sfidn - Mengenal Manfaat Omega 3 yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh Anda

Mengenal Manfaat Omega 3 yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh Anda

sfidn.com – Asam lemak sehat berupa omega 3 sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko peradangan dalam tubuh.

Itu hanya sedikit dari sekian banyak informasi yang perlu Anda ketahui tentang omega 3 yang manfaatnya begitu baik dan besar bagi tubuh Anda.

Dengan membaca artikel berikut ini, Anda bisa mengenal omega 3 dengan lebih dalam sehingga kepedulian Anda untuk memenuhi kebutuhan asam lemak sehat tersebut bisa lebih meningkat.

 

Apa Itu Omega 3?

Omega 3 merupakan salah satu jenis asam lemak tak jenuh yang dikategorikan sebagai “esensial” karena tubuh tidak dapat mensintesis atau memproduksinya sendiri sehingga harus diperoleh melalui pengonsumsian makanan tertentu.

Asam lemak sendiri adalah senyawa kimia yang terdiri dari rantai karbon yang terikat pada atom hidrogen yang merupakan komponen dasar dari lemak dan minyak serta dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok berdasarkan sifat kimianya, yaitu asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

Asam lemak jenuh sering kita kenal sebagai lemak jahat sedangkan asam lemak tak jenuh dikenal sebagai lemak baik. 

Sedangkan omega 3 masuk ke dalam kelompok lemak baik karena mampu menjaga kesehatan kardiovaskular, tidak seperti lemak jahat yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sejenisnya. 

 

Jenis-jenis Omega 3

Omega 3 terdiri dari beberapa jenis yang berbeda yang dikelompokkan berdasarkan struktur kimia dan manfaatnya.

 

Alpha-Linolenic Acid (ALA)

Alpha-Linolenic Acid  atau ALA merupakan senyawa yang memiliki bentuk paling sederhana di antara jenis omega tiga lainnya sehingga dapat dikonversi menjadi EPA dan DHA meski konversinya rendah.

Anda bisa menemukan ALA pada tumbuh-tumbuhan, seperti biji rami, chia seeds, biji bunga matahari,  kenari, dan minyak-minyakan.

 

Eicosapentaenoic Acid (EPA)

Eicosapentaenoic Acid (EPA) adalah salah satu jenis  omega-3 yang termasuk dalam kelompok asam lemak poliunsaturasi (PUFA).  EPA dapat ditemukan terutama dalam ikan dan produk-produk laut, seperti salmon, tuna, mackerel, sarden, dan lain-lain.

EPA telah dikaitkan dengan berbagai  manfaat kesehatan yang berhubungan dengan sistem kardiovaskular dan sistem saraf.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa EPA dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, menjaga imun tubuh, dan memiliki efek antiinflamasi.

 

Docosahexaenoic Acid (DHA)

Anda mungkin sering mendengar kata DHA di iklan-iklan minyak ikan yang diklaim dapat meningkatkan kognitif atau kecerdasan. Itu adalah benar karena Docosahexaenoic Acid (DHA) membangun 8% dari berat otak.

DHA termasuk ke dalam kelompok asam lemak poliunsaturasi atau PUFA yang penting bagi perkembangan dan fungsi otak serta kesehatan mata janin, termasuk manfaat yang sama dengan EPA.

 

7 Manfaat Omega 3 yang Perlu Anda Tahu

Dari tulisan di atas, Anda mungkin sudah sedikit banyak mengetahui apa saja manfaat omega 3 bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, itu hanya sedikit dari yang perlu Anda tahu.

Tujuh Manfaat omega 3 yang bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya secara teratur:

 

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega 3 memiliki peran yang krusial dalam perkembangan dan fungsi otak manusia. Asam lemak ini adalah komponen utama dari struktur sel-sel otak dan membantu proses transmisi sinyal saraf. Dengan memenuhi asupan omega 3, Anda dapat meningkatkan kemampuan kognitif, daya ingat, dan konsentrasi.

 

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Berbagai penelitian telah membuktikan jika omega 3 dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah, mengurangi risiko pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi berbagai risiko penyakit jantung.

 

3. Meredakan Peradangan

Asam lemak omega 3 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Dengan begitu, penyakit peradangan kronis, seperti arthritis, inflamasi usus, dan beberapa autoimun bisa dicegah sedini mungkin. Anda pun akan memiliki sendi dan organ internal yang lebih sehat.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asam lemak jenis DHA adalah komponen utama retina mata. Dengan mengonsumsi omega 3 secara teratur, ini akan membantu menjaga kesehatan mata Anda, mencegah degenerasi makula, dan mengurangi gangguan pengelihatan akibat penambahan usia.

 

5. Menurunkan Berat Badan

Fakta menariknya adalah omega 3 dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan lebih mudah selama diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Hal ini bisa terjadi karena asam lemak dapat meningkatkan pembakaran lemak.

 

6. Mencegah Depresi

Tidak hanya meningkatkan fungsi otak namun omega 3 pun dapat mencegah depresi dengan cara menjaga suasana hati agar tetap baik dan menurunkan gejala kecemasan. Beberapa pengobatan untuk gangguan mental pun sering menggunakan asam lemak baik tersebut.

 

7. Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Tahukah Anda apa itu parkinson? Parkinson merupakan gangguan neurodegeneratif yang memengaruhi sistem saraf pusat sehingga dapat menurunkan kemampuan Anda dalam mengontrol gerakan tubuh.

Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, omega 3 dapat membantu melindungi sel-sel saraf dan mengurangi peradangan otak sehingga risiko terkena parkinson bisa lebih rendah.

 

Berapa Banyak Omega 3 yang Harus Dikonsumsi per Hari?

Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan tubuh manusia akan omega 3 berkisar antara 500-1600 mg per hari dengan rincian:

  • Bayi dan anak anak: 500 – 900 mg Omega 3 per hari.
  • Remaja: 900 – 1000 mg Omega 3 per hari.
  • Wanita Dewasa: 1100 mg Omega 3 per hari.
  • Pria Dewasa: 1600 mg Omega 3 per hari

 

Makanan yang Mengandung Omega 3

Apabila Anda tertarik untuk mengonsumsi omega 3 dengan lebih sering, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan khusus, seperti:

  • Salmon
  • Mackerel
  • Tuna
  • Sardel
  • Haring
  • Trout
  • Minyak Ikan
  • Minyak Krill
  • Minyak Alga
  • Minyak Biji Rami
  • Chia seeds
  • Biji Rami
  • Biji Kenari
  • Walnut
  • Tahu

 

Mari tingkatkan kesadaran untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan omega 3 yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh Anda dalam jangka panjang. Pastikan Anda mengikuti batas pengonsumsian harian agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. Selamat mencoba.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#omega 3 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article