Maksimalkan Kekuatan Anda Dengan 3 Trik Pemanasan ini

sfidn.com - Kita semua tentu sepakat bahwa pemanasan adalah gerakan yang penting untuk dilakukan sebelum berlatih. Selain guna mengakifkan otot yang akan dilatih, pemanasan juga berguna untuk mengurangi risiko cedera. Namun, jika Anda melakukan pemanasan hanya untuk meningkatkan panas tubuh, maka artinya Anda telah membuang banyak waktu Anda dan telah menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan ukuran otot yang maksimal. Untuk itu, 3 trik pemanasan yang akan kami jelaskan dibawah ini bisa Anda ikuti untuk memaksimalkan waktu Anda di dalam gym dan guna meningkatkan performa serta kekuatan Anda secara menyeluruh.

 

1. Cobalah untuk Melampaui Beban Working set

Salah satu trik lawas yang digunakan untuk tujuan meningkatkan kekuatan adalah dengan meningkatkan beban angkatan secara bertahap dikala melakukan pemanasan hingga mampu melampui working set Anda. Hingga nantinya saat tiba waktunya melakukan working set, maka beban akan terasa lebih ringan. Sebagai bahan contoh, anggaplah bahwa saat ini Anda akan melakukan 3 working set bench press yang didalamnya terdiri atas 5 repitisi. Cara melakukannya adalah dengan cara:

 

  • Cobalah untuk menyelesaikan set tambahan beban secara perlahan dimulai dari beban yang paling ringan
  • Selesaikanlah satu repitisi angkatan beban Anda dengan beban seberat 90 hingga 95% dari one-rep-max yang bisa Anda lakukan. Namun, hindari menggunakan beban yang maksimal, karena ini hanyalah sesi pemanasan. Dengan melakukan cara ini, maka Anda akan menipu sistem saraf tubuh, karena tubuh akan mengira bahwa Anda sedang melakukan working weight yang berat, padahal nyatanya tidak berat.
  • Selanjutnya, Anda bisa memulai melakukan working weight, dan rasakanlah bahwa beban akan menjadi lebih ringan.

 

2. Tambahkan Resistansi Ekstra

 

Gelang elastis atau band dan rantai bisa Anda manfaatkan guna memberikan resistensi yang tinggi pada beberapa variasi gerakan mesin dan barbell Anda. Pada umumnya, aksesoris ini sering digunakan untuk meningkatkan kekuatan. Namun, gelang ini juga bisa Anda gunakan guna memberikan efek rangsangan pada saraf pusat Anda saat melakukan pemanasan. Sebagai contohnya, Anda bisa mengaitkan satu sisi ujung band Anda pada barbell, lalu mengaitkan ujung lainnya pada bawah squat rack dengan cara ini:

  • Pastikanlah bahwa band atau gelang elastis Anda sudah solid, dan kaitkan salah satu ujungnya pada bagian bawah squat rack.
  • Tempatkan pelat beban pada barbel, dan lingkarkan ujung gelang elastis ke barbell.
  • Lakukanlah gerak pemanasan seperti biasanya. Anda akan merasa bahwa gelang akan membantu Anda saat menurunkan beban dan menahan barbel saat menaikkan beban.
  • Pasca melakukan latihan pemanasan, Anda bisa melepaskan gelang elastis dari barbell dan lakukanlah working weight seperti biasanya. Rasakanlah bahwa beban angkatan Anda menjadi lebih mudah dikendalikan.

 

--- Related Article ---

 

3. Manfaatkan Grip Tebal

Tahukah Anda? Ternyata tangan dan lengan bawah kita memiliki pengaruh yang sangat besar pada kekuatan press. Oleh karena itu, jika memang Anda ingin meningkatkan kekuatan Anda, maka Anda bisa mencoba melakukan pemanasan dengan sebuah aksesoris yang disebut grip widener. Dengan alat ini, maka Anda akan merasakan adanya peningkatan tenaga dorongan setelah aksesoris grip ini Anda lepas ketika  melakukan working set yang sesungguhnya. Contohnya saat Anda melakukan gerakan bench press, gunakanlah grip widener pada barbell Anda saat melakukan pemanasan. Lalu, Anda bisa melakukan beberapa cara ini:

  • Lakukanlah pemenasan seperti biasanya, Anda bisa memulainya dengan tanpa aksesoris grip dan perlahan-lahan tambahkan aksesoris grip
  • Jika barbell telah menyentuh dada Anda, coba genggam dengan keras sambil terus mendorong barbell tersebut ke atas. Tentunya hal ini akan lebih sulit, sehingga nantinya otot tangan dan lengan bawah Anda akan merasakan intensitas yang lebih sulit daripada biasanya.
  • Anda bisa melepaskan aksesoris grip widener dari barbell Anda saat siap melakukan working set. Cobalah rasakan dan perhatikan bahwasanya tangan dan lengan bagian bawah Anda terasa aktif secara maksimal dan latihan pun akan menjadi lebih mudah.
  • Untuk meningkatkan kekuatan genggaman dan perkembangan otot lengan bagian bawah Anda, maka Anda bisa tetap menggunakan aksesoris grip widener.

 

 

Itulah 3 trik pemanasan untuk memaksimalkan kekuatan Anda dan cara melakukannya. Bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk mencobanya?

 

Tags:
#pemanasan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail