sfidn - Berbagai Hal Penting Tentang Beta-Alanine

Berbagai Hal Penting Tentang Beta-Alanine

sfidn.com - Untuk Anda yang sangat gemar berolahraga fitness atau angkat beban, pasti Anda ingin melakukan latihan selama apapun yang Anda inginkan dan juga ingin melakukan latihan tanpa adanya penurunan performa dalam hal repitisi, intensitas, atau kekuatan. Sayangnya, selalu ada batasan dalam diri kita dalam melakukan hal tersebut.

Mungkin sebagian dari kita memiliki pengalaman dalam hal berlatih dan juga cedangan energi yang lebih banyak dari pada yang lainnya, itulah sebabnya sebagian dari kita mampu melakukan latihan yang cukup lama dan bisa melakukan sesi latihan dengan sempurna. Namun, bagaimana dengan kita yang sama sekali tidak memiliki stamina dan kekuatan yang cukup? Benar, suplementasi dengan kandungan Beta-Alanine adalah jawabannya. Beta Alanine ini bisa Anda konsumsi untuk menambah kekuatan dan stamina selama berlatih. Pada artikel kali ini, kami akan menjabarkan tentang Beta-Alanine yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Beta-Alanine?

Beta alanine termasuk kedalam jenis asam amino non-essensial, yang artinya tubuh kita secara alami bisa memproduksi beta-alanine dari asam amino lain tanpa harus mendapatkannya dari asupan makanan.

Cara Kerja Beta-Alanine

Tubuh kita memerlukan manfaat dari beta-alanine agar bisa mensintesis jenis asam amino lainnya yang disebut dengan karnosin yang disimpan di dalam otot dan otak agar bisa mengurangi rasa lelah. Dalam hal ini, beta alanine bekerja sama dengan L-Histidine yang termasuk kedalam sembilan asam amino esensial.

Manfaat Karnosin

Salah satu peran utama karnosin dalam otot kita adalah untuk mempertahankan tingkat Ph agar lebih stabil dengan mengatur tingkat keasamannya. Tingkat keasaman yang berlebih bisa merusak otot dalam melakukan kontraksi dan bahkan potensi terjadinya kontraksi bisa gagal dan latihan pun menjadi tidak maksimal.

Fungsi karnosin yang mampu menjaga tingkat keasaman akan membantu menetralkan jumlah keasaman diatas sehingga Anda bisa meningkatkan jumlah repitisi Anda dan ototpun tidak akan merasa kelelahan. Oleh sebab itu, dengan kadar karnosin yang banyak dalam otot, maka tingkat keasaman otot akan lebih stabil dan latihan pun bisa menjadi maksimal.

Tapi, untuk bisa meningkatkan kadar karnosin tersebut, kita membutuhkan beta-alanine. Tubuh kita tidak akan bisa meningkatkan kadar karnosin jika jumlah asam amino non-esensial dalam tubuh tidak cukup. Artinya, porsi latihan Anda akan terbatas yang diakibatkan oleh kekuatan dan daya tahan tubuh yang menurun.

Kenapa Tidak Cukup Hanya dengan Karnosin?

Anda mungkin akan bertanya-tanya, kenapa pada akhirnya kita membutuhkan suplemen yang memiliki kandungan beta-alanine? Jika kita hanya membutuhkan karnosine, mengapa tidak mengonsumsi suplemen karnosin atau suplemen yang  memiliki kandugan karnosin saja?

Jawabannya adalah karena karnosin tidak akan bisa di cerna secara sempurna jika dikonsumsi secara langsung. Saat kita mencerna suplemen karnosin, selanjutnya tubuh akan memecahnya menjadi beta-alanine dan histidin. Saat asam amino ini masuk ke dalam sel otot, selanjutnya tubuh akan memproduksi karnosin.

Dengan menongumsi beta-alanine, maka Anda membantu tubuh dalam mempercepat proses pencernaan dan penggunanaan beta-alanine. Selain itu, penelitian juga telah membuktikan bahwa suplemen beta-alanine sangatlah efektif untuk meningkatkan kadar karnosin pada otot.

--- Related Article ---

Manfaat Beta-Alanine

Manfaat utama dari beta-alanine adalah mampu meningkatkan endurance atau daya tahan otot dan tubuh selama berlatih angkat beban. Sejumlah penelitian dan meta-analisis komprehensif telah membuktikan manfaat ergogenik dari beta-alanin. Mereka mencatat bahwa beta-alanine mampu menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam hal daya tahan tubuh yang berlangsung selama 60-240 detik. Inilah alasan mengapa Anda harus mengonsumsi Beta-Alanine jika Anda ingin meningkatkan superset, superdrop, dan set tambahan Anda. Mengonsumsi Beta-Alanine juga sangat cocok untuk Anda yang menyukai latihan circuit-training atau crossfit.

Itulah penjelasan seputar beta-alanine yang perlu Anda ketahui. Jika masih bingung atau memliki pertanyaan seputar artikel di atas, Anda bisa berdiskusi atau bertanya langsung dengan personal trainer kami pada fitur live chat di bawah,  Forum Fitness Indonesia atau langsung bergabung di channel grup diskusi kami di  bit.ly/SFIDNchatnow. 

Referensi: 

  1. Robert Schinetsky (2018). "Beta-Alanine 101: Everything You Need To know". https://cellucor.com/blogs/nutrition/beta-alanine-101

  2. Dunia Fitness (2017). "Tingkatkan Kekuatan Otot Dengan Beta-Alanine". https://duniafitnes.co.id/supplement/tingkatkan-kekuatan-otot-dengan-beta-alanine.html

 
Tags:
#nutrisi  #suplemen 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article