sfidn - 5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Kekuatan, Lebih Efektif!

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Kekuatan, Lebih Efektif!

sfidn.com — Latihan kekuatan adalah salah satu yang populer untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Menurut para ahli, praktik latihan fisik yang meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh ini memang menawarkan banyak manfaat.

Dan tentu saja, untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, Anda butuh alat untuk latihan kekuatan yang sesuai dengan tujuan kebugaran, anggaran, dan kemampuan Anda.

Apa saja rekomendasi alat untuk latihan kekuatan yang dapat Anda gunakan? Let’s find out here!

Manfaat melakukan latihan kekuatan secara rutin

Dilansir dari New York Post, latihan kekuatan dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, yang mulai menurun saat berusia 40 tahun ke atas.

Latihan kekuatan membantu Anda mencapai begitu banyak tujuan yang berbeda, terutama jika Anda ingin mencapai lebih banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kekuatan dan daya tahan.

Tidak hanya membuat Anda jauh lebih kuat, latihan ini juga meningkatkan metabolisme Anda, membantu mencegah cedera, mengurangi risiko jatuh, serta dapat membantu mengelola kadar gula darah, suasana hati, dan harga diri Anda.

Jadi, tidak hanya menyehatkan secara fisik, latihan kekuatan juga meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Kekuatan yang Lebih Efektif

1. Matras Yoga

Namanya latihan kekuatan, tentu Anda harus mendorong otot-otot Anda secara maksimal – dan ini bisa menjadi hal yang membuat Anda tidak nyaman.

Terlebih lagi, jika lutut Anda sudah mulai sakit karena berlutut di lantai, atau punggung Anda sakit karena melakukan sit up di permukaan yang keras.

Oleh sebab itu, pertimbangkanlah menggunakan matras yoga tebal yang memberi dukungan ekstra untuk lutut, siku, dan persendian Anda saat melakukan latihan high-impact. Ini semua untuk keamanan dan kenyamanan Anda selama berlatih.

Butuh rekomendasinya? Cek katalog SFIDN di sini!

2. Kettlebell

Kettlebell adalah salah satu alat untuk latihan kekuatan yang harus Anda miliki. Berbagai variasi gerakan bisa Anda lakukan dengannya, termasuk bicep curls, squats, deadlifts, dan snatches.

Tidak seperti dumbel dan barbel yang seringkali fokus pada kekuatan dan membangun jaringan otot tanpa lemak.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dengan kettlebell, ditambah alat ini juga menantang keseimbangan dan merekrut lebih banyak otot sekaligus. 

Meski relatif baru, alat olahraga ini menawarkan jenis latihan yang sama sekali berbeda dari dumbel dan barbel.

Banyak latihan kettlebell melibatkan gerakan mengayunkan beban, sehingga jauh lebih dinamis daripada menggunakan dumbel. 

Itu juga alasan mengapa Anda bisa melatih berbagai aspek kebugaran dengan kettlebell (kekuatan, stamina, daya tahan, bahkan kardio).

Cari dumbell, kettlebell, dan barbell dalam satu set? Cek rekomendasinya di sini!

3. Resistance Band

Jika Anda ingin beban yang lebih simple, tetapi tidak kalah efektifnya, resistance band patut Anda pertimbangkan. Dari semua pilihan alat kebugaran yang ada, bisa dikatakan ini adalah yang paling ringan dan paling murah.

Jangan terkecoh dengan bentuknya yang kecil, pita penahan ini mampu mengelompokkan otot kecil dan besar Anda. Bonusnya, ini juga bisa dijadikan sebagai alat pemulihan yang hebat dengan peregangan.

Umumnya, resistance bands tersedia dalam variasi warna untuk membedakan jumlah ketegangan yang ditawarkan. Misalnya, pita kuning untuk resistensi ringan, hijau untuk resistensi sedang, dan merah untuk resistensi yang lebih tinggi.

Gunakan alat kebugaran ini untuk melakukan glute bridge, lateral leg raise, squat, tricep press, dan banyak lagi. Dengan menggunakan pita ini, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan apa pun. 

Alat ini juga travel-friendly, sehingga Anda bisa dengan mudah mengemasnya ke dalam tas olahraga saat berangkat ke gym.

Mau resistance band seperti ini? Coba cek di sini!

4. TRX

Jika Anda masih beranggapan bahwa sistem suspensi TRX hanya untuk di gym, saatnya ubah pemikiran Anda. Sistem pelatihan ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Anda dapat dengan mudah memasang serangkaian tali dan pegangannya di langit-langit rumah Anda untuk melakukan latihan ketahanan seluruh tubuh tanpa beban.

Alat ini juga dapat meningkatkan kesulitan latihan Anda dengan menambahkan elemen ketidakstabilan pada gerakan berat badan, yang membantu Anda melibatkan lebih banyak otot inti daripada menggunakan dumbel.

Misalnya, selipkan kaki Anda ke pegangan TRX, dan push up reguler Anda berubah menjadi gerakan inti dan menstabilkan bahu. 

Dengan hanya menggunakan berat badan, Anda pun bisa menyesuaikan resistensi dengan menggerakkan kaki Anda lebih dekat (lebih sedikit resistensi) atau lebih jauh (lebih banyak resistensi) dari titik jangkar.

Selain itu, karena ringan dan dapat disesuaikan, sistem pelatihan TRX ini ideal untuk ruang kecil dan orang dari semua ukuran dan tingkat kebugaran.

Penasaran dengan alat ini? Cek katalog TRX kami di sini!

5. Stability Ball

Rasanya masih kurang jika latihan kekuatan – baik di rumah maupun di gym – tidak menggunakan stability ball

Mengapa? Karena latihan dengan bola stabilitas penting sebagai fundamental yang baik dalam kebugaran. Jika stabilitas otot Anda lemah, Anda pun akan lebih rentan terhadap cedera.

Alih-alih menggunakan bangku, alat untuk latihan kekuatan dan inti ini juga membantu meningkatkan pembakaran kalori dengan menantang keseimbangan Anda.

Sekelompok otot akan bekerja untuk membantu tubuh Anda tetap stabil, yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak di setiap repetisi. 

Cobalah latihan menggunakan bola stabilitas untuk memperkuat glutes, quads, core, dan lengan Anda. Pertimbangkan juga untuk memilih stability ball dengan daya tampung yang besar dan kuat, serta dilengkapi dengan pompa.

Seperti FITS Yoga Gym Ball yang dapat menampung hingga 150 kg, dan free pompa jika Anda ingin memompanya kembali.

Kesimpulan

Inilah sederet alat untuk latihan kekuatan yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan kebugaran, budget, dan kemampuan Anda. Tidak ada yang paling favorit, karena setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. 

Semua opsi di atas dapat membantu Anda menjadi kuat dan membangun jaringan otot tanpa lemak.

Tips terbaiknya adalah gunakan berbagai peralatan kebugaran, maka Anda pun bisa menantang tubuh Anda dengan ‘gerakan-gerakan’ yang baru.

Selamat berlatih!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Healthline (2022). 25 of the Best Home Gym Equipment Items of 2022.
  • Daily Burn (2016). Your Ultimate Guide to Strength Training Equipment.
  • New York Post (2022). The 7 Best Strength Training Equipment Pieces, Per Experts.
  • Prevention (2019). The Best Strength Training Equipment for Home Workouts, According to Trainers.
  • Verywell Fit (2022). Using Different Weight Training Equipment.

 
Tags:
#Latihan Kekuatan  #strength training  #sfidn  #manfaat latihan kekuatan  #alat untuk latihan kekuatan  #alat untuk melatih kekuatan  #cara melatih kekuatan otot  #kekuatan otot  #latihan kekuatan otot 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article