sfidn - 5 Latihan dengan Resistance Band yang Bisa Dilakukan di Rumah

5 Latihan dengan Resistance Band yang Bisa Dilakukan di Rumah

sfidn.com - Pandemi COVID-19 belum usai. Hal itu membuat Anda harus membatasi diri untuk aktivitas di luar rumah, termasuk olahraga. Jika sebelum pandemi latihan aktif dilakukan di tempat gym, kini Anda bisa berolahraga di rumah. Untuk meningkatkan motivasi olahraga, Anda bisa mengajak orang tua, pasangan, maupun anak untuk berolahraga bersama. 

Meskipun perlengkapan olahraga di rumah tak selengkap di tempat gym, Anda bisa memilih dan membeli alat olahraga yang praktis dengan harga terjangkau. Salah satu alat olahraga yang bisa dipilih untuk melatih kekuatan dan ketahanan adalah resistance band. Alat olahraga ini mudah digunakan dan fleksibel karena tak berukuran besar. 

Ada beragam gerakan latihan resistance band yang bisa dilakukan di rumah untuk mengaktifkan otot tubuh bagian bawah. Berikut lima di antaranya. 

 

5 Latihan Resistance Band untuk Aktifkan Otot Tubuh Bagian Bawah

 

 

1. Side step squat

 

sfidn-side-step

sumber: pinterest.ch

 

Pastikan tubuh berada pada posisi gerakan squat dengan sedikit jongkok dan tahan agar posisi bokong terdorong ke belakang. Bagian ujung resistance band dipegang dengan kedua tangan. Posisikan tubuh bagian bawah membungkuk dan tekuk sedikit lutut Anda. Saat membungkuk, pastikan posisi dada lurus ke depan dan kunci otot inti.

Anda akan merasakan peregangan di bagian belakang paha ketika posisi tubuh membungkuk. Ulangi gerakan ini hingga 20 kali. 

 

2. Single leg deadlift

 

sfidn-single-leg-deadlift

sumber: youtube.com


Berdirilah dengan kaki rapat, kaki berdiri di tengah resistance band. Buatlah berat badan bertumpu pada kaki kanan sembari menarik ujung resistance band, angkat kaki kiri lurus ke belakang tubuh. Pastikan Anda menarik resistance band dengan genggaman overhand grip. Ulangi gerakan ini dengan 20 kali repetisi. 

 

3. Resisted lunge

 

sfidn-lunges-resistance-band

sumber: fitcarrots.com

 

Berdirilah di tengah resistance band. Pegang ujung tali dengan telapak tangan menghadap ke atas dan siku ditekuk ke samping pada sudut 90 derajat. Jaga keseimbangan dan angkat satu kaki ke belakang. Kaki yang berdiri di tengah resistance band hanya kaki kanan. Pastikan punggung lurus ke atas dan ke bawah, tekuk lutut dan naik turunkan tubuh ke lantai sembari menarik resistance band

--- Related Article ---

4. Lateral walk

 

sfidn-lateral-walk-resistance-band

sumber: blog.fitbit.com

Letakkan tali tepat di kedua pergelangan kaki. Posisikan kaki Anda selebar bahu. Tekuk sedikit lutut Anda agar resistance band mengencang. Untuk aktifkan otot gluteus medius, posisikan tubuh agak jongkok. Jaga agar kaki tetap sejajar dengan bahu. Pastikan pandangan menghadap ke depan dan berat badan terdistribusi secara merata ke kedua kaki. Gerakan tubuh ke arah sisi kanan dan pastikan resistance band tetap berada pada posisinya. Lakukan ke arah yang berlawanan. Ulangi masing-masing sisi 10 kali. 

 

 

5. Standing lateral leg lifts

 

sfidn-standing-leg

sumber: thehumantrainer.com

Kaitkan resistance band di sekitar pergelangan kaki dan berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul. Kencangkan glutes dan paha, seimbangkan berat badan pada kaki kanan dan angkat kaki kiri ke samping. Lakukan gerakan di sisi kaki yang berlawanan. Masing-masing sisi dilakukan dengan 10 kali repetisi. 

Itulah lima gerakan latihan kaki di rumah dengan resistance band. Pastikan Anda memilih resistance band terbaik. Salah satu resistance band yang dapat Anda pilih adalah FITS resistance bandDengan bahan 100% lateks natural, resistance band ini cocok bagi pemula yang ingin melakukan latihan ketahanan otot. Selain memilih dan beli resistance band yang tepat, Anda juga harus melakukan gerakan dengan benar agar hasil lebih maksimal. 


 
Tags:
#olahraga  #alat olahraga  #resistance band  #latihan di rumah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article