sfidn - Sumber Protein Terbaik Untuk Ototmu

Sumber Protein Terbaik Untuk Ototmu

sfidn.com - Dalam program pembentukan tubuh yang atletis dan berotot, protein merupakan suatu asupan yang penting. Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan ataupun suplementasi. Hal tersebut tentunya sudah tidak asing lagi untuk Anda para penggiat fitness. Selain bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi, protein pun sangat bermanfaat dalam pembentukan sel baru, meningkatkan sistem kerja enzim, hormon, imunitas tubuh, dan juga keseimbangan cairan tubuh.

Protein tidak hanya bisa di dapatkan dari suplemen, ada banyak sumber protein nabati dan protein hewani yang bisa dimanfaatkan. Dengan kandungan asam amino yang banyak pada protein hewani memuat berbagai sumber mengatakan bahwa kadar asam amino pada protein hewani lebih banyak. Tapi karena ada banyak kandungan lemaknya, banyak orang yang lebih memilih protin nabati. 

Protein Hewani

Protein terbentuk dari asam amino, beberapa diantaranya ada yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, dan ada juga yang tidak bisa diproduksi tubuh. Asam amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh disebut dengan asam amino essensial. Protein hewani mendung 9 asam amino essensial yang lebih diperlukan oleh tubuh, lebih banyak dibandingkan dengan protein nabati.

Walaupun protein hewani memiliki kandungan lemak yang lebih banyak, namun bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsinya. Memilih daging atau susu yang rendah lemak bisa dijadikan salah satu solusinya. Berikut sumber protein hewani rendah lemak yang bisa Anda konsumsi.

1. Red Meat

Red meat bisa didapat dari daging kambing, sapi atau domba. Dengan kandungan protein, vitamin B12 dan zat besi, red meat bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik. Vitamin B12 didalamnya sangat sulit didapatkan dari tumbuhan. Zat besi didalamnya juga mampu memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh.

2. White Meat

Salah satu contoh kandungan sumber protein white meat adalah daging ayam. Disarankan untuk lebih memilih bagian dada ayam karena kandungan lemak dan kolesterol pada bagian ini tergolong rendah.

3. Ikan

Kita semua tahu bahwa ikan memiliki kandungan protein yang tinggi. Tapi kita tidak perlu khawatir akan kandungan lemak pada ikan. Karena ada beberapa ikan yang memiliki kadar lemak yang rendah seperti ikan gindara. Ada beberapa ikan lainnya yang memiliki kandungan lemak omega 3 yang baik untuk tubuh seperti ikan salmon.

4. Susu dan Olahannya

Susu terdiri dari kandungan 80% protein kasein dan 20% whey protein. Kedua jenis protein ini mampu memaksimalkan setiap program latihanmu. Whey protein merupakan kandungan yang cepat serap sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum berlatih. Sementara itu, protein kasein akan mempertahankan kandungan protein di dalam tubuh karena sifat protein yang slow release.

5. Telur

Telur menjadi sumber makanan protein yang telah banyak dimanfaatkan sejak dulu. Angka Biological Value atau BV yang ada pada telur merupakan yang paling tertinggi diantara sumber protein lainnya, yaitu senilai 100.

6. Ikan Teri

Siapa yang menyangka bahwa makanan rakyat ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Nilai kandungan protein didalamnya bisa mencapai 100%. Selain itu, terdapat juga kandungan kalsium dari ikan kecil ini.

Protein Nabati

Protein nabati terkadang menjadi yang paling banyak dikonsumsi oleh sebagian orang karena tidak adanya kandungan kolesterol dan lemak di dalamnya. Mari kita pelajari beberapa jenis sumber protein nabati.

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai menjadi salah satu yang memiliki banyak penggemar. Selain karena harganya yang terjangkau, kacang kedelai juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cocok untuk mereka yang alergi susu sapi. Selain itu, kandungan lain yang terdapat dalam kacang kedelai adalah antioksidan.

8. Kacang-Kacangan

Kacang ternyata tidak hanya memiliki kandungan protein yang banyak, namun juga memiliki kadar protein yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir akan kadungan lemak pada kacang, karena lemak kacang merupakan jenis lemak yang baik untuk jantung. Namun, Anda tetap perlu takaran dalam mengonsumsi kacang.

--- Related Article ---

9. Biji-bijian

Grains atau biji-bjian terkenal akan kandungan karbohidrat yang tinggi. Salah satu sumber makanan biji-bijian adalah gandum. Selain karbohidrat yang tinggi, ternyata biji-bijian tersebut juga menyimpan protein sebanyak 9%. Tapi tetap tidak boleh mengonsumsi biji-bijian dalam jumlah yang tidak wajar terlebih lagi untuk Anda yang sedang menjalankan diet karbo.

10. Peas

Polong-polongan atau peas memang bukanlah termasuk sayur yang biasa dikonsumsi oleh orang masyarakat kita. Namun, sayuran ini bisa dijadikan sebagai makanan variasi diet Anda karena adanya kandungan protein, serat, vitamin dan mineral didalamnya.

Lalu timbulah pertanyaan, mana yang sebaiknya dikonsumsi? Maka para ahli biasanya akan menjawab balanced nutrition.  Seimbangkanlah konsumsi dari kedua jenis sumber protein diatas. Karena nutrisi lain yang terdapat dalam kedua jenis sumber protein diatas sangat dibutuhkan oleh tubuh. Semoga artikel ini bisa membantu program  nutrisi harianmu.


 
Tags:
#protein  #nutrisi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article