sfidn - Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga yang Perlu Anda Tahu

Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga yang Perlu Anda Tahu

sfidn.com – Perlu Anda ketahui bahwa minum air dingin setelah olahraga itu diperbolehkan. Bahkan, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari perilaku tersebut.

 

Apakah Minum Air Dingin setelah Olahraga Menyebabkan Serangan Jantung?

Ada sebuah mitos yang beredar jika minum air dingin setelah olahraga dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. 

Mitos tersebut tidaklah benar karena air yang diminum suhunya akan dinetralkan ketika sampai di dalam tubuh. Hal ini sama disampaikan oleh dr. Dasdo Antonius Sinaga, seorang dokter spesialis penyakit jantung dari Rs. Awal Bros, Riau.

Serangan jantung setelah olahraga bisa terjadi karena faktor lain, misalnya stres fisik yang berlebihan karena seseorang sudah lama tidak berolahraga, sudah memiliki penyakit jantung bawaan, atau penyalahgunaan obat-obatan atau suplemen.

Jadi, minum air dingin setelah olahraga bisa menyebabkan serangan jantung itu tidak benar. Bahkan, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh.

 

Manfaat Minum Air Dingin setelah Olahraga

Setidaknya, ada sembilan manfaat dari minum air dingin setelah olahraga, yaitu:

 

1. Menggantikan Cairan yang Hilang

Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat. Minum air dingin setelah olahraga bisa membantu menggantikan cairan yang hilang dengan cepat. Hal ini dapat mencegah Anda dari dehidrasi yang bisa menyebabkan penurunan kinerja, kelelahan, dan ketidakseimbangan elektrolit.

 

2. Mendinginkan Suhu Tubuh

Setelah sesi latihan yang intens, suhu tubuh akan meningkat. Minum air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh dengan cepat sehingga Anda bisa terhindar dari overheating atau hipertermia yang dapat membahayakan kesehatan.

 

3. Menurunkan Detak Jantung

Selain suhu tubuh, detak jantung juga akan meningkat setelah olahraga, terutama jika Anda melakukan latihan kardiovaskular. 

Hal tersebut bisa terjadi karena otot memerlukan lebih banyak oksigen dan energi untuk melakukan gerakan yang diperlukan saat olahraga. 

Alhasil, jantung  harus bekerja lebih keras agar bisa mengalirkan darah dengan lebih cepat untuk menyebarkan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Inilah yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat.

Minum air dingin setelah olahraga akan membantu menurunkan detak jantung secara bertahap dan membawa tubuh Anda kembali ke tingkat istirahat yang lebih stabil. Tekanan darah pun menjadi lebih stabil dan beban kerja jantung berkurang.

 

4. Mengontrol Suhu Tubuh

Setelah berolahraga, tubuh menghasilkan panas sebagai hasil dari metabolisme yang dipercepat. Minum air dingin akan mengontrol suhu tubuh Anda dengan mempercepat proses termoregulasi. Ini membantu mencegah hipertermia dan memastikan bahwa tubuh Anda tetap dalam rentang suhu yang aman.

 

5. Menyegarkan Tubuh

Dibandingkan air dengan suhu normal, air dingin memiliki efek yang lebih menyegarkan sehingga dapat membantu Anda  kelelahan dan memulihkan energi setelah berolahraga.

 

6. Mempercepat Pemulihan Otot

Minum air dingin setelah olahraga juga bisa mempercepat pemulihan otot karena suhu tubuh akan turun dan itu mampu meredakan peradangan pada otot yang mungkin terjadi selama latihan. Manfaat lainnya, ini akan mengurangi risiko cedera.

 

7. Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat Badan

Minum air dingin dapat meningkatkan metabolisme. Ketika Anda minum air dingin, tubuh harus memanfaatkan energi tambahan untuk memanaskan air tersebut ke suhu tubuh yang netral. Proses ini dapat meningkatkan pembakaran kalori sehingga berat badan bisa lebih cepat turun.

 

8. Memberikan Hidrasi yang Cepat

Air bersuhu rendah mampu diserap lebih cepat oleh tubuh daripada air pada suhu kamar. Minum air dingin setelah olahraga dapat memberikan hidrasi yang cepat dan efektif bagi tubuh yang membutuhkan cairan dengan segera.

 

9. Meredakan Ketegangan dan Kram

Minum air dingin dapat membantu meredakan ketegangan dan kram otot yang mungkin terjadi selama atau setelah olahraga. Air dingin membantu mengalirkan darah ke otot-otot yang tegang dan meredakan ketidaknyamanan.

 

Berapa Suhu Air Dingin yang Direkomendasikan?

Suhu air dingin yang sebaiknya Anda konsumsi setelah olahraga adalah 15-21°C. Sebaiknya. Hindari minum air dingin di bawah 4°C karena bisa menyebabkan sakit kepala dan menurunkan performa latihan Anda.

Jangan ragu untuk mengonsumsi air dingin setelah olahraga karena itu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#olahraga  #air dingin 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article