sfidn - Begini Cara Diet Tanpa Olahraga, Anda Berani Coba?

Begini Cara Diet Tanpa Olahraga, Anda Berani Coba?

sfidn.com – Faktanya, Anda bisa diet tanpa harus olahraga. Tidak ada rasa sakit, keringat, atau pun rasa lelah. Kami akan ungkap bagaimana cara agar Anda bisa melakukannya pada artikel berikut ini.

 

Begini Cara Diet Tanpa Olahraga, Anda Berani Coba?

Banyak orang yang sebenarnya ingin diet tapi malas jika harus olahraga ketat karena itu sangat melelahkan dan membuang banyak energi sehingga sulit baginya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. 

Di sisi lain, adapula orang-orang dengan kondisi medis tertentu, contohnya radang sendi, osteoporosis, atau penyakit lain yang membuat rentang gerak mereka terbatas sehingga tidak disarankan untuk berolahraga.

Apa pun alasan yang melatarbelakangi, diet tetap bisa Anda lakukan meski tanpa olahraga. SFIDN akan membagikan cara yang bisa Anda terapkan.

 

Apakah Bisa Diet Tanpa Olahraga?

Pada dasarnya, olahraga hanya salah satu dari sekian banyak cara untuk menurunkan berat badan atau yang kita kenal sebagai diet. 

Menurut Dr. Scott A. Cunneen, Direktur Bedah Metabolik dan Bariatrik Sinai Medical Center di Los Angeles, olahraga dapat mempercepat metabolisme yang mana jika diiringi dengan pola makan yang baik maka akan menciptakan defisit kalori yang lebih besar. 

Ketika seseorang mampu mencapai defisit kalori maka penurunan berat badan akan semakin mudah terjadi. 

Meski demikian, Anda tetap bisa diet tanpa olahraga meski akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menurunkan berat badan. 

Kabar positifnya, diet yang dilakukan secara perlahan, nantinya akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang ideal dengan lebih mudah dibandingkan dengan orang yang melakukannya dengan cepat.

Hal ini bisa saja terjadi karena rutinitas pola makan sehat Anda menjadi lebih kuat dan stabil sehingga berat badan tidak bertambah dengan cepat. 

 

14 Cara Diet Tanpa Olahraga

Apabila Anda tertarik untuk mencoba diet tanpa olahraga maka banyak hal yang harus Anda perhatikan. Terutama yang berkaitan dengan pola makan Anda saat ini. 

Dikarenakan Anda tidak melakukan aktivitas fisik yang intens maka pola makan Anda akan menjadi kunci utama kesuksesan dalam diet serta beberapa hal penting lainnya yang harus Anda terapkan. Berikut adalah 14 cara diet tanpa olahraga.

 

1. Mengurangi Asupan Kalori, Mulai dari Menggunakan Piring yang Lebih Kecil

Salah satu tujuan terbesar olahraga adalah untuk mencapai defisit kalori, yaitu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang mampu dibakar oleh tubuh Anda.

Namun jika Anda tidak berolahraga maka cara menyiasatinya adalah dengan mengurangi asupan kalori dimulai dari menggunakan piring yang lebih kecil daripada yang biasanya Anda gunakan. 

Ini akan membantu Anda mengendalikan porsi makan sehingga kalori yang Anda konsumsi cenderung lebih sedikit daripada sebelumnya.

 

2. Hentikan Semua Makanan Junk Food

Makanan junk food umumnya mengandung banyak lemak jahat, gula tambahan, dan tinggi garam. Semua hal yang disebutkan tadi tidak cocok dengan konsep diet. 

Dengan mengonsumsi makanan junk food, Anda akan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Jadi, berhentilah mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat.

 

3. Kunyah Makanan dengan Lebih Lama

Proses mengunyah makanan dengan lebih lama akan membuat tubuh Anda mengirimkan sinyal kenyang lebih cepat ke otak sehingga Anda tidak memiliki keinginan untuk makan lebih banyak. 

Faktanya, rasa lapar yang Anda rasakan sering kali hanya sebatas pemikiran saja bukan karena Anda benar-benar membutuhkan makanan.

 

4. Minum Lebih Banyak Air Daripada Biasanya

Tahukah Anda jika beberapa rasa lapar bukan disebabkan karena Anda butuh makanan tapi karena Anda kehausan. 

Hal ini terjadi karena sistem saraf tubuh sering kali sulit membedakan antara lapar dan haus. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk makan sesuatu, sebaiknya Anda minum air. Jika lapar menghilang maka itu tandanya Anda hanya kehausan.

Saat melakukan diet tanpa olahraga, pastikan Anda minum lebih banyak air daripada biasanya. Dengan meminum air, Anda dapat mengontrol nafsu makan, memaksimalkan sistem metabolisme, mengatur kadar gula darah, hingga mengeluarkan sisa-sisa racun dalam tubuh (detoksifikasi). 

 

5. Perbanyak Makanan Serat

Serat sangat penting bagi perjalanan diet Anda karena mampu meningkatkan dan mempertahankan rasa kenyang serta memperlambat proses pencernaan. Dengan begitu, keinginan Anda untuk terus makan akan berkurang. 

Cara kerja serat di usus Anda, yaitu akan mengembang seperti spons sehingga dapat menekan nafsu makan secara alami. 

Menurut The unites States Medical Institute, wanita berusia 19-50 tahun harus mengonsumsi 25 gram serat per hari sedangkan pria 38 gram serat per harinya.

 

6. Tambahkan Lebih Banyak Protein

Protein bisa membantu Anda kenyang lebih lama serta mempertahan massa otot untuk membantu tubuh membakar kalori.

Jika sebelumnya ada hanya makan satu potong protein maka sekarang Anda harus memakan dua sampai tiga protein. Pastikan proteinnya pun berasal dari berbagai sumber yang berbeda, seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. 

 

7. Fokus pada Makanan Anda, Jauhkan Elektronik

Bermain gadget atau pun mengoperasikan barang-barang elektronik akan membuat Anda tidak fokus dengan makanan yang sedang Anda konsumsi. Akibatnya, Anda merasa tidak puas dan tidak menyadari sinyal kenyang yang dikirimkan oleh tubuh. 

Saat menjalani diet tanpa olahraga, pastikan Anda fokus pada makanan yang dikonsumsi sehingga Anda bisa lebih menikmati serta mampu mengontrol asupan kalori. Anda pun tidak akan membayangkan makanan terus menerus sepanjang hari.

 

8. Pilih Cemilan yang Sehat

Saat diet, Anda masih boleh memakan cemilan karena akan ada saat di mana Anda merasa lapar meskipun belum waktunya makan. 

Pilihlah cemilan yang sehat, seperti kacang-kacangan, buah, fiber snack rendah kalori, jus, smoothies tanpa gula, dan sejenisnya agar tidak berdampak pada penambahan berat badan.

 

9. Jangan Takut Lemak

Siapa bilang lemak tidak bagus untuk diet? Segera ubah pola pikir tersebut karena lemak akan membantu tubuh menyerap vitamin, membuat Anda kenyang lebih lama, dan mencegah penurunan gula darah yang sering menjadi penyebab Anda kelaparan. 

Akan tetapi, jenis lemak yang harus Anda pilih pun tidak boleh sembarangan. Harus lemak sehat yang sering ditemui pada minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan yang kaya akan minyak.Lemak yang Anda konsumsi harus memenuhi 20-35% dari total asupan kalori harian.

 

10. Hindari Minuman dan Makanan Manis

Jika ingin berhasil diet tanpa olahraga maka Anda wajib menghindari minuman atau makanan manis yang mengandung gula berlebih. 

Gula adalah sumber asupan kalori tinggi tanpa memiliki nutrisi. Disebut juga sebagai kalori kosong. Ini artinya, gua tidak memberi manfaat bagi tubuh, selain mengganggu usaha Anda untuk menurunkan berat badan. 

Selain itu, minuman atau  makanan manis seringkali memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga meningkatkan kadar gula darah dengan cepat yang membuat Anda sering merasa lapar.

 

11. Cukupi Kebutuhan Karbohidrat

Siapa bilang diet tanpa olahraga mengharuskan Anda tidak mengonsumsi karbohidrat? Ini adalah anggapan yang keliru. 

Karbohidrat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi utama, mengurangi nafsu makan, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Namun, Anda memang harus memperhatikan jumlah pengonsumsiannya agar tidak melebihi jumlah kalori yang mampu dibakar oleh tubuh.

Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 40-45% karbohidrat dari total kalori harian Anda. Contohnya, jika kebutuhan kalori harian Anda adalah 2000 maka 800-900 kalori harus berasal dari karbohidrat. 

 

12. Pastikan Memiliki Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Anda perlu tahu bahwa orang yang kurang tidur lebih rentan mengalami kenaikan berat badan dibandingkan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas. 

Saat kurang tidur, Anda akan menghasilkan lebih banyak hormon perangsang nafsu makan, yakni ghrelin sehingga saat siang hari, Anda lebih rentang mengonsumsi lebih banyak kalori. 

Jadi, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup dan berkualitas apabila ingin menyukseskan diet tanpa olahraga.

 

13. Hindari stres

Ada hubungan antara stres dan penambahan berat badan. Ketika Anda mengalami tekanan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang efeknya meningkatkan nafsu makan dan menyimpan lemak, terutama di area perut.

 

14. Bersabar dan Nikmati Prosesnya

Diet adalah perjalanan yang panjang. Apalagi jika Anda melakukannya tanpa olahraga. Maka dari itu, bersabarlah dan nikmati setiap prosesnya hingga Anda bisa melihat hasil dari kerja keras yang telah Anda lakukan.

 

Diet adalah komitmen yang panjang. Meski tanpa olahraga, ada cara lain untuk menurunkan berat badan, yakni fokus memperbaiki pola makan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup.

Selamat mencoba ke-14 cara yang telah kami berikan. Semoga berhasil!

 

--- Related Article ---


Referensi: 

  • Healthline.com, (2023), 9 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise
  • Fitterfly, (2022), No More Sweat! 10 Easy Ways to Lose Weight Without Exercise
  • U.S.News, (2023), Effective Ways to Lose Weight Without Exercise, According to Experts
  • Forbes, (2023), How to Lose Weight Without Exercise, According To Experts
  • Prevention, (2023), 16 Proven Ways to Lose Weight Without Exercise in 2023, According to Experts
     

 
Tags:
#diet 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article