sfidn - Tips latihan kalistenik untuk pemula

Tips latihan kalistenik untuk pemula

sfidn.com – Tips Latihan Kalistenik ( Calisthenics Training ) untuk Pemula. Latihan kalistenik adalah jenis latihan yang hanya memanfaatkan berat badan untuk melatih otot tubuh. Tujuannya untuk membentuk otot dan kekuatan yang lebih optimal lagi. Latihan kalistenik hampir sama sekali tidak membutuhkan alat yang rumit dan mahal, salah satu perlengkapan yang dibutuhkan hanyalah sebuah pull up bar, kamu bisa mendapatkan alat tersebut di taman bermain / taman olahraga public disekitar tempat tinggalmu.
 

Dasar Latihan Kalistenik
 

1. Pilihlah Program latihan sesuai dengan kemampuanmu

Gerakan dan volume latihan kalistenik mempunyai level kesulitan berbeda, dimulai dari level dasar hingga level advance. Mulailah dari gerakan sederhana dan kuasai gerakan tersebut. Setelah itu baru lakukan gerakan lainnya yang lebih kompleks lagi.

 

2. Tinggalkan latihan isolasi dan latihan split

Latihan kalistenik merupakan tipe latihan compound yang mana akan tinggalkan dasar latihan split tradisional. Daripada melakukan latihan split / isolasi untuk otot tertentu, direkomendasikan untuk menentukan latihan berdasarkan bagian tubuh atau kelompok gerakan yang lebih spesifik

 

Latihan kalistenik untuk pemula


1. Latihan Push Up Handstand


Mulailah dengan posisi push up dilanjutkan dengan melontarkan kedua kaki keatas kearah tembok ( lihat video diatas ), selanjutnya lakukan push up naik turun sebanyak yang kamu bisa .

 

2. Latihan Push up


Latihan push up akan banyak dilakukan pada latihan kalistenik, push up sangat membantu tingkatkan core powermu. Pastikan punggungmu selalu ada dalam kondisi lurus, jangan lupa agar tetap jaga lenganmu selebar bahu, naik dan turunkan badanmu ( lihat video diatas ).

 

3. Latihan Assisted Pistol Squat


Latihan Assisted Pistol Squat merupakan latihan yang baik untuk mengukur keseimbangan total tubuh dan kekuatan core. Cukup sulit dilakukan oleh pemula, tetapi tetap bisa kamu lakukan bro. Lihatlah video diatas dan coba lakukan sendiri.
 

--- Related Article ---

4. Latihan Dip

 

Latihan Dip merupakan gerakan terbaik untuk melatih otot tricepmu. Carilah bdaing yang kuat fan juga datar. Contohnya adalah bangku panjang, posisikan lenganmu di kanan kiri pinggang. Regangkan kakimu dan geser pinggangmu turun dar bangku sehingga berat tubuhmu bertumpu pada tangan.tekuklah siku sehingga tubuhmu berada pada posisi yang lebih rendah, luruskan sikumu. Kamu bisa lengkungkan dada untuk memberikan latihan yang lebih pada otot tricepmu.

 

5. Latihan Pull up

 

Latihan pull up mempunyai kesulitan menengah. Latihan ini akan membuat ototo bicep dan otot punggungmu lebih besar, kekar, dan lebih kuat lagi. 

 

Nah itu dia penjelasan singkat tentang kalistenik dan juga tips latihan kalistenik untuk pemula yang wajib diketahui, setelah membaca artikel diatas, apakah tertarik untuk mencobanya bro? Selamat berlatih dan salam fitness Indonesia!

 

 
Tags:
#Kalistenik  #pemula 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article