sfidn - Buah-Buahan yang Mampu Penuhi Nutrisi Post-Workout Anda

Buah-Buahan yang Mampu Penuhi Nutrisi Post-Workout Anda

sfidn.com - Berbicara nutrisi post-workout, karbohidrat menjadi asupan nutrisi post-workout yang penting karena efeknya yang mampu menghentikan katabolik tubuh. Jka asupan karbohidrat tersebut tidak terpenuhi selama beberapa jam, maka fase anabolik tubuh akan segera tertutup sehingga Anda harus menunggu sesi latihan berikutnya. Alasan lainnya adalah glikogen yang terdapat di dalam tubuh akan segera terpakai yang menyebabkan energi tubuh untuk melakukan sesi latihan angkat beban segera habis. Oleh karena itu, Anda wajib mengisi ulang glikogen tersebut melalui asupan karbohidrat dan protein agar tubuh siap melakukan sesi latihan berikutnya secara sempurna.

Menurut seorang ahli diet ternama, Chris Mohr, Ph.D, minuman olahraga adalah munuman yang tepat untuk menjaga daya tahan atlet setalah berlatih, namun buah-buahan akan lebih baik lagi untuk di konsumsi setelah sesi latihan yang berat. Dilansir dari fleconline.com, dia menyampaikan bahwa buah-buahan mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan menjadi nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti kandungan serat, mineral, vit. C, dan zat antioksidan lainnya. Berikut ini adalah buah-buahan yang bisa Anda temukan dengan mudah untuk memenuhi nutrisi post-workout Anda.

 

1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan kandungan gizi, selain vitamin c dalam 180 gr jeruk, terdapat juga nutrisi lainnya seperti kalori, protein, dan serat yang sangat tinggi.

 

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan vitamn B6, yang mampu memnuhi 20% dari jumlah asupan harian orang dewasa. Vitamin B6 ini mampu membantu tubuh dalam memproduksi insulin, hemoglobin, dan asam amino nonesensial yang penting untuk menjaga berbaga sel tubuh agar tetap sehat. Pisang juga kaya kandungan serat yang baik untuk program diet.

 

3. Nanas

Kandungan serat yang kaya akan antioksidan dan vitamin C pada buah nanas sangatlah tinggi. Buah ini juga memilki kandungan magnesium dan kalium untuk memperkuat tulang dan jaringan ikat pada tubuh.

 

4. Strawberi

Perlu Anda ketahui bahwa Strawberi mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk. Kenapa? karena strawberi memiliki kandungan serat tingggi, folat, vitamin C sert antioksidan. Strawberi juga merupakan buah yang sangat efektif dalam mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

 

--- Related Article ---

 

5. Kiwi

Kiwi mempunyai kandungan serat yang sangat tinggi dan mampu membantu tubuh dalam mengikat lemak dalam tubuh. Kiwi juga memiliki kandungan glikemik yang rendah adar bisa mencegah pembentukan lemak.

 

Itulah buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk memenuhi nutrisi post-wokout Anda. Semoga berguna.


 
Tags:
#postworkout  #nutrisi  #buah-buahan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article