sfidn - Mendayung vs Berenang, Latihan Ramah Sendi Mana yang Harus Dipilih?

Mendayung vs Berenang, Latihan Ramah Sendi Mana yang Harus Dipilih?

sfidn.com – Mendayung (rowing) dan berenang (swimming) adalah dua latihan berdampak rendah atau ramah sendi yang cukup sering dipertimbangkan oleh banyak orang. Keduanya memiliki keunikannya sendiri dalam memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Di antara mendayung dan berenang, latihan ramah sendi mana yang sekiara harus Anda pilih? Ayo temukan jawabannya pada artikel berikut ini.

 

Persamaan Mendayung dan Berenang

Mari kita mulai dari persamaan antara mendayung dan berenang. Keduanya adalah latihan berdampak rendah yang memungkinkan Anda berlatih tanpa harus memberikan tekanan berlebihan pada persendian. Ini berbeda dengan lari yang berdampak tinggi pada persendian Anda.

Baik itu mendayung (di sungai atau ruangan) atau pun berenang (di dalam kolam), keduanya fokus pada perlawanan yang mengharuskan Anda bekerja melawan hambatan. Keduanya juga membutuhkan koordinasi yang baik dari berbagai kelompok otot tubuh. 

Selain itu, kedua latihan ini juga menekankan efisiensi gerakan untuk mencapai jarak atau intensitas latihan yang diinginkan.

 

Baca Juga: 

Gerakan Pendinginan setelah Berenang, Ini Panduannya!

 

Mendayung vs Berenang, Mana yang Harus Dipilih?

Mendayung dan berenang sama-sama baik untuk tubuh Anda. Meski memiliki persamaan yang cukup dekat tetapi kedua latihan ini bisa dimaksimalkan untuk tujuan yang berbeda. Berikut penjelasannya.

 

Jika Anda Ingin Membangun Otot

Mendayung cenderung memberikan lebih banyak tekanan pada otot-otot tubuh dibandingkan dengan berenang. Jika Anda mencari peningkatan kekuatan dan pertumbuhan otot makan mendayung adalah pilihan yang lebih baik.

Hal ini bisa terjadi karena mendayung membutuhkan koordinasi yang lebih sedikit sehingga Anda bisa mengaktifkan otot dengan tepat sasaran.

 

Jika Anda Ingin Membakar Kalori

Mendayung dikenal sebagai latihan yang sangat efektif dalam membakar kalori. Anda bisa membakar sebanyak 800 sampai 1.000 kalori per jam. Sedangkan satu jam berenang menghasilkan pembakaran sekitar 600-800 kalori. 

Maka dari itu, mendayung bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin membakar kalori lebih banyak dan mau menurunkan berat badan. 

 

Baca Juga:

Membakar Kalori dengan Lebih Cepat, 6 Faktor Ini Jadi Penentunya

 

Jika Anda Ingin Latihan Ramah Pemula

Baik itu mendayung atau pun berenang, keduanya dapat diakses dengan mudah oleh pemula. Jika mendayung di sungai terasa sulit, Anda bisa pergi ke tempat gym untuk mengakses rowing machine.

Hal yang terpenting adalah memulai dengan latihan dengan memperhatikan teknik yang benar. Carilah seorang instruktur yang dapat membantu memperbaiki teknik dan memandu perjalanan Anda dari seorang pemula hingga tingkat lanjut.

 

Baca Juga:

Apakah Gerakan Rowing Machine Anda Sudah Benar?

 

Jika Anda Ingin Melakukan Pemulihan

Berenang menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda ingin melakukan pemulihan. Latihan ini memberikan efek tanpa beban bagi persendian sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi Anda yang memiliki masalah sendi atau pun yang baru pulih dari cedera. 

Meski begitu, mendayung juga dapat menjadi alternatif yang baik, terutama jika berenang bukanlah pilihan yang tersedia atau sesuai dengan keinginan Anda.

 

Tidak peduli apakah Anda memilih mendayung atau berenang, hal yang terpenting adalah menemukan aktivitas yang bisa Anda nikmati dan yang sesuai dengan tujuan kebugaran.

Lakukan kedua latihan ramah sendi ini dengan konsistensi agar Anda bisa mencapai kesehatan dan kebugaran yang optimal. 

Sebelum memutuskan latihan,  cobalah mepertimbangkan tujuan kebugaran, preferensi pribadi, dan ketersediaan fasilitas agar hasil yang Anda dapatkan bisa optimal dan sesuai dengan keinginan Anda. Selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#berenang  #rowing  #swimming  #mendayung 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article