sfidn - Begini Cara Suplemen BCAA untuk Bantu Sukseskan Program Cutting Anda

Begini Cara Suplemen BCAA untuk Bantu Sukseskan Program Cutting Anda

Sfidn.com – Menjalankan cutting tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa pengetahuan dan persiapan yang matang. Maka dari itu, pengonsumsian suplemen BCAA bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyukseskan program tersebut. 

 

Begini Cara Suplemen BCAA Bantu Sukseskan Program Cutting Anda

Salah satu kekhawatiran olahragawan ketika menjalankan program cutting, yaitu kehilangan massa otot yang sudah susah payah ia bangun. 

Cutting adalah sebuah istilah dalam dunia kebugaran dan bodybuilding untuk menggambarkan periode di mana seseorang berusaha menurunkan massa lemak sambil mempertahankan massa otot demi memiliki bentuk tubuh yang lebih tegas dan terdefinisi.

Selama periode cutting, seseorang akan mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang mereka bakar sehingga terjadi penurunan berat yang signifikan. Kalau istilah di dalam dunia kebugarannya adalah kalori defisit. 

 

Defisit Kalori Bisa Menyebabkan Katabolisme

Kalori defisit yang ekstrem saat program cutting berpotensi menyebabkan katabolisme, yaitu proses pemecahan protein pada otot menjadi komponen-komponen yang lebih sederhana untuk digunakan sebagai sumber energi. 

Katabolisme bisa menyebabkan seseorang kehilangan massa otot karena tubuh cenderung mencari sumber energi tambahan ketika tidak mendapatkannya dari makanan. Entah itu dari lemak tubuh atau dari protein yang ada pada otot.

Coba bayangkan jika massa lemak sudah habis terbakar maka satu-satunya pilihan tubuh untuk mendapatkan energi adalah dari otot. 

Inilah yang perlu Anda khawatirkan ketika menjalankan program cutting. Jangan sampai, massa otot ikut hilang ketika Anda menurunkan berat badan. Ini sebabnya mengapa Anda perlu mengonsumsi BCAA untuk mempertahankannya.

 

Apa Itu BCAA

BCAA (Branched-Chain Amino Acids) adalah kombinasi dari tiga asam amino esensial, yaitu leusin, isoleusin, dan valin yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia sehingga hanya bisa didapatkan melalui makanan atau pun pengonsumsian suplemen. 

Fungsi BCAA bagi para olahragawan, yaitu untuk memenuhi 40% dari asupan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk sintesis protein, yakni proses biokimia yang kompleks di mana sel-sel tubuh memproduksi protein. 

Protein menjadi bahan utama untuk membangun, memperbaiki, serta memelihara jaringan otot. ketika ada otot yang rusak akibat latihan fisik yang intens, protein inilah yang akan memulihkannya serta membuat otot Anda menjadi lebih kuat dan besar daripada sebelumnya. 

 

Makanan yang Mengandung BCAA

BCAA memang bisa Anda temukan di beberapa makanan, seperti daging, ikan, telur, susu, keju, bayam, brokoli, jeruk, pisang, dan apel. Namun, jumlahnya bisa dibilang rendah sehingga Anda harus mengonsumsi begitu banyak makanan untuk memenuhi kebutuhan BCAA. 

Bukankah hal ini akan bertentangan dengan program cutting yang sedang Anda jalankan? Maka dari itu, kami merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen BCAA sehingga Anda tetap bisa defisit kalori tanpa takut kehilangan massa otot. 

 

Tips Memilih Suplemen BCAA 

Suplemen BCAA bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai toko kebugaran namun tidak semua produk yang ada di pasaran memiliki kualitas yang baik dan memenuhi standar.  

Kami akan memberikan tips memilih suplemen BCAA terbaik yang ada di pasaran saat Ini, berikut yang perlu Anda perhatikan: 

1. Komposisi dan Rasio BCAA

Komposisi dan rasio yang direkomendasikan untuk BCAA adalah 2:1:1 atau 3:1:1 (Leusin, Isoleusin, Valin). Ini merupakan standar terbaik untuk cutting yang akan membuat daya tahan otot lebih maksimal. 

 

2. Kandungan Tambahan Lainnya

Beberapa produsen sering menambahkan kandungan lain ke dalam suplemen BCAA yang dijualnya, seperti vitamin, mineral, perasa, pewarna, kafein, elektronik, dan komponen lainnya lainnya. Pastikan tidak ada kandungan tambahan yang berisiko menurunkan kesehatan Anda.  

 

3. Keasaman dan PH

Beberapa suplemen BCAA memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan dapat menyebabkan iritasi lambung. Periksa apakah produk tersebut cocok dengan perut Anda.

 

4. Bandingkan Harga

Harga memang menjadi faktor yang cukup penting dalam memilih suplemen BCAA terbaik untuk kebutuhan cutting Anda. Bandingkan harga jual di antara beberapa produsen. Namun, waspada dengan harga jual yang terlalu rendah demi menjaga kualitas suplemen yang akan Anda konsumsi. 

 

Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik di Indonesia

Apabila Anda tertarik untuk mencari dan membeli suplemen BCAA terbaik di Indonesia, kami menyarankan Anda untuk menggunakan REDCON1 BREACH 30 SERV. 

Selain rasio BCAA yang memenuhi standar, yakni 2:1:1, terdapat pula dua tambahan elektrolit, seperti sodium dan potasium yang mampu menetralkan keasaman serta mengurangi tekanan darah. 

Sedangkan untuk harga jual, kami adalah yang terbaik di kelasnya. Hanya dengan harga Rp 13.000/serving, Anda dapat memenuhi kebutuhan BCAA harian untuk sukseskan program cutting yang Anda lakukan. 

Jangan ragu untuk mengonsumsi suplemen BCAA selama program cutting agar otot tidak mudah menyusut, pemulihan menjadi lebih cepat, dan daya tahan latihan menjadi lebih kuat. 

 

--- Related Article ---

 

Referensi: 

  • Myprotein, (2018), How Can BCAAs Help with Weight Loss? 
  • Myprotein, (2018), The Importance of BCAAs for Cutting and Losing Weight
  • Maxinutrition, BCAA’s & Cutting

 


 
Tags:
#suplemen  #defisit kalori  #otot  #bcaa  #Cutting  #suplemen bcaa  #massa otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article