sfidn - Masih Melatih Otot Perut Dengan 3 Gerakan ini? Tinggalkan Sekarang Juga!

Masih Melatih Otot Perut Dengan 3 Gerakan ini? Tinggalkan Sekarang Juga!

sfidn.com – Perut yang seksi tentu menjadi impian untuk sebagian besar orang. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, selain dengan melakukan diet sehat, Anda juga perlu melakukan larihan yang rutin agar otot abdomen itu makin nampak. Namun ternyata, ada 3 gerakan perut yang sebaiknya Anda tinggalkan sekarang juga. Kenapa? karena gerakan ini ternyata kurang efektif, bisa menghambat progres latihan, dan bahkan bisa membuat Anda cedera. Gerakan apa saja itu? Berikut ulasannnya!

1. Abdominal Side Bend

Latihan yang dilakukan dengan menggerakan perut ke samping ini berpotensi dilakukan secara sembarangan, sehingga bisa menghambat perkembangan otot inti dan memberikan beban berlebih pada tulang belakang. Sebagian besar orang melakukan latihan ini dengan menggunakan dua dumbbell di kedua sisi tangannya dantidak memperhatikan tulang belakang, pinggul, serta lututnya. Padahal, gerakan ini harus dilakukan secara unilateral atau harus menggunakan beban pada satu tangan saja dengan tetap menjaga pinggul dan lutut segaris dengan tulang belakang. Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan gerakan Tempo Side-Plank Crunch.

Gerakan ini mampu memberikan kontraksi tanpa beban yang sesungguhnya. Selama melakukan latihan ini, otot utama Anda akan aktif menstabilkan tulang belakang. Pun begitu halnya dengan bagian gluteus medius. Lakukan latihan ini selama 20 detik sambil terus mengencangkan otot semaksimal mungkin.

2. Timed Plank

Gerakan plank memang memang sangat ramah untuk punggung bagian bawah Anda, terutama untuk mereka yang memiliki masalah pada daerah tersebut. Namun, gerakan ini cenderung membuang waktu dengan benefit yang tidak terlalu banyak. Pada kenyataannya, plank memang kurang efektif jika dilakukan untuk mengaktifkan otot inti bagian dalam. Gerakan ini biasanya juga terus di update dengan cara menambah waktu ataupun menambah beban seperti meletakan plat beban di sekitar punggung bawah. Padahal, tindakan tersebut bisa menyebabkan disfungsi postural dan trauma ligamen jika dilakukan secara berlebian. Sebagai penggantinya, Anda bisa melakukan gerakan RKC Plank.

RKC (Russian Kettlebell Challenge) plank merupakan gerak modifikasi dari plank tradisional yang bisa dilakukan baik itu ketika melakukan pemanasan ataupun sebagai penutup latihan. Cara melakukannya adalah dengan memposisikan tangan yang agak lebar, lalu memberikan kontraksi pada otot gluteus dan quad sekencang mungkin.

--- Related Article ---

3. Decline Sit-Up

Gerakan ini menjadi sangat efektif jika dilakukan degan gerakan, tempo dan kontraksi otot yang tepat. Namun, gerakan ini berpotensi dilakukan secara buruk karena saking mudahnya untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan bahwa sebenarnya gerakan ini memiliki suatu pola gerakan yang memang lebih sulit dan lengkap dengan rentang geraknya yang panjang. Jika dilakukan secara sembarangan, maka akan berdampak buruk pada kesehatan tulang belakang Anda. Anehnya lagi, masih banyak dari mereka yang melakukan gerakan ini secara lebih cepat, menambahkan beban di depan tubuh, atau dengan memutar dan melekukan badan di akhir rep. Berbagai hal tersebut memang sangat menantang, namun dalam kondisi yang sama juga meningkatkan resiko bagi tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda mengganti latihan ini dengan 90-Degree Vertical Plate Press.

Gerakan ini mampu menargetkan otot abs dan memberikan hasil yang besar. Selain itu, Anda bisa juga melakukan progressive overload dengan cara menambahkan beban seiring berjalannya waktu. Gerakannya juga sangat mudah. Anda cukup tempatkan pinggul dilantai lalu tekuk lutut 90 derajat. Genggam suatu plat beban di depan dada dengan lengan yang di rentangkan lalu lakukan latihan ini secara perlahan.

Itulah ke-3 gerakan perut yang sebaiknya Anda tinggalkan sekarang juga demi meminimalisir terjadinya cedera dan juga memaksimalkan perkembangan otot abs Anda, untuk itu, ada baiknya Anda melakukan gerakan-gerakan alternatif lainnya seperti yang telah disebutkan diatas. Semangat berlatih.

 


 
Tags:
#sixpack  #otot perut  #Latihan Otot Perut 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article