sfidn - Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Ribet Menghitung Asupan Kalori

Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Ribet Menghitung Asupan Kalori

sfidn.com - Manfaat tentang menghitung asupan porsi makanan mungkin telah Anda ketahui melalui banyak artikel yang sudah tersebar di internet. Bagi mereka yang memiliki niat juang tinggi, cara ini sangatlah ampuh untuk menurunkan berat badan mereka. Namun, jika Anda masih membaca artikel ini, mungkin Anda adalah salah satu orang yang kurang menyukai cara semacam itu. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa memiliki berat badan yang ideal dengan tanpa harus ribet-ribet menghitung asupan makanan Anda.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah mengontrol rasa lapar, memangkas kalori di dalam tubuh, dan mengonsumsi lebih sedikit makanan dengan menghitung asupan makronutrien seperti beberapa orang diatas, namun tanpa perlu menimbangnya. Jika Anda mampu menginmbanginya dengan latihan yang tepat, maka beberapa tips ini bisa membuat Anda sukses dalam menurunkan berat badan dengan tanpa harus ribet-ribet menghitung asupan Kalori.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Air merupakan hal penting untuk Anda yang sedang malakukan diet. Seperti kita ketahui, bahwa perut kita akan terasa kenyang dengan ukuran volume massa yang masuk ke dalam perut, bukan jumlah kalorinya. Nah, air bisa membantu Anda menjaga porsi makan dan membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh karena itulah, disarankan agar Anda meminum segelas air putih 10-15 menit sebelum mengonsumsi makanan, sehingga Anda bisa mengurangi jumlah asupan kalori yang hendak Anda makan. Bagaimana kalau lapar lagi? Jangan terberu-buru untuk menyantap cemilan, mungkin tubuh Anda hanya merasakan haus, cobalah untuk minum segelas air putih. Bila air sudah bisa bikin kenyang, untuk apa ngemil lagi. Disarankan untuk meminum 2-3 liter air putih setiap hari, Anda bisa tambahkan sesuai dengan latihan yang sedang Anda lakukan.

2. Tidak Mengonsumsi Minuman Manis

Inilah saatnya bagi Anda untuk berhenti meminum segala jenis minuman manis. Sebab, minuman manis bisa memasok kalori tersembunyi dalam jumlah yang besar. Mungkin Anda merasa bahwa air putih melulu sangat membosankan. Biar tetap semangat, Anda bisa menambahkan satu scoop suplemen BCAA, membuat infused water dengan beragam buah-buahan yang direndam dalam teko atau pitcher selama semalam, atau mencampurkan air putih dengan teh herbal. Beberapa saran ini tetap harus diperhatikan jumlahnya, karena tetap terdapat kandungan kalori di dalam minuman buatan ini.

3. Mengukur Porsi dengan Tangan

Anda tidak perlu membawa timbangan makanan Anda, karena tangan Anda pun masih bisa dijadikan sebagai alat ukur sederhana untuk mendapatkan porsi makanan sehat.

  • Satu Telapak Tangan Penuh Protein

Setiap kali makan, ambilah minimal satu telapak tangan penuh sumber protein Anda. Pastikan juga sumber protein itu bebas lemak, dan berasal dari hewani ataupun nabati sehingga kebutuhan asam amino esensial tubuh bisa tetap terpenuhi.

  • Sekepal Tengan Karbohidrat

Manfaatkan kepalan tangan Anda untuk mengukur banyaknya karbohidrat tinggi serat yang Anda konsumsi, khususnya saat sebelum maupun setelah latihan. Untuk makanan yang jauh dari jadwal latihan, Anda bisa mendapatkannya dari sayuran sebanyak kepalan tangan Anda.

  • Dua Kepal Sayuran

Untuk asupan serat tubuh, Anda bisa mengambil 1-2 kepal sayuran setiap kali hendak makan. Jika masih terasa lapar, Anda bisa mengambil satu kepalan sayuran lagi untuk dijadikan camilan saat sedang santai.

  • Dua Jempol Lemak

Untuk berbagai sumber lemak cair, Anda bisa mengambil dua jempol tangan sebanyak 3-4 kali sehari, seperti mangambil 2 jempol minyak mentega untuk bahan masakan, khususnya saat tidak sedang berlatih. Untuk lemak solid seperti kacang ataupun biji-bijian, Anda bisa menghitung berdasarkan jumlah per porsinya.

--- Related Article ---

4. Memilih Sumber Makanan Padat nutrisi

Mengonsumsi makanan yang padat akan nutrisi mampu membantu tubuh dalam membakar banyak kalori. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengganti memilih sumber makanan padat nutrisi contohnya adalah:

  • Mengganti kentang dengan kembang kol
  • Mengganti mayones dengan grek yogurt
  • Mengganti tepung gandum dengan tepung almond
  • Menggati telur utuh dengan putih telur
  • Dan mengganti kentang goreng dengan sayuran goreng

Selain kaya akan vitamin dan mineral, makanan padat nutrisi ini umumnya memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu membantu tubuh kenyang lebih lama.

Dengan beberapa cara diatas, Anda tidak perlu ribet-ribet lagi dalam menghitung asupan kalori Anda, selamat mencoba.

 


 
Tags:
#diet  #defisit kalori  #rendah kalori  #Bakar kalori 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article