sfidn - Tingkatkan Fokus & Mood dengan L-Tyrosine

Tingkatkan Fokus & Mood dengan L-Tyrosine

sfidn.com - L-tirosin adalah asam amino dengan beberapa manfaat yang luar biasa untuk otak, suasana hati, pemulihan rasa stres, dan masih banyak lagi.

Dengan mengonsumsi banyak kandungan tirosin, melalui makanan ataupun dari suplemen, maka Anda akan merasakan sendiri perubahan besar yang terjadi pada fungsi otak Anda. Hal tersebut terjadi karena tirosin merupakan suatu prekursor bagi beberapa neurotransmiter terpenting didalam otak. Otak Anda selanjutnya akan membagi tirosin kedalam tiga neurotransmiter utama, yaitu:

  • Dopamin, untuk suasana hati dan motivasi
  • Norepinefrin, untuk pemulihan otot dan aliran darah
  • Adrenalin, untuk fokus

Saat Anda sedang dalam posisi di bawah tekanan mental ataupun fisik, bisa diartikan cadangan neurotransmitter Anda mulai menipis. Namun, jika kandungan tirosin dalam aliran darah Anda banyak, maka cadangan neurotransmitter akan terus terisi, dan memungkin Anda untuk bisa fokus dan tenang lebih lama.

Karena tyrosin mampu mengaktifkan berbagai senyawa kimia yang berada di jaringan otak utama, maka tirosin akan mampu memberikan banyak manfaat dengan beragam cara. Mari kita ulas manfaat tersebut.

Manfaat L-tirosin

Meredakan Stres dan Bantu Meningkatkan Fokus Otak

Tubuh dan pikiran yang stress akan mampu menguras banyak cadangan norepinefrin otak Anda sehingga akan berdampak pada ingatan, fokus, dan proses berpikir Anda. Tirosin mampu membantu Anda ketika melakukan banyak kegiatan yang menguras mental Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghadapi segala masalah dan tantangan tanpa kelelahan.

Tirosin Meningkatkan Suasana Hati dan Dapat Meredakan Depresi

Dengan dosis yang tepat, Tirosin dapat diubah menjadi hormon dopamin, suatu neurotransmitter yang mampu mengendalikan tingkat kesenangan dan motivasi seseorang. Hormon dopamin juga mampu mempengaruhi serotonin yang keduanya berperan besar dalam mengatur suasana hati.

Beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan pengerat menunjukan bahwa tirosin mampu memperbaiki gejala depresi yang disebabkan oleh stress pada penderita stressor kronis. Oleh karena itu, tidak ada efek samping ataupun resiko dari penggunaan tirosin. Jadi, jika Anda tertarik untuk meningkatkan suasana hati Anda, tirosin menjadi pilihan yang patut di coba.

--- Related Article ---

Sumber L-Tirosin, Efek Samping dan Cara Konsumsi

Anda bisa menemukan kandungan tirosin dari beberapa makanan seperti ayam, kalkun, ikan, dan juga keju. Namun, jika Anda menginkan manfaat lebih dari tirosin, Anda bisa mendapatkannya dari suplemen. Tyrosin yang berasal dari suplemen atau yang telah melalui proses penyaringan akan tersintesis melalui neurotransmitter. Sementara, tirosin yang berasal dari sumber makanan akan mengendap di serat-serat otot bersama semua asam amino di dalamnya. Untungnya, Anda bisa mendapatkan suplemen tirosin dengan harga yang terjangkau dengan ranpa efek samping. Bahkan masih aman diminum hingga 3x dalam sehari dengan takaran yang banyak. Untuk itu, pastikanlah Anda hanya mengonsumsi 100% tirosin murni, berkualitas dengan tanpa adanya bahan pengawet, pewarna dan berbagai bahan tidak berguna lainnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara meningkatkan fokus dan mood dengan L-tirosin. Jika masih bingung atau memliki pertanyaan perihal penjelasan diatas, Anda bisa berdiskusi atau bertanya langsung dengan personal trainer kami pada fitur live chat di bawah,  Forum Fitness Indonesia atau langsung bergabung di channel grup diskusi kami di  bit.ly/SFIDNchatnow. 

Referensi

  1. Andrew Weil, M.D. (2019). “Tyrosine: Good Supplement For Depression?” https://www.drweil.com/vitamins-supplements-herbs/supplements-remedies/tyrosine-good-supplement-for-depression/
  2. Am J Clin Nutr. (2000). “Can nutrient supplements modify brain function?” https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10837313
  3. Alan J. Gelenberg, Candace J. Gibson (1984) “Tyrosine for the Treatment of Depression” https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/026010618400300305
  4. “Tyrosine: Benefits, Side Effects and Dosage” https://www.healthline.com/nutrition/tyrosine
  5. Simon N. Young, (2007) “L-Tyrosine to alleviate the effects of stress?” https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1863555/
  6. Kurtis Frank “The Definitive Guide to L-Tyrosine Supplementation” https://legionathletics.com/l-tyrosine/

 
Tags:
#nutrisi  #suplemen 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article