sfidn - Pilates saat Hamil Apakah Boleh dan Aman untuk Dilakukan?

Pilates saat Hamil Apakah Boleh dan Aman untuk Dilakukan?

sfidn.com – Sebelumnya, Anda mungkin adalah seorang pegiat olahraga, seperti yoga atau pun pilates. Namun, saat hamil, Anda menjadi ragu untuk melakukan apa yang biasa Anda lakukan.

 

Pilates saat Hamil Apakah Boleh dan Aman untuk Dilakukan?

Muncul pertanyaan di benak Anda tentang keamanan melakukan pilates saat hamil. Apakah itu boleh dan aman dilakukan atau sebaiknya menunggu sampai persalinan selesai?

Kami akan menjawab pertanyaan dan kegelisahan Anda tersebut melalui artikel berikut ini. Silakan simak dengan baik. 

 

Apa Itu Pilates?

 

Pilates adalah suatu sistem latihan fisik yang memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kekuatan otot inti (core), fleksibilitas, keseimbangan, dan kesadaran tubuh. 

Banyak orang yang melakukan pilates untuk memperbaiki postur tubuh hingga membentuk badan yang ideal sehingga tidak jarang bagi seorang Perempuan untuk menjadikan Pilates sebagai latihan fisik utamanya. 

Namun, ketika akhirnya seorang perempuan hamil, banyak yang merasa bingung apakah ia harus menghentikan latihan atau tetap melakukannya. Itu karena berhenti berolahraga dapat menurunkan hasil latihan yang sudah dicapai selama ini.

 

Pilates saat Hamil Aman atau Tidak?

Dilansir dari healthline.com, beberapa gerakan Pilates yang unik memang tidak cocok bagi perempuan yang sedang hamil sehingga membutuhkan arahan yang tepat dari instruktur berpengalaman. 

Atas dasar tersebut, Pilates saat Hamil sebenarnya aman untuk dilakukan selama dilakukan dengan gerakan dan intensitas yang tepat. 

Beberapa penelitian telah membuktikan jika latihan fisik, seperti halnya pilates hanya membawa risiko minimal selama kehamilan sehingga boleh saja jika Anda ingin berolahraga. 

Bahkan, dengan gerakan dan intensitas yang tepat, Pilates saat hamil memberikan dampak yang positif karena akan meringankan gejala atau keluhan yang biasa dirasakan saat berada dalam masa kehamilan. 

Selain itu, Pilates prenatal akan mempersiapkan Anda persalinan yang lebih mudah dan pemulihan yang lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa manfaat spesifik melakukan pilates saat hamil secara rutin.

 

--- Related Article ---

 

Manfaat Melakukan Pilates saat Hamil:

1. Menenangkan Sistem Saraf

Kebanyakan perempuan yang sedang hamil, biasanya ia mengalami peningkatan detak jantung dan volume darah yang menyebabkannya sesak napas. 

Salah satu teknik dasar Pilates adalah mengontrol pernapasan sehingga ini akan membantu perempuan yang sedang hamil untuk menenangkan sistem sarafnya yang berdampak pada penurunan tekanan darah dan pernapasan yang lega. 

 

2. Meningkatkan Stamina untuk Persalinan

Saat hamil, perempuan biasanya mengurangi aktivitas fisik yang membuat energi atau staminanya menurun. Padahal, ketika berada dalam periode persalinan, Anda harus memiliki tenaga yang kuat. Tidak hanya metal tapi juga fisik.

Dengan melakukan Pilates saat hamil, secara bertahap Anda dapat membangun stamina yang berguna bagi massa persalinan serta menurunkan peluang kelahiran sesar. 

 

 

3. Menurunkan Risiko Episiotomi dan Preeklamsia

Episiotomi adalah Tindakan pembedahan kecil yang dilakukan selama persalinan. Ini dilakukan untuk memperbesar jalan lahir dan kelahiran bayi. 

Episiotomi biasanya dilakukan ketika seseorang sulit melakukan persalinan karena bayi dalam posisi yang sulit atau proses persalinan yang terlalu lambat. 

Sedangkan preeklamsia adalah kondisi medis serius yang terjadi selama kehamilan. Ini ditandai dengan adanya peningkatan tekanan darah (hipertensi) atau pun kerusakan organ dalam (biasanya pada hati dan ginjal). 

Namun, rutin melakukan Pilates saat hamil dapat menurunkan risiko kedua kondisi medis tersebut sehingga persalinan lebih aman dan lancar. 

 

4. Mempersiapkan Tubuh untuk Mengejan

Gerakan Pilates dapat melatih otot perut, punggung, dan dasar panggul sehingga melakukan olahraga ini saat hamil dapat meningkatkan kesadaran tubuh serta mempersiapkan diri Anda untuk mengejan di waktu yang tepat. 

 

 

5. Mengurangi Nyeri Punggung dan Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Semakin besar kehamilan maka semakin banyak keluhan yang dirasakan oleh perempuan yang sedang hamil. Contohnya saja, nyeri punggung yang semakin parah hingga tidur yang tidak nyenyak. 

Namun dengan melakukan Pilates saat hamil, Anda dapat mengurangi gejala-gejala tersebut sehingga dapat menjalani masa kehamilan dengan lebih nyaman dan menyenangkan. 

 

Pilates saat hamil memang boleh dan aman dilakukan namun dengan syarat jenis latihan dan intensitasnya sesuai serta harus dibawah pengawasan ahli. 

Jauh lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis untuk mengecek kondisi tubuh serta kehamilan Anda agar olahraga yang dilakukan aman untuk ibu maupun janinnya. ***

 

Referensi: 

www.healthline.com 


 
Tags:
#hamil  #pilates  #kehamilan 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article