Ini Beragam Manfaat Menggunakan Treadmill

sfidn.com - Treadmill adalah alat fitness yang sering digunakan untuk latihan kardio. Alat olahraga ini terinspirasi dari mesin giling. Dalam dunia olahraga, treadmill digunakan untuk berlari dan berjalan. Untuk treadmill modern, tingkat kecepatan dapat diatur sesuai keinginan pengguna karena menggunakan alat bantu listrik. 

Tak hanya itu, belakangan ini juga hadir treadmill yang lebih lengkap dengan fitur jumlah langkah, jumlah kalori terbakar, dan tingkat detak jantung. Ada beberapa manfaat latihan treadmill. Berikut manfaat olahraga treadmill yang telah SFIDN rangkum. 

 

7 Manfaat Treadmill yang Harus Diketahui 

 

sfidn-beragam-manfaat-treadmill

1. Menyehatkan Jantung

Sudah marak diketahui bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung. Berjalan di atas treadmill mampu membantu Anda mengontrol peredaran darah sehingga dapat menyehatkan jantung. Tak hanya itu, berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, diketahui bahwa berjalan dan berlari sekitar 15—30 menit dapat mencegah jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

2. Menjaga Berat Badan

Treadmill dapat membantu Anda membakar kalori lemak tubuh. Alat jogging statis ini dapat diatur kecepatannya sesuai dengan keinginan Anda. Dengan latihan treadmill otot-otot Anda, terutama otot bagian bawah akan aktif. Hal itu memicu lancarnya metabolisme dalam tubuh sehingga bisa membantu Anda menjaga berat badan. Lakukanlah sekitar 15—30 menit.

3. Dapat Dilakukan dalam Ruangan

Salah satu manfaat treadmill adalah membuat Anda tidak perlu jogging ke luar ruangan karena olahraga kardio ini dapat dilakukan di dalam ruangan. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan penyebaran virus COVID-19.

4. Mencegah Osteoporosis

Treadmill dapat meningkatkan kepadatan tulang. Oleh karena itu, alat fitness ini dapat mencegah osteoporosis. Lakukanlah latihan dengan rutin untuk mendapatkan manfaat treadmill yang maksimal.

--- Related Article ---

5. Menurunkan Risiko Stroke

Latihan treadmill berpengaruh pada tekanan darah, terutama pada usia 40—50 tahun. Hal itu menyebabkan olahraga kardio ini dapat menurunkan risiko stroke.

6. Meningkatkan Fleksibilitas Sendi

Latihan treadmill yang dilakukan dengan rutin dapat menjaga fleksibilitas sendi. Jika fleksibilitas sendi meningkat, ada berbagai macam penyakit yang bisa dihindari, misalnya kelainan tulang dan radang sendi. 

7. Membentuk Otot 

Otot adalah hal penting dalam pembentukan tubuh. Saat lari di atas treadmill, otot akan terbentuk. Mulai dari otot kaki hingga otot lengan dapat terbentuk dengan latihan treadmill

Itulah beberapa manfaat olahraga treadmill yang bisa Anda dapatkan jika latihan rutin. Selain latihan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang lebih sehat untuk hasil maksimal.

Tags:
#Cardio  #latihan kardio  #Olahraga Kardio  #treadmill 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail