Top 5 Suplemen BCAA (Branched-Chain Amino Acid)

sfidn.com - Asam amino terdiri dari ratusan jenis, namun asam amino yang sangat terkenal di kalangan para atlet angkat besi dan fitness mania adalah asam amino rantai bercabang, atau Branched-Chain Amino Acid (BCAA).  BCAA adalah sekelompok asam amino esensial yang terdiri dari leusin, isoleusin, dan valin. Pada umumnya, suplemen BCAA dikonsumsi untuk membantu meningkatkan perkembangan massa otot dan juga meningkatkan performa dalam berlatih. Asam amino ini juga mampu mengurangi rasa lelah setelah berlatih, mengurangi nyeri otot, menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, bahkan terbukti mampu mengurangi komplikasi penyakit liver.

 

Sumber makanan alami yang memiliki kandungan BCAA bisa ditemukan pada makanan kaya protein, seperti daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dll. Disisi lain, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen BCAA untuk bisa memenuhi kebutuhan BCAA yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu perkembangan otot yang maksimal. Dalam memilih suplemen BCAA, para ahli telah sepakat dan menganjurkan untuk memilih rasio suplemen BCAA 2:1:1. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition tahun 2008 menunjukkan bahwa memilih suplemen dengan rasio 2:1:1 mampu menstimulasi protein sintesis yang lebih baik daripada memilih rasio yang lebih tinggi. Oleh karenanya, rasio BCAA 2:1:1 akan lebih baik untuk mengaktifkan protein sintesis daripada rasio 4:1:1, 10:1:1, 3:1:1, dll.

 

Agar Anda bisa lebih mudah lagi dalam memilih suplemen BCAA yang tepat, kami telah melakukan penelitian terhadap 5 produk BCAA dan menempatkannya pada 5 suplemen BCAA terbaik. Penilaian ini dilakukan dengan cara melihat seluruh kandungan yang di tawarkan oleh produk BCAA, lalu memperhitungkan rasio dan kemurniaan suplemen BCAA dengan rumus perhitungan total asam amino dibagi total jumlah per scoop.

 

1. Mutant BCAA 9.7

Alasan kami menempatkan Mutant BCAA 9.7 di peringkat pertama adalah karena Mutant BCAA 9.7 memiliki tingkat kemurnian yang paling tinggi (85%) dan memiliki kandungan total asam amino tertinggi, yaitu sebanyak 9,7 gr yang di dalamnya terdapat kandungan BCAA terbanyak yaitu 7,2 gr per 11,4 gr scoop nya. Rasio BCAA-nya pun cukup baik, yaitu 2:1:1 dengan tingkat kemurnian hingga 85% yang di dapat dari hasil perhitungan 9,7 dibagi 11,4. Kandungan asam amino ini akan membuat otot Anda semakin siap untuk menjalani berbagai jenis latihan fisik. Selain itu, Mutant BCAA 9.7 juga memiliki delapan elektrolit tambahan untuk menjaga hidrasi otot Anda agar tetap maksimal dan tidak cepat Lelah. Dengan adanya BioPerine, seluruh nutrisi di dalam Mutant BCAA dapat diserap dengan lebih cepat dan mudah.  Ketiga alasan tersebut membuat Mutant BCAA 9.7 ini menjadi ranking 1 dalam penelitian kami. Ditambah lagi Mutant BCAA 9.7 berasal dari Kanada yang memiliki food safety terbaik dunia, dan diproduksi oleh pabrik milik sendiri (FitFoods) sehingga kualitasnya lebih terjaga dan harganya per porsinya pun lebih rendah daripada suplemen BCAA lainnya. Berikut ini adalah informasi nilai gizi singkat dari Mutant BCAA 9.7 dalam setiap porsinya:

  • Scoop = 11,4 gr
  • BCAA Ratio = 2:1:1
  • BCAA = 7,2 gr
  • Asam amino = 2,5 gr
  • Kelebihan = 2,5 gr amino
  • Tempat membeli = sfidn.com

Beli Sekarang

 

2. Scivation Xtend BCAA

Di peringkat kedua, terdapat Scivation Xtend BCAA yang memiliki jumlah total BCAA sebanyak 7 gr dengan rasio 2:1:1 dan tambahan asam amino glutamin sebanyak 2,5 gr. Jadi, jumlah asam amino secara keseluruhan dari Scivation Xtend BCAA adalah 9,5 gram per 13 gram scoopnya. Bagaimana dengan tingkat kemurniannya? Jika kita kalkulasi, maka tingkat kemurnian dari BCAA nya adalah 73% dari hasil perhitungan 9,5 dibagi 13. Dengan jumlah BCAA dan tingkat kemurnian tersebut, Scivation Xtend BCAA masih menjadi salah satu suplemen BCAA yang paling populer. Terlebih lagi dengan adanya tambahan sitrulin yang mampu membantu meningkatkan produksi energi guna menghindari efek katabolisme otot yang terjadi selama dan sesudah berlatih. Scivation Xtend BCAA juga tersedia dalam berbagai varian rasa yang nikmat. Berikut ini adalah informasi nilai gizi singkat dari Scivation Xtend BCAA dalam setiap porsinya:

  • Scoop = 13 gr
  • BCAA Ratio = 2:1:1
  • BCAA = 7 gr
  • Glutamin = 2,5 gr
  • Kelebihan = 1 gr sitrulin
  • Tempat membeli = sfidn.com

Beli Sekarang

 

3. MusclePharm BCAA 3:1:2

MusclePharm BCAA 3:1:2 memiliki kandungan BCAA murni yang tidak kalah dari 2 brand sebelumnya, namun kami tempatkan pada posisi ke 3 karena suplemen BCAA ini tidak dilengkapi dengan asam amino dan keuntungan-keuntungan lain yang dimiliki kompetitornya. Terlebih lagi, suplemen ini juga hadir dengan rasio BCAA 3:1:2 yang kurang efisien jika merujuk penelitian para ahli. Bila dibandingkan harga 7 gr BCAA pada kompetitor lain, maka MusclePharm BCAA 3: 1: 2 memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Mutant BCAA 9.7 dan juga Scivation Xtend BCAA. Namun, MusclePharm BCAA 3:1:2 masih terbilang efektif dalam mengurangi kerusakan jaringan otot, dan juga membentuk otot tubuh tanpa lemak. Berikut ini adalah informasi nilai gizi singkat dari MusclePharm BCAA 3:1:2  dalam setiap kapsulnya:

  • Jumlah Kapsul per sajian = 8 kapsul
  • BCAA Ratio = 3:1:2
  • BCAA = 6 gr
  • Tempat membeli = sfidn.com

Beli Sekarang

 

4. Mucletech Platinum BCAA

Muscletech Platinum BCAA memiliki rasio 8:1:1 dengan jumlah kandungan total BCAA sebanyak 1000 mg yang artinya hanya 1 gram BCAA saja. Tentunya angka ini jauh lebih rendah dari para kompetitornya yang memiliki kandungan total BCAA hingga 7,2 gram. Mereka mengklaim bahwa tingkat kemurnian dalam tiap tabletnya adalah 100%, namun karena suplemen ini hadir dalam bentuk tablet, maka kami kesulitan dan tidak bisa memastikan tingkat kemurniannya. Terlebih lagi, jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya yang memiliki kandungan 7 gr BCAA per serving nya. Jika kita perhatikan saran penyajiannya pun mereka menganjurkan untuk mengonsumsi 1-2 kapsul sebanyak 5 kali sehari, yang artinya Anda dianjurkan mengonsumsi 5-10 gr BCAA. Berikut ini adalah informasi nilai gizi singkat dari Mucletech Platinum BCAA dalam setiap kapsulnya:

  • Jumlah Kapsul per sajian = 1-2 kapsul 5 kali sehari
  • BCAA = 1 gr
  • Tempat membeli = sfidn.com

Beli Sekarang

 

 

5. BPI Best BCAA

BPI Best BCAA dibuat oleh Produsen BPI sport, yang memiliki kandungan 5 gram BCAA per 10 gr serving dengan rasio 2:1:1, dan dikombinasikan dengan 1 gram CLA matrix dan agmatine. Formula unik ini membuatnya mampu di cerna lebih mudah oleh tubuh, dan mampu membantu dalam pembentukan otot serta menurunkan berat badan. Namun, tingkat kemurniannya hanya menyentuh 50% saja dan harganya pun lebih mahal. Salah satu kelebihan produk ini adalah dengan adanya 1gr CLA matrix yang dapat membantu anda menurunkan berat dan meningkatkan massa otot.  Berikut ini adalah informasi nilai gizi singkat dari BPI Best BCAA dalam setiap servingnya:

  • Scoop = 10 gr
  • BCAA Ratio = 2:1:1
  • BCAA = 5 gr
  • Kelebihan = 1 gr CLA Matrix
  • Tempat membeli = sfidn.com

Beli Sekarang

 

Itulah ke-5 produk suplemen BCAA terbaik versi sfidn berdasarkan tingkat kemurnian, rasio, dan keuntungan kandungan lainnya yang terdapat dalam semua produk. Tertarik mencoba salah satunya? Jika tertarik, Anda bisa langsung membelinya dengan klik fitur link yang sudah tersedia pada artikel diatas. Atau jika Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan menggunakan fitur live chat atau melalui fitur chat Whatsaap Messenger yang sudah tersedia. Terimakasih.

 

Common Questions

 

Q : Apa sih Bedanya Suplemen Amino dan Suplemen BCAA?

A : Baca artikel "Perbedaan Suplemen Amino dan Suplemen BCAA"

 

Q : Suplemen BCAA Ada Efek Sampingnya Gak?

A : Baca Artikel "Efek Samping BCAA"

 

Q : Berapa Banyak sih Dosis yang Disarankannya?

A : Baca Artikel "Dosis Aman Konsumsi BCAA"

 

Q : Artikelnya kurang lengkap, min. Aku mau baca yang lebih lengkapnya lagi dong

A : Penjelasan BCAA yang lebih lengkap bisa Anda baca DISINI

Tags:
#bcaa  #suplemen bcaa 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail