Lanjut Latihan Saat Badan Masih Sakit Otot Pasca Latihan, Bolehkah?

sfidn.com - Rasa nyeri yang muncul setelah berlatih mungkin sudah sangat akrab di telinga kita. Hal ini biasa terjadi saat kurang melakukan pemanasan, baru melakukan latihan setelah lama tidak berlatih, atau mengangkat beban yang terlalu berat. Selanjutnya banyak orang-orang bertanya, bolehkah kita lanjut berlatih saat badan masih sakit karena latihan yang sebelumnya kita lakukan? Untuk itu, temukan jawabannya di sini!

 

Apakah Boleh Lanjut Berlatih Saat Badan Masih Sakit Pasca Latihan?

Nyeri otot pasca latihan biasa atau biasa disebut dengan DOMS (delayed onset muscle soreness) terjadi sekitar hari ke-1 atau ke-2 setelah latihan. Kondisi ini terjadi karena adanya robekan pada otot mikroskopis, atau kerusakan pada jaringan otot saat melakukan latihan, atau bisa juga terjadi karena adanya penumpukan asam laktat dan kalsium. DOMS sering terjadi saat seseorang baru mencoba bentuk latihan baru atau mencoba meningkatkan intensitas latihan.

 

Saat tubuh sedang mengalami rasa sakit yang luar biasa, maka saran terbaiknya adalah berisitrahat terlebih dahulu selama beberapa hari dan biarkan tubuh melakukan proses pemulihan diri secara penuh. Jika kondisi ini dipaksakan untuk tetap berlatih, maka akan terjadi tekanan yang berlebih pada bagian otot ligamen dan tendon, sehingga sangat beresiko mengalami cedera. Selain itu, saat badan masih terasa sakit karena latihan, maka biasanya tubuh akan mengalami ganngguan koordinasi dan rentang gerakpun biasanya menjadi terbatas. Lagi-lagi, kondisi ini akan meningkatkan risiko cedera jika dipaksakan untuk berlatih.

 

Namun, yang mengetahui tentang bagaimana kondisi tubuh Anda adalah Anda sendiri, jadi Anda harus bisa membedakan apa itu rasa sakit normal dan sakit tidak normal. Jika rasa sakit tersebut hanyalah pegal atau nyeri otot ringan, maka tentu Anda masih boleh untuk melanjutkan latihan. Kenapa? Karena nyeri yang terjadi pada kondisi ini adalah suatu bentuk penyesuaian tubuh saat awal mula melakukan latihan. Seorang ahli fisiologi olahraga di Exercise and Sports Science, Australia bernama Carly Ryan menjelaskan bahwa Anda masih bisa melakukan beberapa bentuk latihan olahraga ringan seperti berenang atau jalan santai saat sedang mengalami DOMS. Latihan ringan tersebut sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan proses pemulihan tubuh. Aliran darah yang mengalir ke otot karena latihan ringan itu juga akan membantu memulihkan dan meningkatkan kelenturan tubuh Anda.

 

Namun, Hindari Melanjutkan Latihan Jika Anda:

Ketika Anda sedang semangat dan rajin melakukan latihan dengan intensitas sedang-tinggi, maka kemungkinan tubuh Anda akan mengalami penurunan kondisi karena terlalu lelah melakukan latihan. Kondisi ini membutuhkan waktu pemulihan beberapa minggu atau bulan. Terlebih lagi, jika Anda mengalami beberapa kondisi latihan seperti peningkatan denyut jantung, terkena flu dan pilek, cedera berat, nyeri otot dan tulang sendi, lelah berlebih, insomnia, hingga penurunan nafsu makan. Kondisi tersebut mengharuskan Anda untuk berisitirahat secara penuh dan membiarkan tubuh melakukan proses pemulihan. Berhentilah untuk berlatih hingga tubuh Anda normal kembali. Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau ahli medis Anda jika dianggap perlu.

 

--- Related Article ---

 

Kesimpulan

Jadi, apapun bentuk latihan yang Anda lakukan, disarankan untuk selalu mempertimbangkan waktu pemulihan yang harus dilakukan karena latihan tersebut. Pada umumnya, tubuh membutuhkan waktu pemulihan selama 48-72 jam agar bisa berlatih lagi. Lamanya waktu pemulihan tergantung dari jenis dan intensitas latihan yang Anda lakukan. Intinya, jangan terlalu memaksakan diri, terlebih lagi jika tubuh Anda sudah memberikan tanda-tanda sakit maupun keluhan yang tidak normal.

 

Sumber:

  1. https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/685/if-my-muscles-are-sore-from-previous-workouts-is-it-safe-to-exercise-them\ 
  2. https://www.theguardian.com/commentisfree/2016/nov/16/should-i-exercise-if-my-muscles-are-sore-google-answer  
  3. https://www.abc.net.au/news/health/2017-02-23/exercise-how-far-should-you-push-through-pain-barrier/8296156  
Tags:
#Pemulihan Otot  #doms 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail