sfidn - Tanda Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Tanda Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

sfidn.com – Beberapa tanda-tanda tubuhmu kekurangan nutrisi salah satunya adalah merasakan kelelahan yang konstan dan juga kelemahan pada otot tubuhmu. Selain itu, masih ada beberapa tanda lainnya yang wajib kamu ketahui pastinya. Apa saja tanda tubuh jika mengalami kekurangan nutrisi tersebut? Baca sampai selesai artikel kami dibawah ini.
 

Tanda tubuh kurang nutrisi

 

1.    Kuku dan rambut gampang patah / rapuh

Penyebabnya adalah kurangnya protein didalam tubuhmu. Protein didalam tubuh berada di tulang, otot ,kulit, rambut dan juga kuku. Jika kamu mulai kekurangan kandungan protein, maka akan timbul gejala pada bagian kuku, rambut, dan kulitmu. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi protein hewani seperti daging ayam tanpa lemak, ataupun sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, buncis,jamur, tahu, dan gandum.

 

2.    Kelelahan otot

Kelelahan otot secara berkelanjutan, saat bangun tidur mengalami kelelahan dan merasa lemah, hal ini disebabkan dikarenakan tubuh kekurangan magnesium. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond, kacang tanah, biji labu, biji bunga matahari, dan kakao.

 

3.    Munculnya ruam pada kulit

Penyebabnya bisa karena kekurangan zinc. Ini akan menyebabkan masalah alergi yang berdampak negative pada kulit tubuhmu. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan makan makanan yang mengandung zinc seperti tiram, daging sapi, ayam, kacang, buncis, jamur, dan sayur bayam.
 

--- Related Article ---

4.    Gusi berdarah dan luka susah sembuh

Hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin C. Solusinya adalah dengan konsumsi makanan  / minuman yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk, dan sumber vitamin C lainnya.
 

5.    Naiknya berat badan secara tidak normal

Jika tiba-tiba berat badanmu naik, kemungkinan tubuhmu sedang kekurangan yodium. Yodium merupakan zat yang mengontrol metabolism tubuh, sehingga saat kamu kekurangan yodium maka tubuhmu akan membakar lebih sedikit kalori dan menyimpan lemakmu. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan yodium didalamnya, seperti rumput laut, ikan laut, kerang, dan garam beryodium.


Itu dia beberapa tanda-tanda tubuh jika kekurangan nutrisi, pastikan nutrisi tubuhmu selalu tercukupi dengan nutrisi sehat & bergizi. Imbangi kandungan karbohidrat,protein,vitamin,kalsium tubuh dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kandungan tersebut.
 


 
Tags:
#nutrisi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article