sfidn - Lari Jarak Pendek: 5 Manfaat untuk Turunkan Berat Badan

Lari Jarak Pendek: 5 Manfaat untuk Turunkan Berat Badan

sfidn.com - Gempuran aktivitas yang padat dan jam kerja yang tidak menentu jadi alasan beberapa orang tidak mengambil waktu rutin untuk berolahraga. Ini juga didukung anggapan bahwa olahraga yang baik adalah dengan menyisihkan waktu yang cukup panjang untuk melakukan beberapa jenis latihan dalam satu waktu. Jika anda juga mengalami hal yang sama, anda bisa memilih lari jarak pendek sebagai pilihan olahraga efektif dan efisien.

Secara umum, beberapa penelitian di bidang kesehatan melihat olahraga lari jarak pendek ini sebagai olahraga dengan manfaat kesehatan yang serupa dengan olahraga lari yang lain, seperti lari jarak jauh. Ini berarti tidak masalah apakah anda menghabiskan waktu hingga 180 menit dalam seminggu atau justru kurang dari 60 menit dalam seminggu untuk berlari, dampaknya bagi kesehatan anda hampir tidak ada bedanya. Manfaat utama dari memilih lari sebagai pilihan olahraga masih sama menurut para ahli, menjaga jantung tetap sehat, meningkatkan metabolisme serta memperlancar peredaran darah, serta mengurangi risiko kematian.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, aktivitas olahraga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat lain yang dapat anda pertimbangkan. Berikut beberapa manfaat lari jarak pendek yang juga berguna bagi anda untuk menjadi tetap sehat dan bugar terlepas banyaknya aktivitas dan rutinitas anda sehari-hari.

 

1. Olahraga Efektif dengan Hasil Optimal

Olahraga Efektif

Lari jarak pendek bisa jadi salah satu olahraga berat yang mungkin untuk dilakukan dalam satu waktu yang relatif singkat. Banyak ahli dan pelatih olahraga setuju bahwa lari jarak pendek bahwasanya adalah olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh secara bersamaan, dengan penekanan pada titik-titik penting seperti otot bokong, pinggul, lutut, paha depan, betis, dan otot perut. Melakukan lari jarak pendek secara rutin dapat membentuk otot yang lebih kuat dan ramping. Tidak heran lari jarak pendek juga jadi bagian dari latihan-latihan rutin yang dilakukan oleh para atlet.

Membentuk otot, berarti secara tidak langsung juga memberi tampilan bentuk tubuh yang lebih ideal dan proporsional. Bahkan tidak sedikit pakar setuju bahwa lari jarak pendek ini membantu membentuk kaki dan bokong anda. Terlepas banyak jenis latihan lain untuk membentuk tubuh, lari jarak pendek masih menjadi alternatif terbaik. Ditambah olahraga yang satu ini termasuk mudah untuk dilakukan, selama anda memiliki area atau lintasan datar untuk berlari serta sepatu lari yang tepat, olahraga hemat waktu ini jelas dapat membantu anda lebih fit.

 

2. Melatih Daya Tahan Tubuh

Melatih Daya Tahan Tubuh

Dengan mengurangi jarak berlari tidak serta merta mengurangi dampak positif yang akan anda dapatkan dari aktivitas olahraga yang satu ini. Ini tidak benar, faktanya lari jarak pendek justru memberi manfaat yang lebih terutama dalam konteks melatih daya tahan tubuh anda. Lari jarak pendek ini memiliki struktur yang membuat tubuh anda terbiasa dengan bentuk latihan dengan tekanan tertentu dalam waktu yang relatif singkat. Alih-alih menambah jarak tempuh pada olahraga lari, anda bisa mengekspor daya besar dalam satu waktu untuk mempersingkat waktu tempuh dalam jarak yang sama.

Secara berkala melakukan lari jarak pendek akan membuat tubuh lebih terbiasa dan otot-otot tubuh tidak lagi kaget saat melakukan aktivitas berat. Walau lari jarak pendek ini termasuk aktivitas olahraga yang dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, dampaknya pada daya tahan tubuh membuat tubuh lebih kuat melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang panjang. Walau begitu, seperti halnya aktivitas olahraga yang lain, istirahat yang cukup tetap wajib anda perhatikan dan lakukan untuk memastikan kondisi tubuh seimbang dan terus prima untuk tetap melakukan rutinitas aktivitas sehari-hari dan juga berolahraga.

 

3. Energi Lebih untuk Aktivitas Lain

Energi Lebih untuk Aktifitas Lain

Memilih untuk melakukan olahraga lari jarak pendek ini secara tidak langsung membuat anda mengalokasikan energi dengan efektif untuk satu aktivitas olahraga. Karena tidak banyak energi yang terpakai saat melakukan lari jarak pendek. Ini membuat aktivitas ini cocok untuk dilakukan pagi hari sebelum beraktivitas, karena anda masih memiliki energi lebih untuk melakukan aktivitas yang lain sepanjang hari. Selain itu, efek setelah melakukan lari jarak pendek juga akan memberikan tubuh rasa segar, dan energi yang tersisa lainnya seperti dipanaskan, disiapkan untuk mengisi aktivitas harian anda dengan tubuh yang sehat dan lebih fit.

 

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, lari jarak pendek juga dapat membantu menurunkan berat badan anda. Karena di saat bersamaan aktivitas olahraga yang satu ini akan membantu anda melancarkan metabolisme tubuh, bahkan untuk beberapa hari setelah anda melakukan lari jarak pendek. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah efek excess post-exercise oxygen consumption (EPOC), atau lebih terkenal dengan sebutan afterburn. Ini memungkinkan anda untuk membakar lebih banyak kalori berhari-hari setelah berolahraga.

Lari jarak pendek yang ikut memberi dampak berarti pada penurunan berat badan ini juga telah dibuktikan dalam riset yang dilakukan oleh Prof. James Timmons dari Universitas Heriot-Watt, Edinburgh. Dimana dalam laporannya mendukung dan sekaligus menjadi bukti manfaat lari jarak pendek dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan efektif. Ini jelas menjadi opsi aktivitas olahraga yang menarik untuk dilakukan karena tidak memakan banyak waktu, juga tidak melibatkan banyak pola gerakan atau pola latihan khusus dalam praktiknya. Bahkan cenderung mudah untuk dipraktikkan sehari-sehari.

 

--- Related Article ---

 

5. Meningkatkan Produksi Hormon Pertumbuhan

Meningkatkan Produksi Hormon Pertumbuhan

Manfaat terakhir bagi anda yang memilih olahraga lari jarak pendek ini adalah aktivitas olahraga yang satu ini juga dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormone (HGH). Hormon yang secara bersamaan juga berdampak signifikan dalam proses penurunan berat badan di dalam tubuh anda, serta memperlambat proses penuaan pada tubuh dengan memicu pertumbuhan jaringan tubuh.

 

Setelah mengetahui manfaat lari jarak pendek ini, ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan, yakni kecepatan saat melakukan lari jarak pendek. Berlari dalam kecepatan penuh tidak selalu berarti anda melakukan olahraga ini dengan lebih baik. Penting bagi anda untuk mempertimbangkan kondisi tubuh anda sebelum melakukan lari jarak pendek. Untuk mencegah cedera yang tidak perlu, para ahli dan pelatih menyarankan untuk berlari hanya dengan kecepatan 75% saat melakukan lari jarak pendek ini setelah melakukan pemanasan sebelumnya. Pastikan aktivitas olahraga yang satu ini menjadi bagian dari rutinitas harian anda. Ini berarti anda perlu memastikan bahwa anda disiplin dalam melakukan aktivitas olahraga anda untuk manfaat kesehatan jangka panjang yang lebih baik kedepannya.

 

Referensi:

  • https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/sprint-burpees
  • https://www.sports-fitness.co.uk/blog/benefits-short-distance-running-endurance-training
  • https://sites.ndtv.com/healthmatters/10-minute-sprint-can-change-life-five-reasons-sprinting-great-1820/

 
Tags:
#lari  #Jenis Olahraga  #cara turunkan berat badan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article