Inilah Gerakan Pemanasan yang Wajib Dilakukan Sebelum Fitnes

SFIDN.COM - Sebelum melakukan kegiatan berolahraga memang sudah seharusnya untuk melakukan pemanasan, agar di saat fitnes nanti tidak mengalami cedera. Ada beberapa gerakan sederhana nantinya yang akan penulis sampaikan, namun sebelumnya perhatikan terlebih dahulu bahaya dari tidak melakukan gerakan pemanasan sebelum fitnes.

Ada beberapa bahaya yang timbul jiga tidak melakukan gerakan pemanasan

  • Dapat meningkatkan keram otot
  • Mudah cepat lelah
  • Dapat menimbulkan rasa pusing dan sakit kepala
  • Tendesis

Untuk melakukan gerakan pemanasan untuk fitnes ini sebenarnya gampang sekali untuk dilakukan dan tidak banyak mengeluarkan tenaga. Namun bahaya yang didapat dari tidak melakukan gerakan pemanasan ini cukup bahaya sekali, belum apa-apa sudah cidera. Dan saya harap anda jangan meremehkan hal ini.

Jika yang saya jelaskan diatas tentang bahayanya tidak melakukan gerakan pemanasan sebelum fitnes, selanjutnya akan saya jelaskan manfaat jika melakukan gerakan pemanasan sebelum fitnes. Ini dian manfaatnya saya jelaskan dibawah ini.

  • Dapat meningkatkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan kodinasi dan keseimbangan
  • Dapat meningkatkan kelenturan
  • Dapat meningkatkan kemampuan fisik
  • Meningkatkan kebugaran
  • Mengrangi setres

Dengan melihat apa yang telah saya sampaikan diatas tentang manfaat melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga dan bahayanya tidak melakukan pemanasan sebelum fines, makan saya akan memberikan tips contoh gerakan fitnes yang baik.

1. Gerakan Pemanasan Statis

Gerakan pemanasan statis sebelum melakukan fitnes ini dilakukan dengan cara mulai dari kepala sampai ujung kaki. Gerakan ini hal yang biasa dan umum dilakukan di tempat Gym, karena manfaatnya yang bagus sebelum memulai fitnes. Gerakan ini cukup ringan dan tidak terlalu banyak mengeluarkan energy yang besar, namun anda bisa merasakan dari gerakan pemanasan statis ini dari kepala sampai kaki.

2. Gerakan Pemanasan Berjalan Kaki

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya anda terlebih dahulu berjalan kaki santai, karena dengan melakukan berjalan kaki ini dapat membantu tubuh dalam massa persiapan untuk melakukan aktifitas yang lebih intens lagi.

3. Gerakan Pemanasan Memutar Pergelangan Tangan, Kaki dan Pinggang

Melakukan gerakan ini tujuannya adalah untuk melonggarkan bagian tubuh, agar nantinya pergelangan tersebut menjadi rileks dan siap untuk melakukan latihan yang lebih berat lagi. Cara melakukannya pun cukup mudah, hanya memutar pergelangan kaki memutar ke kanan dan kekiri, tangan juga sama lakukan gerakan memutar,lalu lanjut dengan memutar pinggang anda kekanan dan ke kiri.

--- Related Article ---

4. Gerakan Pemanasan Jogging Di Tempat

Melakukan gerakan ini banyak manfaat sekali sebelum melakukan fitnes yang lebih intens lagi. Karna tubuh memerlukan persiapan untuk melakukan kegiatan olahraga yang lebih berat lgi.

Caranya anda cukup jogging di tempat, atau dengan meloncat-loncat ringan, karena nantinya jantung anda akan terpompa secara perlahan agar tidak kaget lagi disaat melakukan gerakan yang lebih berat lagi.

Tags:
#workout  #fitness  #latihan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article