sfidn - Spoto Press, Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Bench Press

Spoto Press, Latihan untuk Meningkatkan Kekuatan Bench Press

sfidn.com – Spoto Press menyediakan tantangan baru yang cukup sulit sehingga powerlifter dapat melakukan latihan yang lebih intens demi meningkatkan kekuatan Bench Press.

Bagi orang awam, Spoto Press mungkin akan terlihat seperti kesalahan atau teknik yang gagal. Namun, sebenarnya, ini adalah cara untuk melatih dan menghilangkan titik lemah powerlifter saat melakukan Bench Press.

Sebelum berpikiran negatif tentang gerakan Spoto Press, mari kenali jenis latihan ini dan manfaat apa yang ditawarkan serta bagaimana cara melakukannya. Berikut penjelasannya.

 

Apa Itu Spoto Press?

Spoto Press atau yang disebut juga sebagai The Spoto Bench Press merupakan salah satu variasi gerakan Bench Press yang diperkenalkan oleh seorang powerlifter ternama, yakni Eric Spoto.

Eric Spoto sendiri adalah pemegang rekor dunia untuk powerlifting atau angkat beban terberat dalam kategori Bench Press Raw (tanpa menggunakan alat bantu) dengan angka impresif sebesar 722 pounds atau sekitar 327,5 Kg.

Spoto Press bukanlah gerakan resmi dalam powerlifting. Namun, menjadi salah satu metode atau program latihan yang dijalankan oleh Eric untuk meningkatkan kekuatan dan kontrol Bench Press-nya.

Video latihan dan informasi tentang spoto press mulai tersebar luas di komunitas powerlifting setelah Eric memecahkan rekor dunia.

Spoto Press dilakukan dengan cara menurunkan, menghentikan, dan menahan palang barbell sekitar 3-5 cm di atas dada sebelum akhirnya mendorongnya kembali barbell tersebut ke atas. 

Gerakan ini berbeda dengan bench press di mana individu akan mendorong palang terus ke bawah hingga menyentuh dan menempel pada dada sebelum akhirnya mendorong barbell ke atas.

 

Manfaat Berlatih Menggunakan Spoto Press

Jadi, apa sebenarnya manfaat berlatih spoto press jika pada dasarnya memiliki gerakan yang hampir mirip dengan bench press?

Perlu Anda ketahui bahwa perubahan posisi atau pun gerakan sekecil apa pun dalam latihan beban bisa memberikan perbedaan yang cukup signifikan.

Dengan berlatih menggunakan Spoto Press, Anda dapat melatih titik lemah yang sering menyulitkan powerlifter saat melakukan bench press.

Posisi di mana Anda berhenti sejenak saat melakukan Spoto Press adalah area yang sering kali membuat powerlifter gagal mengangkat barbell.

Dengan terus-menerus menahan beban di area tersebut maka Anda bisa memperkuat daya tahan bahu, dada, dan trisep tepat di titik terlemah sehingga nantinya dapat meningkatkan jangkauan gerak dengan lebih baik.

Bench Press mungkin akan lebih mudah daripada Spoto Press karena Anda melibatkan dada untuk menopang beban. Sedangkan di Spoto Press, tidak ada bantuan tambahan dan tentu saja itu akan terasa lebih sulit, kan?

Selain itu, menahan palang tepat sebelum dada akan melibatkan lebih banyak kekuatan trisep dan deltoid depan karena rentang gerak menjadi lebih pendek. Akhirnya, otot-otot tersebut akan mengalami hipertrofi atau peningkatan volume otot menjadi lebih besar dan kuat daripada sebelumnya.

Manfaat lainnya, Spoto Press juga bisa menjadi solusi bagi mereka yang memiliki masalah bahu karena palang tidak harus menyentuh dada namun tetap mampu meningkatkan kekuatan bench press ketika diperlukan, terutama saat mengikuti kompetisi.

 

Bagaimana Cara Melakukan Spoto Press?

Cara Melakukan Spoto Press tidak jauh berbeda dengan teknik Bench Press Tradisional, kecuali menahan palang beberapa sentimeter di atas dada. Berikut langkah-langkahnya:

  • Berbaring di bangku panjang dan sejajarkan mata Anda dengan palang barbel.
  • Pastikan perbatasan paha dan lutut Anda berada di ujung bangku.
  • Kaki harus menapak ke lantai dengan kuat.
  • Genggam palang dengan jarak antara tangan sedikit lebih lebar dari bahu.
  • Dorong dada ke atas sehingga terlihat ada ruang di bawah punggung.
  • Kencangkan otot inti, tekan otot bokong, dan beri tekanan kaki Anda ke lantai.
  • Angkat palang barbell dan bawa ke atas dada.
  • Turunkan palang dan pastikan siku tetap berada di bawah garis bahu.
  • Berhentilah ketika palang sudah sekitar 3-5 cm di atas dada.
  • Berhenti sejenak, setelah itu dorong palang barbel dengan kuat ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan ini 2-4 repetisi.

 

Metode ini telah dibuktikan oleh Eric dan powerlifter lainnya sebagai latihan yang efektif untuk meningkatkan kekuatan bench press. Jadi, jangan ragu untuk mencoba Spoto Press dan memasukkannya ke dalam rutinitas kebugaran Anda. Selamat mencoba.

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • Generation Iron, (2021), How The Spoto Press Can Enhance The Bench Press For Powerlifters
  • Mira Fit, (2023), How To Do The Spoto Bench Press
  • Fitness volt, (2020), Try Spoto Press To Catapult Your Bench Press Strength
  • PowerliftingTechnique.com, (2024), Which Type Of Bench Press Is Harder? (9 Examples)
     

 
Tags:
#Bench Press  #Powerlifting  #powerlifter  #spoto press 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article