sfidn - Diet Tinggi Protein Bantu Berat Badan Turun

Diet Tinggi Protein Bantu Berat Badan Turun

Diet tinggi protein membantu penurunan berat badan. Pada nutrisi, diet dikatakan sebagai makanan yang dikonsumsi oleh manusia ataupun organism lainnya. Diet kadang diterjemahkan dengan penurunan berat badan dan khususnya di Indonesia. Akan tetapi, pada dasarnya adalah diet adalah makanan yang anda konsumsi itulah diet. Dan untuk mengetahui apakah anda menurunkan berat badan dan menaikkan berat badan dilihat dari apakah kalori tersebut surplus atau defisit.

Nutrisi yang lengkap membutuhkan konsumsi dan penyerapan vitamin, mineral, asam amino esensial dari protein dan asam lemak esensial dari makanan yang mengandung lemak, serta energi makanan dalam bentuk karbohidrat, protein, dan lemak. Kebiasaan dan pilihan diet memainkan peran penting dalam kualitas hidup, kesehatan dan umur yang panjang.

Beberapa studi telah menunjukan bahwa diet kaya akan protein bisa menghasilkan pengurangan berat badan yang signifikan dan dapat meningkatkan Metabolic Syndrome (MeS) dibandingkan dengan diet berprotein standar. Dari studi riset yang dilakukan Ismael Campos-Nonato,et al. dengan artikel berjudul “Effect of a High-Protein Diet Versus Standard-Protein Diet on Weight Loss and Biomarkers of Metabolic Syndrome: A Randomized Clinical Trailer” Mendapatkan hasil bahwa diet protein tinggi memiliki presentase penurunan berat badan lebih besar dari diet standar protein. Partisipannya adalah orang dewasa pria dan wanita dengan ras Mexico.

Carrol S. Johnston, Sherrie L. Tjon, dan Pamella D. Swan. Melakukan riset mengenai diet berprotein tinggi dengan judul “High-Protein, Low-Fat Diets Are Effective for Weight Loss and Favorably Alter Biomarkers in Healthy Adults”. Menyatakan bahwa protein tinggi dan rendah lemak lebih baik dalam penurunan berat badan dibandingkan dengan tinggi karbo rendah lemak. Dan diet protein tinggi lebih mengenyangkan dibandingkan diet karbohidrat tinggi. 

Menurut Joan Jutamulia beserta rekan membuat riset artikel berjudul “Comparison of body composition changes between low calorie high protein diet to standard protein in obese individuals with weight cycling – a randomised trial”. Mengatakan bahwa kedua diet protein tinggi maupun standar tidak memiliki perbedaan pada berat badan akan tetapi pada lemak. Dan menyatakan bahwa dalam 8 minggu dalam kalori defisit akan mengurangi beban tubuh secara signifikan. 

Menurut riset yang dilakukan Examine.com bahwa tidak adanya perubahan antara beban tubuh pada diet protein tinggi akan tetapi adanya perubahan peningkatan pada bobot murni atau lean body mass. Sehingga tentunya anda ketahui bahwa jika lean body mass anda tinggi maka tingkat metabolism anda pun tinggi sehingga pembakaran kalori harian anda pun semakin tinggi.
 

Apakah diet berprotein tinggi akan menyebabkan penyakit?

Studi yang dilakukan terhadap 12 pria sehat yang terlatih, yang dilakukan oleh Jose Antonio, Anya Ellerbroek, Tobin Silver, Leonel Vargas, Dan Corey Peacock. Dengan artikel berjudul “The effects of a high protein diet on indices of health and body composition – a crossover trial in resistance-trained men” mengatakan bahwa tidak adanya efek samping dengan mengkonsumsi diet berprotein tinggi.
 

Kesimpulan  

Sesuai dengan uraian diatas bahwa dengan melakukan diet protein tinggi anda akan mendapatkan lean body mass anda meningkat dan juga pengurangan lemak yang lebih baik. Dan juga diet protein tinggi tidak akan menyebabkan penyakit – penyakit lainnya seperti ginjal dsb.

 

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Diet_(nutrition) 

https://examine.com/nutrition/dieting-with-a-side-of-extra-protein/ 

https://www.ncsf.org/enew/articles/articles-highprotiendiets.aspx 

https://www.webmd.com/diet/guide/high-protein-low-carbohydrate-diets 

https://examine.com/nutrition/dieting-with-a-side-of-extra-protein/ 

Campos-Nonato, Ismael et al. “Effect of a High-Protein Diet versus Standard-Protein Diet on Weight Loss and Biomarkers of Metabolic Syndrome: A Randomized Clinical Trial” Obesity facts vol. 10,3 (2017): 238-251.

Jutamulia J, Paranoan AN, Prasetya SI et al. Comparison of body composition changes between low calorie high protein diet to standard protein in obese individuals with weight cycling – a randomised trial [version 1; referees: awaiting peer review]. F1000Research 2018, 7:445

(https://doi.org/10.12688/f1000research.13300.1)

Johnston, C. S., Tjonn, S. L., & Swan, P. D. (2004). High-Protein, Low-Fat Diets Are Effective for Weight Loss and Favorably Alter Biomarkers in Healthy Adults. The Journal of Nutrition. https://doi.org/10.1093/jn/134.3.586

Antonio, J., Ellerbroek, A., Silver, T., Vargas, L., & Peacock, C. (2016). The effects of a high protein diet on indices of health and body composition - a crossover trial in resistance-trained men. Journal of the International Society of Sports Nutrition. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-53643-3.00235-1

 
 

 
Tags:
#Diet Protein 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article