sfidn - Gymnema Sylvestre: Manfaat, Dosis, Keamanan, dan Efek Samping

Gymnema Sylvestre: Manfaat, Dosis, Keamanan, dan Efek Samping

sfidn.com — Masih asing dengan tanaman yang satu ini? Yups, Gymnema sylvestre (Asclepiadaceae) adalah salah satu tanaman herbal yang sebenarnya sudah digunakan dalam pengobatan Ayurveda. 

Banyak orang menggunakannya untuk mengobati diabetes, obesitas, dan berbagai kondisi lainnya.

Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang daun Gymnema sylvestre, manfaat, dosis, dan efek samping yang dapat ditimbulkannya.

Apa Itu Gymnema sylvestre?


Sumber: Wikimedia Commons

Gymnema sylvestre adalah daun semak kayu yang berasal dari hutan tropis India, Afrika, dan Australia. Itulah mengapa tanaman ini dikenal juga sebagai cowplant Australia dan periploca of the woods.

Adapun dalam istilah Hindi, tanaman ini disebut juga dengan gurmar, yang artinya penghancur gula. Ini karena daunnya mengandung asam gymnemic – senyawa yang dapat menekan rasa gula, sehingga dianggap berguna untuk mengobati diabetes.

Manfaat populer lainnya dari Gymnema adalah membantu mengatasi obesitas, kolesterol tinggi, malaria, dan juga gigitan ular. 

Manfaat Gymnema sylvestre


Sumber: Wikimedia Commons

Mengurangi mengidam gula

Salah satu manfaat Gymnema sylvestre yang cukup dikenal adalah mampu mengurangi mengidam Anda terhadap gula. Daun ini akan membuat makanan manis jadi memiliki rasa yang kurang menarik.

Bagaimana bisa? Karena ada senyawa asam gymnemic di dalamnya, yang membantu menekan rasa manis tersebut.

Jadi, ketika dikonsumsi sebelum makanan atau minuman manis, senyawa ini akan memblokir reseptor gula pada indra perasa Anda.

Meskipun efeknya ini terjadi dengan cepat (biasanya dalam 30 detik), tetapi rata-rata, hanya bertahan sekitar 1 jam, menurut Turner et al. dalam penelitiannya yang berjudul Consuming Gymnema sylvestre Reduces the Desire for High-Sugar Sweet Foods.

Menurunkan kadar gula darah

Daun gurmar dianggap memiliki sifat anti-diabetes, karena cara kerjanya yang mirip dengan mengubah preferensi rasa manis Anda. Tanaman ini dianggap mampu memblokir reseptor gula di usus Anda, sehingga menurunkan kadar gula darah Anda setelah makan.

Selain itu, tanaman gurmar juga dianggap meningkatkan produksi insulin dengan merangsang pertumbuhan sel pankreas (sel yang memproduksi insulin).

Dengan begitu, kadar gula darah Anda terkontrol, karena segera diubah dan disimpan dalam bentuk glikogen.

Menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL)

Manfaat daun Gymnema sylvestre berikutnya yang juga tidak kalah hebat adalah menurunkan kadar kolesterol-LDL dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Terlebih lagi, ada penelitian yang mendukung penggunaannya tersebut.

Misalnya, hasil penelitian Kumar et al. yang diterbitkan dalam Journal of Dietary Supplements pada 2010 menunjukkan bahwa G. sylvestre dapat memblokir penyerapan lipid (lemak), sehingga menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein), atau dianggap sebagai kolesterol "buruk" dalam darah.

Mempromosikan penurunan berat badan

Ekstrak Gymnema sylvestre juga telah terbukti membantu penurunan berat badan pada hewan dan manusia.

Sebuah penelitian menunjukkan adanya penurunan berat badan pada tikus yang diberi ekstrak Gymnema sylvestre

Penelitian lainnya pada 60 orang dengan obesitas yang menggunakan ekstrak gurmar juga menunjukkan adanya penurunan berat badan sekitar 5-6%, serta pengurangan asupan makanan pada kelompok tersebut.

Dengan memblokir reseptor manis pada indra perasa, Gymnema sylvestre mampu membuat Anda makan lebih sedikit makanan manis dan mengonsumsi lebih sedikit kalori, yang artinya Anda melakukan defisit kalori.

Itulah mengapa mengonsumsi tanaman herbal ini dapat mempromosikan penurunan berat badan.

Membantu mengurangi peradangan

Beberapa peradangan yang terjadi dalam tubuh adalah baik, misalnya untuk melindungi tubuh Anda dari dari organisme berbahaya saat terjadi luka infeksi atau cedera.

Namun, peradangan juga bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan – seperti peradangan kronis yang disebabkan oleh lingkungan atau makanan yang Anda konsumsi. 

Nah, kemampuan Gymnema sylvestre dalam menekan penyerapan gula juga dapat membantu mengurangi peradangan – gula berlebih dapat memicu peradangan kronis.

Di sisi lain, tanaman ini sendiri memiliki sifat anti-inflamasi, yang berasal dari kandungan tanin dan saponin.

Itulah mengapa daun Gymnema dapat membantu penderita diabetes dalam berbagai cara, termasuk dengan memerangi peradangan berlebih di dalam tubuh.

Dosis, Keamanan, dan Efek Samping


Sumber: Wikimedia Commons

Dosis 

Umumnya, daun Gymnema sylvestre dikonsumsi sebagai teh atau langsung dikunyah. 

Dalam pengobatan Barat, tanaman herbal ini juga tersedia dalam bentuk bubuk, tablet, atau kapsul untuk memudahkan penggunanya dalam mengontrol dosis, sekaligus memudahkan pencernaannya di dalam tubuh.

Adapun dosis Gymnema sylvestre yang dianjurkan bergantung pada bentuk konsumsinya, seperti:

  • Teh: Rebus daun keringnya selama 5 menit, lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum diminum.
  • Bubuk: Mulai dengan 2 gram (2.000 mg), lalu tingkatkan menjadi 4 gram (4.000 mg) jika tidak ada efek samping yang terjadi.
  • Kapsul atau tablet: 100 mg, 3-4 kali dalam sehari.
  • Untuk efek penghambat gula: Konsumsi suplemen dengan air dalam 5-10 menit sebelum makan atau camilan tinggi gula.

Penting diingat bahwa dosis tinggi ekstrak daun gurmar dapat menyebabkan toksisitas hati. Jadi, konsumsilah sesuai anjuran. 

Apakah daun Gymnema sylvestre aman?

Bagi kebanyakan orang, tanaman herbal ini aman. 

Namun, tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, wanita yang berencana untuk hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Penderita diabetes yang ingin menggunakannya harus berkonsultasi dulu dengan dokter, karena ini bukanlah pengganti obat diabetes. 

Suplemen Gymnema tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat diabetes, seperti suntikan insulin, Amaryl (glimepiride), Glucotrol XL (glipizide), Glynase (glyburide), dan lainnya.

Melakukannya dapat menyebabkan peristiwa hipoglikemik yang berpotensi serius.

Suplemen ini juga tidak boleh dikonsumsi dengan aspirin atau ramuan St. John's Wort, karena dapat meningkatkan efek penurun gula darahnya.

Orang dengan alergi milkweed juga harus menghindari tanaman herbal ini, karena mengandung komponen yang dapat memicu reaksi.

Jika Anda berencana untuk operasi, hentikan penggunaan tanaman herbal ini setidaknya 2 minggu menjelang waktu operasi.

Efek samping Gymnema sylvestre

Meskipun secara umum ini aman, ada risiko yang dapat terjadi terkait dengan efek penurun gula darahnya.

Tepatnya, jika Anda menggabungkan Gymnema sylvestre dengan obat penurun gula darah lainnya.

Hal ini dapat menimbulkan gejala hipoglikemia, seperti pusing, sakit kepala, gemetar, dan mual.

Jadi, selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen herbal.

Kesimpulan

Tanaman herbal Gymnema sylvestre mungkin dapat membantu Anda dalam mengelola diabetes, obesitas, kolesterol tinggi, serta kondisi terkait lainnya. 

Meskipun ini aman untuk sebagian besar orang, tetapi dosis penggunaannya bergantung pada usia, kesehatan secara umum, kondisi medis, dan lainnya.

Jadi, yang terbaik adalah selalu bicarakan dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen ini, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Healthline (2018). 6 Impressive Health Benefits of Gymnema Sylvestre.
  • Kanetkar et al. 2007. gymnema sylvestre: a memoir. J Clin Biochem Nutr. 41 (2):77-81.
  • Pragya et al. 2014. Phytochemical and pharmacological properties of gymnema sylvestre: an important medicinal plant. BioMed Research International. 2014: 18 pages.
  • Smriti et al. 2010. An open label study on the supplementation of gymnema sylvestre in type 2 diabetics. Journal of Dietary Supplements. 7: 3.
  • Turner et al. 2020. Consuming Gymnema sylvestre reduces the desire for high-sugar sweet foods. Nutrients. 12: 1046.
  • Verywell Health (2022). The Health Benefits of Gymnema Sylvestre.
  • WebMD. Gymnema - Uses, Side Effects, and More.
Tags:
#gymnema  #sfidn  #gymnema sylvestre  #efek samping gymnema sylvestre  #daun gymnema sylvestre  #manfaat gymnema sylvestre  #manfaat daun gymnema  #gymnema adalah  #tanaman gurmar  #gymnema sylvestre nama indonesia 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article