Olahraga Rugby 101: Atribut, Aturan, dan Cara Bermain

sfidn.com — Mungkin tidak sedikit dari Anda yang beranggapan bahwa rugby adalah olahraga yang sama dengan sepak bola pada umumnya. Meski ini merupakan variasi dari olahraga sepak bola, tetapi memiliki keunikan dan cara bermain yang berbeda.

Sebagai info awal, banyak orang mengenal rugbi sebagai ‘olahraga pinggiran’, padahal sebenarnya, ini adalah olahraga paling populer kedua di dunia setelah sepak bola, merujuk pada Rugby Indiana

Lantas, seperti apa aturan dan cara bermain rugbi? Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang olahraga bola lonjong ini!

Apa Itu Rugby?

Rugby adalah olahraga antara dua tim yang mencoba untuk mencetak poin dengan cara memajukan bola melewati garis gawang tim lawan, atau dengan cara menendang bola melalui sepasang uprights (tiang-tiang tegak) di zona tim lawan. 

Dilansir dari Sports N’ Hobbies, ada 2 jenis utama olahraga rugby, yaitu:

  • Rugby union, melibatkan 15 pemain untuk setiap tim.
  • Liga rugby, melibatkan 13 pemain dalam setiap tim. 
  • Versi lainnya seperti rugby sevens, mengikuti aturan Amerika Serikat, tetapi hanya menggunakan 7 pemain untuk setiap tim.

Sejarah Rugby

Rugby berasal dari negara Inggris. Permainan ini ditemukan pertama kali oleh seorang siswa yang bernama William Webb Ellis pada tahun 1823. 

Saat itu, Tuan Ellis sedang bermain sepak bola, dan rugbi pun terbentuk ketika ia mengambil bola dan berlari ke lapangan untuk mencetak gol. 

Hingga saat ini, olahraga rugbi telah dimainkan di lebih dari 100 negara.

Sejarah Rugby di Indonesia

Olahraga rugby di Indonesia dibentuk sejak tahun 2004 oleh Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI), yang bergabung dengan Asia Rugby dan World Rugby sejak tahun 2013.

Asosiasi olahraga terpercaya ini memiliki tim nasional Putra dan Putri yang telah berkompetisi di Single-event dan Multi-event di seluruh Asia, seperti Southeast Asia Games (SEA Games) dan Asian Games.

PRUI juga pernah mengikuti Asia Rugby Sevens Trophy Competitions 2019 dan berhasil menempati peringkat ke-5 untuk kategori Putra dan peringkat ke-3 untuk kategori Putri.

Selain itu, Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) juga aktif mengikuti kompetisi lokal, salah satunya Pesta Olahraga Kabupaten Garut (PORKAB Garut – Jawa Barat) pada tahun 2019. 

Baru-baru ini, Pengurus Besar PRUI (2021-2025) telah dikukuhkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), yang membuat olahraga rugby semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Atribut Olahraga Rugby

Lapangan

Olahraga rugby dimainkan di lapangan rumput yang diberi tanda dengan garis putih untuk menandakan bagian-bagian tertentu dari lapangan. 

Panjang lapangan rugbi tidak melebihi 100 meter (tidak termasuk 2 zona percobaan). Adapun lebar lapangan untuk rugby union 70 meter, sedangkan untuk liga rugby  68 meter. 

Di kedua garis gawang, terdapat tiang gawang (uprights) berbentuk ‘H’ dengan lebar 5,6 meter dan mistar gawang berjarak 3 meter dari tanah.

Bola

Bola rugby berbentuk lonjong (oval) yang digelembungkan. Dulunya, bola ini terbuat dari kulit, tetapi sekarang terbuat dari bahan sintetis. 

Panjang bola rugby union sekitar 28-30 cm, lebarnya sekitar 58-62 cm, dan beratnya sekitar 410-460 gram. Sementara untuk liga rugby, panjang bolanya 27 cm, lebarnya 60 cm, dan beratnya 400 gram. 

Bola yang lebih kecil bisa digunakan dalam permainan yang dimainkan oleh anak-anak muda.

Pakaian

Pemain biasanya mengenakan celana pendek, baju kaos olahraga, kaus kaki panjang, dan sepatu olahraga.

Dalam pertandingan rugby union dan liga rugby, pakaian para pemain biasanya dilengkapi dengan nomor sesuai urutan posisi masing-masing. 

Setiap posisi memiliki peran dan nama tertentu, seperti fullback, scrum-half, center, wing, dan hooker. Pemain dengan keterampilan atau ciri fisik tertentu biasanya dapat menempati posisi yang lebih baik daripada yang lain. 

Selain itu, para pemain rugbi juga terbiasa tanpa bantalan, meskipun beberapa ada yang memakai ikat kepala atau helm berlapis tipis, yang disebut topi scrum, untuk melindungi telinga atau membantu mencegah gegar otak.

Aturan Bermain Rugby

Skor

Ada 4 cara untuk mencetak poin dalam olahraga rugby, yaitu percobaan, konversi, drop goal, dan tendangan penalti. 

  • Skor percobaan adalah ketika seorang pemain mendaratkan bola ke area gawang tim lawan. 
  • Setelah mencoba mencetak gol, tim yang mencetak gol bisa mencoba konversi untuk mendapatkan lebih banyak poin, dengan menendang bola melewati mistar gawang dan melalui uprights (tiang-tiang tegak rugbi). 
  • Drop goal terjadi ketika seorang pemain memantulkan bola ke tanah, kemudian menendangnya melewati gawang.
  • Jika lawan melakukan penalti, tim bisa diberikan tendangan penalti dengan menendang bola melewati gawang.

Jumlah poin yang diberikan untuk keempat metode ini tergantung pada jenis rugbi yang dimainkan. 

Dalam rugby union, percobaan diberi skor 5 poin, konversi 2 poin, drop goal 3 poin, dan tendangan penalti 3 poin. Sementara skor di liga rugby adalah 4 poin untuk percobaan, 2 poin untuk konversi, 1 poin untuk drop goal, dan 2 poin untuk tendangan penalti.

Durasi

Pertandingan rugbi umumnya terdiri atas 2 babak 40 menit, waktu paruh 5 menit, dan tanpa timeout. Permainan untuk kalangan remaja mungkin bisa kurang dari 40 menit per babak. 

Pemain

Satu tim untuk pertandingan rugby union terdiri atas 15 pemain (8 di depan dan 7 di belakang). 

Versi rugbi lain ada yang menggunakan 10 pemain dalam satu tim (5 di depan dan 5 di belakang), dan menggunakan 7 pemain di setiap tim (3 di depan dan 4 di belakang) – dikenal juga dengan rugby sevens dan ini sangat populer. 

Cara bermain Rugby

Dalam olahraga rugbi, pemain harus memajukan bola melewati garis gawang tim lawan dengan saling mengoper. Para pemain dapat mengoper bola dengan tangan dan dengan menendang bola. 

Namun, ketika bola sedang dibawa dengan tangan, bola hanya bisa dilempar atau diserahkan ke belakang. Ini merupakan salah satu perbedaan antara rugby dan American football

Tergantung pada aturan yang berlaku, tim dapat mencetak skor ketika pemain yang sedang maju membawa bola dihentikan, penguasaan bola hilang, atau bola keluar dari batas. 

Tackling

Rugbi adalah olahraga kontak penuh yang berkelanjutan. Artinya, begitu tekel dilakukan, permainan berlanjut. 

Tekel terjadi ketika pembawa bola dijatuhkan ke tanah oleh anggota lawan. Setelah ditangani, pembawa bola harus melepaskan bolanya. 

Setelah pemain melakukan tekel, dia harus berguling menjauh dari permainan.

Ruck

Setelah pemain ditekel ke tanah, ruck terbentuk ketika satu atau lebih pemain dari masing-masing tim mendekati bola. Bola kemudian muncul, dan permainan berlanjut.

Maul

Ketika pembawa bola dipegang oleh anggota dari tim lawan dan timnya sendiri, maka itu disebut maul. Bola bisa dikeluarkan dari maul atau dibawa ke tanah, yang kemudian membentuk ruck.

Scrum

Scrum digunakan untuk memulai kembali permainan setelah terjadi pelanggaran kecil (forward pass). 

Untuk melakukan scrum, perlu 8 dari 15 pemain, yang disebut forward. Kedelapan pemain akan saling mengikat dan berhadapan langsung dengan 8 pemain lawan. 

Bola digulung ke tengah scrum di tanah, dan para pemain dengan kaki mereka mengaitkan bola tersebut di belakang mereka, yang membuatnya kembali bisa untuk dimainkan. 

Bola kemudian dikumpulkan oleh scrum-half dan diteruskan ke garis belakang.

Lineout

Ketika bola rugby keluar lapangan, permainan dimulai kembali dengan lineout

Lineout terdiri atas 2 baris, satu dari masing-masing tim, dengan maksimal 8 pemain berdiri di belakang satu sama lain menghadap touchline pada titik di mana bola keluar dari permainan.

Bola kemudian dilempar ke celah di antara garis, biasanya pada ketinggian yang cukup tinggi, dan tim akan mengangkat pemain untuk memperebutkan bola.

Berikut video penjelasan singkat tentang olahraga rugbi:


Sumber: youtube.com/wikiHow

Kesimpulan

Rugby adalah olahraga tim di mana setiap pemainnya benar-benar bisa melakukan segalanya.

Seluruh pemain dalam olahraga rugby bisa berlari, menendang, atau mengoper bola ke belakang atau ke samping ke rekan setimnya. Pemain lawan juga mencoba menahan pemain yang berusaha menguasai bola. 

Hal paling menariknya adalah semua orang bisa ikut bermain – tidak peduli ia pendek, tinggi, kurus, atau gemuk. 

Itulah mengapa rugbi dikenal sebagai olahraga sosial yang tidak hanya memuji kompetisi, tetapi juga menuntut sportivitas yang baik – dan ini sudah menjadi daya pikatnya dalam dunia olahraga.

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Britannica. Learn How to Play Rugby.
  • DTU Exiles Rugby. What is Rugby?
  • Rugby Indiana. What is Rugby?
  • Sports N’ Hobbies (2022). What is Rugby?
  • Wikipedia. Rugby Union.
Tags:
#sfidn  #rugby  #rugby adalah  #rugbi  #rugby indonesia  #bola rugby  #bagaimana rugby ditemukan  #rugby berapa pemain  #sejarah rugby  #rugby dan american football  #rugby berasal dari negara  #sejarah rugby di indonesia  #olahraga rugby 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article