Maksimalkan Latihan Push Up dengan Menghindari Kesalahan Ini

sfidn.comPush up merupakan latihan yang paling penting, mendasar, melibatkan banyak otot tubuh dan juga meningkatkan fokus mental. Latihan ini bisa dilakukan dimana saja, jadi tidak diperlukan suatu beban khusus sebagai tambahan. Namun, ada beberapa orang yang masih melakukan kesalahan dalam latihan ini. Nah, agar latihan push up Anda menjadi maksimal, cobalah hindari berbagai kesalahan-kesalahan ini.

1. Posisi Punggung yang Melengkung

Ini adalah kesalahan paling umum yang sering terjadi. Biasanya, hal ini di akibatkan karena posisi pinggul yang terlalu tinggi sehingga seluruh tekanan terletak di punggung bawah. Cara mengatasinya adalah dengan memposisikan pinggul di bawah dan mengencangkan  perut untuk melibatkan otot inti. Kemudian, luruskan punggung.

2. Posisi Pinggul Melenkung ke Bawah

Selanjutnya adalah membiarkan posisi pinggul yang melengkung ke bawah, posisi ini jelas sangatlah rendah dan bisa menyebabkan punggung mendapatkan beban yang paling berat selama latihan berlangsung. Cara mengatasi kesalahan ini adalah dengan meluruskan pinggul dan punggung. Terus lakukan hal ini jika pinggul mulai melengkung ke arah bawah.

3. Posisi Siku Terlalu Melebar

Saat melakukan latihan push-up, Anda harus membiarkan siku Anda menekuk, baik pada posisi yang lebar maupun yang sempit. Kenapa? Karena posisi ini adalah posisi yang nyaman bagi bahu. Jika Anda merasa telah melakukan kesalahan ini, maka atasilah dengna cara membiarkan siku menekuk ke belakang lalu biarkan juga bahu Anda bergerak mendorong tanah atau lantai.

4. Gerakan Push Up yang Nanggung

Hal ini biasanya terjadi karena ego yang kuat. Jika Anda ingin melakukan latihan push up sebanyak-banyaknya, maka harus dilakukan dengan rentang gerak penuh, jika tidak maka Anda sama saja tidak melakukan apa-apa. Utamakanlah kualitas dalam berlatih, bukan kuantitasnya. Caranya adalah dengan meluangkan waktu dan jangan biarkan ego menguasai diri. Lakukanlah gerakan dengan sempurna lalu kejar angka minimal yagn bia Anda lakukan.

5. Arah Muka Menghadap ke Tanah dan Leher yang Menggantung

Posisi ini akan memberikan beban pada bahu dan leher Anda. Push up yang sempurna adalah dengan cara tidak menggantungkan leher dan pandangan lurus ke arah depan. Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengangkar kepala pada posisi netral sebelum berlatih, usahakan untuk bisa menahan posisi tersebut selama latihan berlangsung.

--- Related Article ---

6. Jari yang Terlalu Rapat

Jika jari Anda terlalu rapat, maka beban tekanan akan terasa di pergelangan tangan. Untuk itu, sebaiknya buka jari-jari tangan Anda selebar mungkin agar beban bisa diterima secara merata. Tapi, jika pergelangan tangan Anda masih terasa nyeri walau sudah membuka jari, maka Anda bisa memodifikasi latihan push-up Anda misalnya dengan menggunakan satu set dumbbell ataupun melakukan push up knuckle yang menantang.

Dengan berusaha menghindari kesalahan tersebut, maka latihan Anda pun akan jauh lebih maksimal. Semoga berguna.

Tags:
#Push Up  #Gerakan Push Up 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail