sfidn - 7 Pose Yoga yang Ampuh Mengobati Bahu Beku (Frozen Shoulder)

7 Pose Yoga yang Ampuh Mengobati Bahu Beku (Frozen Shoulder)

sfidn.com – Bahu beku atau yang biasa disebut sebagai frozen shoulder adalah salah satu kondisi medis yang menyebabkan bahu terasa nyeri, kaku, hingga sulit untuk digerakkan.

Tentu bukan hal menyenangkan jika mengalami bahu yang beku karena Anda akan kesulitan untuk melakukan aktivitas akibat rentang gerak lengan yang berkurang.

Salah satu cara untuk mengatasi atau mengobati bahu beku (frozen shoulder) adalah dengan melakukan beberapa pose yoga sederhana di rumah.

 

Penyebab Terjadinya Bahu Beku (Frozen Shoulder)

Bahu beku atau frozen shoulder adalah kondisi di mana sendi bahu mengalami peradangan, kekakuan, dan nyeri yang signifikan. 

Penyebab terjadinya kondisi ini belum sepenuhnya dipahami tetapi ada beberapa faktor yang disinyalir dapat menyebabkan bahu beku (frozen shoulder), di antaranya:

 

1. Bahu Jarang Bergerak dalam Waktu Lama

Bahu yang jarang bergerak dalam waktu lama bisa menyebabkan otot dan ligamen di sekitar sendi bahu mengalami kekakuan.

Kondisi tersebut biasanya terjadi pada individu mengalami cedera atau setelah melakukan operasi lengan yang mengharuskannya tidak banyak bergerak maupun mereka yang menghabiskan waktu lama untuk duduk di depan komputer dan jarang menggerakkan bahunya.

 

2. Trauma atau Cedera

Bahu yang mengalami trauma atau cedera, seperti fraktur tulang, cedera jaringan lunak, atau kejadian yang menyebabkan peradangan dapat memicu terjadinya kekakuan dan nyeri pada bahu.

 

3. Kondisi Medis Kronis

Beberapa kondisi medis kronis, seperti diabetes, stroke, penyakit jantung atau penyakit tiroid tertentu memiliki hubungan erat dengan peningkatan risiko bahu beku. 

 

4. Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun, seperti artritis reumatoid bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sendi, termasuk sendi bahu. Kondisi ini bisa menjadi salah satu faktor timbulnya bahu beku atau frozen shoulder.

 

5. Perubahan Struktural atau Postur Tubuh

Adanya perubahan struktural pada sendi bahu atau postur tubuh yang buruk juga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami frozen shoulder. Jadi, pastikan Anda menjaga postur tubuh dengan baik agar tulang, sendi, dan jaringan otot tetap berada di posisi yang benar.

 

3 Fase Frozen Shoulder

Terdapat tiga fase yang biasanya terjadi dalam perkembangan bahu beku (Frozen Shoulder):

  • Fase Freezing (Pembekuan): Pada tahap awal ini, gejala yang dirasakan, yaitu nyeri yang meningkat secara bertahap dan gerakan bahu menjadi semakin sulit dilakukan. Tahap ini bisa berlangsung selama 6-9 bulan.
  • Fase Frozen (Beku): Pada tahap kedua, kekakuan pada bahu akan mencapai puncaknya. Gerakan bahu terbatas secara signifikan dan aktivitas sehari-hari yang melibatkan bahu bisa sangat sulit untuk dilakukan. Fase kedua ini bisa berlangsung selama 4-12 bulan jika tidak segera diobati.
  • Fase Thawing (Pemulihan): Pada tahap terakhir, pergerakan bahu mulai membaik secara bertahap. Gejala-gejala seperti kekakuan dan nyeri mulai berkurang. Prosesnya bisa berlangsung selama 6-24 bulan.

 

7 Pose Yoga untuk Mengobati Bahu Beku (Frozen Shoulder)

Bahu beku atau frozen shoulder memang bisa membaik seiring waktu. Namun, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka membutuhkan waktu yang lama untuk kembali pulih.

Cobalah untuk mengatasi dan mengobati bahu yang sudah terlanjur beku dengan tujuh pose yoga yang akan kita bahas di bawah ini.

Pose yoga untuk mengatasi bahu beku (frozen shoulder) akan berfokus pada peregangan yang lembut dan peningkatan rentang gerak sehingga dapat menghilangkan kekakuan yang terjadi pada sendi dan tulang dan meningkatkan fleksibilitasnya.

Berikut adalah tujuh pose yoga untuk mengobati bahu yang beku atau frozen shoulder:

 

1. Tadasana – Mountain Pose

Tadasana atau yang dikenal juga sebagai mountain pose dapat memperbaiki postur tubuh Anda yang buruk serta meningkatkan sirkulasi darah yang penting untuk kesehatan sendi.

 

2. Gomukhasana – Cow Face Pose

Pose yoga ini akan memberikan peregangan yang dalam pada bahu Anda, khususnya pada otot rotator cuff yang menjaga stabilitas dan gerakan sendi bahu serta mempertahankan posisi tulang humerus dalam rongga bahu.

 

3. Marjarasana – Cat-Cow Stretch

Marjarasana atau Cat Cow Stretch adalah pose yoga yang dinamis di mana gerakan ini mampu meningkatkan fleksibilitas pada tulang belakang dan bahu sehingga mampu mencegah atau pun mengurangi kekakuan yang terjadi akibat frozen shoulder.

 

4. Paschimottanasana – Seated Forward Bend

Dengan melakukan pose yoga satu ini, Anda dapat meregangkan seluruh punggung dan bahu sehingga mampu memberikan relaksasi dan melepaskan ketegangan.

 

5. Balasana – Child’s Pose

Balasana atau Child’s Pose dapat membantu mengendurkan bahu dan leher sehingga rentang gerak sendi dan tulang Anda bisa tetap luas.

 

6. Vrikshasana – Tree Pose

Tidak hanya meningkatkan stabilitas dan kekuatan tubuh tapi Vrikshasana atau Tree Pose juga dapat membantu mengatasi atau pun mengobati frozen shoulder karena Anda melatih dan mendorong pergerakan sendi dengan optimal.

 

7. Shavasana – Corpse Pose

Shavasana atau Corpse Pose adalah gerakan yang mudah dan sederhana namun dapat memberikan relaksasi dan melepaskan ketegangan di tubuh Anda sehingga nyeri bahu bisa menghilang.

 

Masukkanlah ketujuh pose yoga di atas ke dalam rutinitas harian, terutama bagi Anda yang mengalami bahu beku atau frozen shoulder agar dapat mengurangi gejalanya dan memperbaiki kondisi secara keseluruhan. Selamat mencoba dan membuktikannya.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#frozen shoulder  #cara mengobati frozen shoulder 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article