sfidn - Goat Yoga, Olahraga Unik yang Menarik untuk Anda Coba

Goat Yoga, Olahraga Unik yang Menarik untuk Anda Coba

sfidn.com – Di tahun 2015, April Gould dan Sarah Williams menciptakan ide yang tidak biasa di mana mereka membuat satu jenis latihan yang baru yang disebut Goat Yoga.

 

Goat Yoga, Olahraga Unik yang Menarik untuk Anda Coba

Goat yoga adalah salah satu jenis yoga yang melibatkan kehadiran kambing atau pun anak kambing selama sesi latihan.

Saat ini, Goat Yoga dikenal sebagai salah satu terapi hewan yang dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental manusia.

Para peneliti sepakat bahwa menghabiskan waktu bersama hewan dapat mengurangi tingkat stres, bahkan meringankan depresi dan kecemasan yang sering dialami manusia zaman sekarang.

 

Bagaimana Goat Yoga Menjadi Populer?

Goat Yoga menjadi populer berkat seorang perempuan bernama April Gould yang sering melakukan yoga sambil meletakkan kambing di atas punggungnya dan tampil di berbagai acara televisi Amerika. Ia merupakan mantan pemain ski air profesional yang saat ini memutuskan untuk menjadi peternak.

Gould tidak sendirian, ia ditemani oleh seorang instruktur yoga komedian bernama Sarah Williams yang tidak lain adalah teman lamanya.

Di tahun 2015, Gould dan William mendirikan Goatyoga.com untuk memperkenalkan jenis latihan baru ini ke seluruh dunia hingga  akhirnya mendapat banyak perhatian dari orang-orang yang merasa tertarik untuk mendapatkan pengalaman baru saat berlatih yoga.

Mereka berdua akan mengadakan kelas yoga di peternakan dan mengundang bayi-bayi kambing untuk berkeliaran dan berinteraksi dengan para peserta. Tentu saja kegiatan ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan, santai, dan menghibur.

 

Seperti Apa Sesi Latihan Goat Yoga?

Sesi latihan Goat Yoga sebagian besar mengikuti format kelas yoga konvensional tapi dengan sentuhan unik di mana para kambing akan berkeliaran di sekitar peserta. Maka dari itu, umumnya latihan dilakukan di luar ruangan.

Selama sesi yoga, para peserta akan diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan kambing, memeluk mereka, dan bahkan menggunakan kambing sebagai "props" dalam beberapa pose yoga.

Kambing memiliki sifat yang ramah dan suka bermain sehingga akan menambahkan elemen keceriaan dan kegembiraan selama sesi latihan berlangsung.

 

Manfaat Goat Yoga

Meskipun terlihat sebagai kegiatan rekreasi yang menyenangkan, Goat Yoga sebenarnya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang nyata, seperti:

 

1. Mengurangi Tingkat Stres

Berinteraksi dengan hewan peliharaan telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres karena dapat merangsang pelepasan hormon endorfin dan oksitosin yang memberikan relaksasi. 

Kehadiran kambing yang lembut dan ramah dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan dan membantu peserta yoga untuk melupakan kekhawatirannya sejenak.

 

2. Membangun Koneksi Sosial dan Emosional

Berinteraksi dengan manusia dan hewan dapat membangun koneksi sosial dan emosional yang menyenangkan sehingga Anda bisa menjadi pribadi yang lebih positif dan bahagia.

Anda juga bisa saling berbagi minat yang sama dengan para peserta sehingga tidak menjadi individu yang anti-sosial.

 

3. Meningkatkan Suasana Hati

Berolahraga dan bermain bersama hewan yang lucu  dan aktif seperti halnya kambing dapat meningkatkan suasana hati Anda yang mungkin sebelumnya buruk menjadi lebih baik.

 

4. Melatih Fleksibilitas

Goat yoga juga dapat membantu Anda melatih fleksibilitas tubuh karena bagaimana pun, Anda akan melakukan berbagai pose yoga yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Apakah Para Kambing Menikmati Yoga?

Hewan peliharaan sangat suka berinteraksi dengan manusia. Apalagi, Goat Yoga dilakukan di ruang terbuka, seperti lapangan atau ladang peternakan. Para kambing akan merasa senang karena mereka dapat berlari ke sana kemari dan mendapat kasih sayang dari para peserta.

 

Goat Yoga bukan hanya tren sementara. Ini adalah perpaduan yang menarik antara kesehatan fisik dan kesejahteraan mental. Fenomena ini tampaknya akan terus berkembang di seluruh dunia. 

Bagi Anda yang sedang mencari pengalaman unik dan menyenangkan, Goat Yoga bisa Anda masukan ke dalam daftar. Selamat mencobanya sendiri.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Arizona Goat Yoga, How did Goat Yoga Start
  • Goat Yoga Land, What is Goat Yoga
  • Hellericks’s Family Farm, (2023), The Science Behind Smiles: The Benefits of Goat Yoga

 


 
Tags:
#Yoga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article