sfidn - Frozen Yogurt: Makanan Penutup yang Kaya Nutrisi

Frozen Yogurt: Makanan Penutup yang Kaya Nutrisi

sfidn.com - Frozen yogurt adalah makanan penutup yang bisa dijadikan pilihan sehat untuk pengganti es krim. Yogurt hadir dalam banyak varian rasa. Frozen yogurt mengandung komposisi layaknya yogurt pada umumnya, yaitu susu ditambahkan dengan bakteri baik yang akan membentuk asam laktat. Dengan kata lain, yogurt berasal dari susu tanpa krim yang telah melalui proses fermentasi. Bakteri-bakteri yang membantu proses fermentasi yogurt di antaranya bifidobacterium sp., lactobacillus sp., atau bakteri streptococcus thermophilus, dan lactobacillus bulgaricus. 

Pada umumnya, frozen yogurt memiliki kandungan gizi yang lebih baik jika dibandingkan dengan es krim. Meskipun dua hidangan penutup ini memiliki tampilan yang serupa, namun kandungan di dalamnya tetap berbeda.Kandungan lemak pada es krim biasanya sekitar 10—12%, sedangkan frozen yogurt hanya 2—4%. Es krim dibuat dari susu, krim, gula, dan perasa. Sementara itu, frozen yogurt terdiri atas tiga bahan utama, yaitu susu, yogurt, dan gula. 

Untuk membuat yogurt beku, hal yang perlu dilakukan adalah mencampur susu dan gula. Kedua bahan tersebut dipasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh bakteri berbahaya. Kemudian, yogurt ditambahkan dalam bahan yang telah dipasteurisasi dan campuran bahan-bahan tersebut didiamkan hingga empat jam sebelum dibekukan. 

 

Nutrisi dalam Frozen Yogurt 

 

Nutrisi pada yogurt beku dapat berbeda-beda tergantung pada jenis susu, pemanis dan perasa yang digunakan pada campuran yogurt. Misalnya, yogurt beku yang dibuat dengan susu tanpa lemak tentunya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan yogurt yang berasal dari susu murni. 

Berikut nutrisi dalam 100 gram frozen yogurt tanpa topping atau tambahan perasa. 

 

Kalori

 

Dalam frozen yogurt reguler, kalori yang terkandung adalah 110—120 kalori. Sementara itu, dalam frozen yogurt non-fat terkandung 80—110 kalori. 

 

Lemak

 

Frozen yogurt reguler mengandung 2—4 gram lemak, sedangkan frozen yogurt non-fat mengandung 0 gram lemak. Kandungan lemak dalam frozen yogurt lebih rendah dibandingkan es krim. Dalam 100 gram es krim, terkandung 5-7 lemak. Jadi, frozen yogurt bisa jadi pilihan hidangan penutup bagi Anda yang sedang diet. 

 

Karbohidrat

 

Sumber energi utama untuk tubuh beraktivitas adalah karbohidrat. Frozen yogurt reguler mengandung 22 gram karbohidrat, sedangkan dalam frozen yogurt non-fat mengandung 23 gram karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam frozen yogurt non-fat lebih tinggi untuk menggantikan fungsi lemak dalam kandungannya. 

 

--- Related Article ---
 

Manfaat Frozen Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan 

 

sfidn-kesehatan-pencernaan

 

Frozen yogurt dapat menjadi pilihan makanan penutup bagi Anda yang sensitif dengan dairy food. Yogurt beku mengandung jumlah probiotik yang banyak. Probiotik adalah bakteri baik dalam tubuh manusia. Bakteri baik dapat membantu tubuh menyeimbangkan mikroflora di usus. 

 

2. Menurunkan tekanan darah 

 

sfidn-frozen-yogurt-tekanan-darah

 

Frozen yogurt yang dikonsumsi 2—3 porsi per hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 50% pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena yogurt mengandung kalium yang berfungsi mengatur keseimbangan cairan dan mengendalikan aktivitas jantung serta otot. 

 

3. Memperkuat sistem imun 

 

sfidn-frozen-yogurt-perkuat-sistem-imun

 

Kandungan mineral dan gizi dalam frozen yogurt bermanfaat meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah dalam tubuh untuk melawan penyakit. 

 

4. Menjaga kesehatan tulang

 

sfidn-frozen-yogurt-kesehatan-tulang

 

Makanan penutup ini mengandung vitamin D untuk memperkuat tulang dan menyerap kalsium dengan baik. Konsumsi yogurt juga dapat mencegah osteoporosis di masa tua. 

 

5. Sumber mineral dan vitamin 

 

sfidn-frozen-yogurt-mineral-vitamin

 

Dalam yogurt juga terkandung mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk membantu sistem saraf manusia. Kandungan ini dapat melindungi tubuh manusia dari berbagai penyakit. 

Itulah kandungan nutrisi yogurt dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan kamu memilih frozen yogurt non-fat dan melakukan olahraga rutin. 


 
Tags:
#nutrisi  #frozen yogurt  #nutrisi yogurt  #manfaat yogurt 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article