sfidn - Inilah Manfaat Cokelat Hitam yang Bagus untuk Otot Anda

Inilah Manfaat Cokelat Hitam yang Bagus untuk Otot Anda

sfidn.com – Cokelat hitam mengandung antioksidan yang tinggi dan beberapa nutrisi penting lainnya sehingga memiliki manfaat langsung bagi kesehatan otot Anda . Seperti apa cara kerjanya? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Inilah Manfaat Cokelat Hitam yang Bagus untuk Otot Anda

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah jenis cokelat yang mengandung 30- 85% atau lebih biji kakao murni dengan tambahan sedikit mentega. Beberapa produsen masih ada yang menambahkan susu atau pun gula ke dalamnya.

Maka dari itu, cokelat hitam memiliki rasa pahit yang lebih pekat dibandingkan cokelat biasa yang kandungan kakaonya lebih sedikit dan telah ditambahkan pemanis tambahan, seperti gula atau pun susu dalam jumlah yang banyak.

Terdapat tiga level cokelat hitam, yaitu:

  • Bittersweet: Mengandung 30-55% biji kakao murni sehingga rasanya sedikit manis dan creamy.
  • Bitter: Mengandung 60-75% biji kakao murni sehingga rasanya sudah cukup pahit dan creamy yang mewah.
  • Dark and Bitter: Mengandung 85% atau lebih biji kakao murni sehingga rasanya sangat pahit dan pekat.

 

Manfaat Cokelat Hitam Bagi Kesehatan

Meski cokelat hitam terasa lebih pahit dibandingkan cokelat putih atau pun cokelat susu tapi jenis cokelat ini mengandung banyak nutrisi yang bagus bagi kesehatan Anda. 

Cokelat hitam termasuk salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menetralisir radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh. Cokelat hitam juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Meningkatkan suasana hati dan perasaan bahagia
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengatasi dan meringankan inflamasi
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membuat wajah terlihat awet muda
  • Mencegah selulit
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Meningkatkan HDL atau kolesterol baik

 

Kenapa Cokelat Hitam Bagus untuk Otot?

Salah satu manfaat cokelat hitam yang jarang orang ketahui, yaitu mampu memulihkan, mengembangkan, serta menjaga otot dari kerusakan, terutama setelah latihan fisik yang intens. Alasannya sebagai berikut:

 

1. Cokelat Hitam Mengandung Flavanol

Flavanol merupakan senyawa alami yang ditemukan dalam biji kakao. Senyawa ini dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan cara meningkatkan aliran oksigen ke otot ketika Anda berolahraga. 

Ini artinya, cokelat hitam dapat mendorong otot untuk bekerja lebih optimal sehingga kinerja dan performa olahraga pun akan lebih meningkat.

 

2. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan memiliki peran penting dalam melawan radikal bebas yang meningkat setelah olahraga. Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan sel dan peradangan. 

Maka dari itu. mengonsumsi cokelat hitam dapat membantu mengurangi kerusakan jaringan dan mempercepat proses pemulihan otot setelah latihan.

 

3. Cokelat Hitam adalah Sumber Magnesium

Magnesium adalah mineral penting yang diperlukan untuk kontraksi otot dan pemulihan yang optimal. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kelelahan otot dan kram

Cokelat hitam mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup sehingga dengan mengonsumsinya Anda tidak akan merasakan kelelahan yang berlebihan.

 

4. Meningkatkan Suasana Hati

Cokelat hitam mengandung senyawa feniletilamin dan serotonin yang dapat meningkatkan produksi endorfin sehingga Anda dapat merasa lebih baik secara mental maupun emosional setelah mengonsumsinya.

Suasana hati yang baik akan menjaga motivasi Anda untuk berolahraga secara teratur sehingga Anda tidak akan kehilangan massa otot yang sudah didapatkan dengan susah payah. 

 

5. Cokelat Hitam dapat Memperbaiki Aliran Darah

Cokelat hitam telah terbukti mampu memperbaiki dan meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak karena kandungan flavanol yang ada di dalamnya. 

Aliran darah yang lancar berguna dalam menjaga performa latihan, meningkatkan pertumbuhan otot, mempercepat masa pemulihan, serta mengurangi cedera pada otot.

 

Sekarang, Anda sudah tahu apa saja manfaat cokelat hitam bagi kesehatan otot. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya secara rutin dan pastikan cokelat yang Anda pilih hanya mengandung sedikit gula atau susu tambahan agar khasiatnya lebih terasa.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#otot  #Antioksidan  #cokelat  #manfaat cokelat  #cokelat hitam 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article