sfidn - Teh Hitam vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Nikmat?

Teh Hitam vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Sehat dan Nikmat?

sfidn.com – Teh menjadi salah satu minuman yang digemari di seluruh dunia karena cita rasanya yang nikmat serta manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Dua jenis teh yang paling banyak menjadi sorotan adalah teh hitam dan teh hijau. Keduanya sama-sama dikenal memiliki khasiat yang menakjubkan.

Kira-kira, jenis teh mana yang lebih nikmat dan lebih sehat? Ayo cari tahu jawabannya dalam artikel berikut ini.

 

Proses Produksi Teh Hitam dan Teh Hijau

Teh hitam dan teh hijau berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinensis tetapi melalui proses produksi yang berbeda sehingga memengaruhi karakteristik, cita rasa, dan kandungan nutrisinya.

Pembuatan teh hitam melibatkan proses oksidasi setelah mereka dipetik. Ini artinya, daun teh dibiarkan terpapar udara dalam jangka waktu tertentu sehingga terjadi perubahan warna dari hijau ke coklat tua. 

Oksidasi ini menghasilkan senyawa-senyawa unik, seperti theaflavin dan thearubigin yang memberikan rasa dan aroma yang khas pada teh hitam rasa, seperti malt, buah-buahan, dan smoky.

Sebaliknya, teh hijau tidak mengalami proses oksidasi. Daun teh akan dipanaskan secepatnya setelah dipanen untuk mencegah oksidasi enzimatik. Ini dilakukan untuk mempertahankan warna hijau alami serta mempertahankan lebih banyak senyawa polifenol, terutama EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang bagus untuk kesehatan.

 

Perbedaan Rasa dan Aroma

Teh Hitam memiliki rasa yang kuat dan kompleks, seperti rasa manis hingga gurih, tergantung pada lamanya proses oksidasi. Aromanya bernuansa buah-buahan, bunga, atau rempah-rempah sehingga cocok bagi Anda yang suka dengan bau teh yang menyengat.

Teh Hijau memiliki profil rasa yang lebih ringan dan segar dengan nuansa rumput, sayuran, dan bunga. Teh ini sering dipilih oleh mereka yang lebih suka dengan minuman yang ringan dan menyegarkan.

 

Baca Juga:

 

 

Kandungan Nutrisi pada Teh Hitam dan Teh Hijau

Kandungan kafein dalam teh hitam lebih tinggi dibandingkan teh hijau. Satu cangkir teh hitam mengandung sekitar 47 mg kafein, sedangkan satu cangkir teh hijau hanya mengandung sekitar 30 mg kafein.

Meski kandungan kafeinnya lebih rendah tapi teh hijau memiliki kandungan L-theanine dan asam amino yang dapat meningkatkan fokus serta meredakan kegelisahan akibat kafein. 

Kandungan antioksidan pada teh hijau juga lebih tinggi daripada teh hitam. Teh hijau kaya akan katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan kuat. Proses oksidasi yang lebih sedikit pada jenis teh ini juga membantu mempertahankan tingkat katekin.

Sebaliknya, teh hitam mengalami proses fermentasi yang lebih lama sehingga mengubah katekin menjadi theaflavin dan thearubigin. Meskipun kedua senyawa ini juga memiliki sifat antioksidan tapi tingkat antioksidannya lebih rendah dibandingkan dengan katekin dalam teh hijau.

 

Manfaat Teh Hitam dan Teh Hijau

Pada dasarnya, teh hitam maupun teh hijau, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang hampir sama, yaitu:

  • Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan dan sel tubuh
  • Memberi perlindungan dari penyakit jantung
  • Menurunkan risiko kanker
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Kandungan kafeinnya dapat meningkatkan konsentrasi dan mengurangi kegelisahan 

 

Teh Mana yang Lebih Bagus untuk Dikonsumsi?

Antara teh hitam dan teh hijau, manakah yang lebih bagus untuk dikonsumsi? Jawabannya, tergantung pada preferensi rasa dan tujuan pengonsumsian.

Jika Anda menyukai rasa dan aroma teh yang kuat maka teh hitam cocok untuk Anda. Sedangkan jika Anda lebih suka dengan rasa dan aroma teh yang lebih ringan maka pilihlah teh hijau. 

Kalau berorientasi pada Kesehatan, teh hijau bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena mengandung antioksidan yang tinggi. Namun, jika Anda mencari stimulasi kafein yang lebih tinggi, teh hitam lebih tepat untuk dikonsumsi.

 

Teknik Menyeduh Teh Hitam dan Teh Hijau yang Tepat

Cara menyeduh teh hitam yang tepat, yaitu dengan merebus air hingga 212°F (100°C) dan merendam daun teh selama 3-5 menit untuk menghasilkan rasa yang paling kuat dan beraroma.

Untuk teh hijau, sebaiknya diseduh dengan air yang lebih dingin, sekitar 175-185°F (80-85°C) selama 2-3 menit untuk mempertahankan kualitas rasa dan manfaat kesehatannya.

 

Kesimpulan

Teh hitam dan teh hijau memiliki karakteristik yang unik mereka. Pilihan terbaik tergantung pada preferensi, tujuan kesehatan, dan apa yang Anda cari dari secangkir teh. Cobalah kedua jenis teh ini untuk menemukan jenis teh mana yang paling cocok dengan selera Anda.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#teh hijau  #teh hitam 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article