisa konsisten menjalankannya.

 

Kahiyang Ayu adalah bukti bahwa dengan niat yang kuat dan konsistensi yang tinggi, semua hal yang diinginkan dapat dicapai. Terutama mencapai berat badan yang ideal.

Itulah kisah bagaiman Kahiyan dapat menurunkan berat badan sebanyak 30 Kg di tahun 2023. Semoga bisa menginspirasi Anda.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#diet  #cara diet sehat  #kahiyang ayu 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article