Serba serbi tentang Pre Workout yang wajib kamu tahu!

sfidn.com – Pernah merasa lelah, kurang motivasi, dan lesu saat berolahraga? Dengan membaca artikel ini kamu akan segera mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut! Artikel Serba serbi tentang Pre Workout yang wajib kamu tahu ini akan membahas lebih detail tentang salah satu jenis suplemen olahraga yaitu suplemen pre-workout.

Sebelum membahas lebih jauh tentang suplemen ini, kita akan membahas lebih dulu tentang pre workout secara umum.

 

Suplemen Pre Workout

Untuk memaksimalkan latihan olahragamu, tubuhmu wajib mempunyai performa / tenaga yang mencapai titik tertinggi. Jika bahan bakar tubuhmu kurang, maka dipastikan juga tubuh akan tidak bertenaga,lemah, dan akan lebih cepat merasa lelah daripada keadaan pada umumnya. Suplemen bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, mulai dari bentuk bubuk, pil, makanan, dan lainnya. Suplemen juga mempunyai bahan, efektivitas, dan juga harga yang bervariasi. 

 

Singkatnya, suplemen pre-workout adalah suplemen olahraga yang dikonsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga guna untuk memberikan energi ekstra sehingga performa tubuhmu lebih maksimal saat berlatih. 

Umumnya, suplemen pre workout ini dikonsumsi 30 menit sebelum sesi olahraga dimulai. Teknisnya, saat kamu meminum pre-workout ini akan memberikan suntikan karbo lebih pada tubuh, glukosa pada suplemen pre-workout ini bisa membantu level gula darah meningkat dan menambah energi tambahan selama melakukan aktivitas olahraga.

 

Tips Aman Konsumsi Suplemen Pre Workout

 

 

Suplemen ini diciptakan untuk membantumu melakukan olahraga yang berat, biasanya didalam pre-workout mengandung kafein, gula, dan stimulus energi lainnya. Kandungan tersebut memang tidak terlalu fantastis dalam setiap kemasannya tetapi tetap saja kamu wajib membaca nutrition factsnya sebelum mengonsumsinya.

 

Kafein merupakan kandungan kunci yang wajib diperhatikan karena setiap produk suplemen pre-workout biasanya terdapat kandungan kafein dengan jumlah yang berbeda-beda, dimulai dari level yang ringan sampai kandungan kafein dengan level yang berat (ekstrim). Di level ekstrim kafein, bisa berakibat pada kesehatanmu pastinya.

 

Suplemen pre-workout cenderung lebih aman untuk dikonsumsi oleh pria, efek samping yang mungkin akan kamu rasakan adalah timbul rasa gelisah, gatal, dan tidur terganggu. Jika efek samping tersebut kamu rasakan, kamu disarankan untuk mengonsumsi setengah dosis terlebih dahulu untuk melihat reaksi tubuh terhadap pre-workout tersebut.

 

Bahan-bahan didalam Pre-workout yang wajib diperhatikan

 

1. Creatine Monohydrate

Berpotensi meningkatkan kekuatan dan juga performa otot selama berlatih otot.

 

2. BCAA

Mampu meningkatkan ketahanan selama olahraga dan meningkatkan kekuatan tubuhmu. Caranya adalah dengan menjaga energi sel dan mendukung sintesis protein.

 

3. Taurin

Merupakan asam sulfonat yang berkontribusi terhadap metabolism lemak dan melawan tekanan oksidatif selama melakukan olahraga.

 

4. B-vitamin

Terdiri dari vitamin B1, B2, B5, dan juga B6 mempunyai peran penting dalam produksi dan efisiensi energi. Selain itu juga ada Vitamin B12 yang bisa mendukung produksi darah, Vitamin B3 bermanfaat untuk mendorong perbaikan DNA dan bisa menyehatkan kulitmu.

 

5. NO2-boosters

Salah satu contoh NO2 Boosters adalah Arginin. Arginin bisa memacu nitrogen dioksida dan asam amino yang berperan sebagai vasodilator. Arginin akan memperbesar pembuluh darah dan arteri, membuat aliran darah ke tubuh menjadi lebih lancar. Jika seperti ini, maka aliran nutrisi juga akan lebih cepat dan lebih efisien pastinya. 

 

Kandungan yang disarankan untuk dihindari

Berdasarkan riset yang dipublikasikan pada Food and Chemical Toxicology menyebutkan bahwa 400 mg kafein per hari sudah berada di atas batas konsumsi bagi orang dewasa. 

Perbandingannya : Segelas kopi instan mengandung sekitar 60 hingga 80 mg. Segelas kopi flat white bisa mengandung jumlah kafein yang berbeda. Pada satu kafe bisa saja hanya mengandung sekitar 65 mg kafein, di kafe lainnya bisa saja mengandung sekitar 160 mg kafein. 

 

Pada suplemen Pre-workout juga berlaku demikian, kamu WAJIB membaca nutrition facts dan mengarahkan fokus pada kandungan caffeine didalamnya. 

Selain itu, menurut ahli gizi olahraga Matt Lovell merekomendasikan untuk menghindari suplemen Pre-Workout yang mengandung bahan amfetamin. Kenapa? Karena menurutnya didalam amfetamin dan sejenisnya dimungkinkan terdapat ekstasi / serupa ekstaksi.

 

Waktu terbaik mengonsumsi suplemen Pre Workout
 

Matt Lovell berpendapat bahwa suplemen pre-workout direkomendasikan untuk diminum sekitar 15 hingga 20 menit sebelum olahraga dimulai. Jika sesi olahraganya lebih lama, kamu bisa menundanya sampai 60 menit. 
 

--- Related Article ---

 

Suplemen Pre Workout Alami yang bisa kamu coba


1. Kopi
 

Kopi hitam adalah minuman yang bisa kamu konsumsi untuk memberikan energi tambahan sebelum melakukan olahraga, konsumsi tanpa gula. Tapi ingat, sebelum mengkonsumsi kopi, kamu wajib pastikan perut tidak dalam kondisi kosong ya bro. 

 

2. Pisang
 

Buah pisang adalah buah yang mengandung banyak karbohidrat. 1 buah pisang mengandung kurang lebih sekitar 14 gram gula yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Kedua tipe gula ini sangat ideal untuk performa atletikmu. Selain itu, pisang juga mengandung potassium dan magnesium yang akan menyediakan elektrolit yang cukup untuk tubuhmu. Jika tubuh kekurangan elektrolit akan menyebabkan otot lebih mudah mengalami kram dan  kelelahan otot.

Setiap 1 buah pisang juga mengandung 20 sampai 27 gram karbohidrat yang mampu membantu otot tubuh menjalani latihan yang keras.

 

3. Air Kelapa
 

Didalam air kelapa juga mengandung elektrolit yang sangat tinggi. Mengonsumsi air kelapa bisa membantu menambah cairan elektrolit tubuh, menambah energi sehingga secara langsung akan membantu meningkatkan performa tubuhmu.


 

Nah itu dia artikel tentang Serba Serbi Pre Workout yang wajib kamu ketahui, jika ada pertanyaan atau masih ada yang belum jelas dari penjelasan diatas feel free to ask di kolom komentar ya! Semoga membantu dan semoga target latihanmu bisa tercapai sesuai ekspektasimu! Salam Fitness Indonesia.

 
Referensi
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0278691517301709
  • https://www.coachmag.co.uk/authors/matt-lovell
 
Tags:
#info  #pre workout  #Suplemen Fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail