sfidn - Lebih sehat Mie atau Pasta

Lebih sehat Mie atau Pasta

sfidn.com – Jawaban dari pertanyaan mana yang lebih baik dan lebih sehat antara mie atau pasta untuk dikonsumsi akan kamu temukan setelah membaca artikel ini bro & sis! Di benua asia, mie adalah sumber karbohidrat nomor dua setelah nasi. Sedangkan pasta lebih sering dikonsumsi oleh penduduk di benua eropa dan amerika. Walaupun seperti itu, dengan adanya penggabungan budaya kuliner, sekarang sudah banyak produk pasta yang ada di Indonesia dan dikonsumsi oleh masyarakat di Negara kita tercinta ini. 
 

Lebih sehat mie atau pasta ?


Mie dan pasta mempunyai kelebihannya masing-masing, ditinjau dari nutrisi, pasta memiliki kandungan yang lebih bagus daripada mie. Tapi meski seperti itu, mie ( mie putih ) adalah sumber karbohidrat yang bebas gluten sehingga sangat aman dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki penyakit celiac. Penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. Penderita penyakit celiac akan mengalami diare, lemas, atau anemia. Gluten sendiri merupakan protein yang bisa ditemukan pada beberapa jenis sereal, misalnya gandum. Ditinjau dari segi harga, mie juga lebih murah dibanding dengan pasta.

Dibawah ini adalah perbandingan kalori, kandungan makronutrien ( karbohidrat, protein, dan lemak ), kandungan mikronutrien ( vitamin, mineral ) antara mie dan pasta yang wajib kamu tahu bro & sis!

1. Kalori

Dari segi kalori, mie dan pasta tidak mempunyai perbedaan yang mencolok. Mie putih mengandung sekitar 96 kalori per setengah mangkuk, mie telur dan pasta mengandung 111 kalori per setengah mangkuk. Jadi bisa diibaratkan bahwa keduanya mempunyai jumlah kalori yang hampir mirip.

 

2. Lemak

Dari segi kandungan lemak didalamnya, pasta mempunyai kandungan lemak yang lebih besar dibanding mie, namun pada umumnya, kandungan lemak yang ada didalam pasta adalah jenis lemak tidak jenuh.

 

3. Protein

Dari segi kandungan protein, pasta mempunyai kandungan protein yang lebih besar dibanding mie. Pasta memiliki 4 gram protein dalam setiap setengah mangkuk, dan mie putih hanya mengandung sekitar 0.8 gram protein tiap setengah mangkuk , mie kuning mengandung protein sebanyak 3.7 gram setiap setengah mangkuknya.

--- Related Article ---

4. Serat

Didalam pasta mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan mie. Pasta mengandung kurang lebih sekitar 1.3 gram serat dan mie putih mengandung 0.9 gram serat setiap setengah mangkuknya.

 

5. Vitamin

Umumnya, pasta mengandung mikronutrien yang lebih lengkap dibandingkan mie. Pasta mengandung sekitar 83 mcg asam folat, mie mengandung sekitar 3 mcg asam folat dalam setiap setnegah mangkuk. Dari segi vitamin B, pasta mempunyai kadar vitamin B 10x lipat lebih tinggi dari mie.

 

6. Mineral

Didalam pasta mengandung kadar mineral yang lebih tinggi dari mie. Pasta mengandung kadar zat besi 8x lebih tinggi dari mie. Kalsium, magnesium, fosfor, potassium, dan zink juga lebih banyak terdapat didalam pasta dibandingkan mie.

 

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa pasta lebih baik dari segi kandungan nutrisi dibandingkan dengan mie ( mie putih atau mie kuning sekalipun ). Bagi kamu yang tidak menderita penyakit celiac / alergi terhadap gluten, konsumsilah pasta untuk kesehatanmu. Selain menjadi sumber karbohidrat, didalam pasta terkandung makronutrien dan mikronutrien yang sangat berguna untuk tubuhmu bro. 

 

Sedangkan jika kamu mempertimbangkan soal harga, mie akan lebih membantumu karena harganya yang lebih terjangkau dibanding pasta. Selebihnya kembali ke pilihanmu sendiri bro & sis! So, itu dia penjelasan tentang Lebih sehat mie atau pasta yag wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

 


 
Tags:
#nutrisi  #mie  #pasta 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article