sfidn - 12 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Bantu Penuhi Nutrisi Harian

12 Buah yang Mengandung Protein Tinggi, Bantu Penuhi Nutrisi Harian

sfidn.com – Jangan salah sangka, beberapa buah juga ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. 

Buah seperti jambu, durian, kelapa, nangka, dan beberapa jenis lainnya punya kandungan protein yang bisa mendukung kesehatan dan kebugaran tubuh.

Yuk, cari tahu buah apa saja yang memiliki kandungan protein paling tinggi di antara buah-buahan lainnya dan berapa besar kadarnya melalui artikel berikut ini. 

 

12 Buah yang Mengandung Protein Tinggi

Protein adalah salah satu komponen penting yang berperan dalam pembentukan sel, jaringan, dan enzim tubuh. 

Seringkali, kita berpikir bahwa protein hanya dapat ditemukan pada produk hewani. Namun ternyata, kita bisa menemukannya pada buah tertentu meski kadarnya tidak terlalu tinggi. Berikut … buah yang mengandung protein: 

 

1. Markisa

Markisa atau passion fruit adalah buah tropis yang memiliki rasa manis dan asam. Setiap buah markisa mengandung sekitar 2 gram protein yang menjadikannya salah satu buah dengan kandungan protein yang relatif tinggi.

 

2. Kelapa

Kelapa adalah buah yang serbaguna karena tidak hanya mengandung kalori, vitamin, dan mineral tapi juga dagingnya kaya akan serat dan protein. Satu cangkir (277 gram) daging kelapa tua mengandung sekitar 10 gram protein.

 

3. Cempedak

Cempedak adalah buah yang mirip dengan Nangka dan masih saudara jauh dari durian. Buah ini pun mengandung jumlah protein yang cukup baik, yaitu sekitar 3 gram protein per 100 gram buah.

 

4. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang menyegarkan dan kaya akan vitamin C. Meskipun tidak banyak tapi jambu biji mengandung sekitar 2 gram protein per cangkir atau sekitar 227 gram. 

 

--- Related Article ---

 

5. Durian

Durian sering disebut sebagai "raja buah" karena rasanya yang khas. Buah ini juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi, yaitu sekitar 4 gram protein per cangkir. 

 

6. Buah Naga Merah

Memang tidak terlalu banyak tapi buah naga merah atau pitaya mengandung sekitar 1 gram protein per cangkir. Selain itu, naga merah mengandung serat dan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh Anda. 

 

7. Nangka

Nangka adalah buah tropis yang mengandung sekitar 2-3 gram protein per 100 gram buah. Nangka juga kaya akan serat yang akan menyehatkan saluran pencernaan Anda. 

 

8. Srikaya

Srikaya atau yang dikenal juga sebagai custard apple, mengandung sekitar 2 gram protein per buah. Buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut.

 

9. Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat kaya akan lemak sehat dan serat. Mereka juga mengandung sekitar 2 gram protein per buah yang berukuran sedang.

 

10. Kiwi

Buah kiwi mengandung sekitar 2 gram protein per buah. Selain itu, kiwi adalah sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

 

11. Blackberry

Blackberry mengandung sekitar 2 gram protein per cangkir. Mereka juga mengandung serat dan antioksidan. Konsumsi buah ini setiap hari untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda serta memperbaiki sel yang rusak. 

 

12. Peach

Peach adalah buah yang lezat dengan sekitar 1 gram protein per buah. Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari kandungan lainnya, seperti vitamin C dan vitamin A. 

 

Meskipun buah-buahan tidak memiliki kandungan protein sebanyak produk hewani tapi tetap bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Terlebih lagi, variasi makanan yang beragam tidak akan membuat Anda bosan. 

Teruslah memperhatikan kebutuhan protein harian Anda dan pastikan untuk mencukupinya melalui berbagai makanan yang sehat agar kebugaran tetap terjaga. ***
 


 
Tags:
#protein  #buah  #buah naga 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article