sfidn - 5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Keseimbangan

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Keseimbangan

sfidn.com — Latihan keseimbangan adalah salah satu upaya terbaik Anda untuk mencegah jatuh (terutama pada lansia), memperkuat otot, serta meningkatkan stabilitas persendian

Ada banyak alat pelatihan yang bisa Anda tambahkan ke rejimen kebugaran Anda untuk mencapai tujuan ini.

Nah, rekomendasi peralatan untuk latihan keseimbangan berikut ini sifatnya serbaguna, gampang disimpan, dan mampu menopang berat badan Anda.

Penasaran apa saja? Langsung saja cek di sini, yuk!

5 Rekomendasi Alat untuk Latihan Keseimbangan

1. Papan Indo (Indo Board)


Sumber: youtube.com/INDOBOARD

Indo Board, atau sering disebut sebagai papan roller, adalah salah satu alat untuk latihan keseimbangan yang bisa dikatakan, canggih.

Kenapa? Karena papan ini akan bergulir di atas bola atau roller untuk menciptakan ketidakseimbangan. 

Layaknya peselancar, alat ini mereplikasi keseimbangan yang dibutuhkan untuk olahraga seperti selancar (surfing), snowboarding, skateboarding, dan paddleboarding.

Memang tidak mudah menggunakan Indo Board, karena sedikit saja tubuh Anda tidak seimbang di atasnya, Anda mungkin akan jatuh ke lantai (tetapi tidak semenakutkan itu). 

Oleh sebab itu, Anda perlu berlatih lebih banyak untuk menyempurnakan gerakan Anda di atas papan ini.

Dengan Indo Board, Anda dapat mengasah keterampilan keseimbangan Anda dengan baik, tidak hanya kaki, tetapi tubuh bagian atas juga.

Rekomendasi Produk:

URBNFit Board terbuat dari kayu solid, dengan pita anti-selip di bagian atas untuk pegangan, dan dudukan roller yang mudah meluncur.

Maksimalkan latihan dinamis Anda dengan ini untuk memperoleh keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik.

2. Agility Ladder

Seperti namanya, Agility Ladder adalah alat pelatihan menyerupai tangga yang sangat bagus untuk meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan kecepatan Anda.

Apalagi, alat ini ringan dan portabel, sehingga bisa digunakan di mana pun selama Anda berada di permukaan yang datar, baik di rumah atau outdoor.

Memasukkan Agility Ladder ke dalam rejimen kebugaran Anda dapat membantu Anda lebih fokus saat meletakkan kaki dan meningkatkan gerakan-gerakan kecil yang penting untuk memperoleh kembali keseimbangan Anda.

Rekomendasi Produk:

SFIDN FITS Agility Ladder Premium terbuat dari tali nilon yang tahan lama, serta dilengkapi dengan anak tangga yang bisa disesuaikan, plus tas jinjing untuk memudahkan Anda membawanya ke mana pun.

Maksimalkan akselerasi, ritme, keseimbangan, kekuatan kaki, dan kontrol tubuh Anda secara keseluruhan dengan alat ini.

3. Balance Cushion

Balance Cushion dirancang untuk menopang tangan atau kaki selama latihan. Anda dapat menggunakannya untuk melatih keseimbangan tingkat lanjut, misalnya jongkok dengan satu kaki.

Ketika digunakan dengan tanpa alas kaki, bantalannya yang lentur di bagian bawah akan lebih menantang untuk memperkuat seluruh area kaki, termasuk betis dan pergelangan kaki Anda.

Keuntungan lainnya adalah dapat digunakan sebagai bantal ketika duduk (untuk meningkatkan postur tubuh yang lebih baik), serta membantu melibatkan area inti Anda selama duduk (untuk meningkatkan keseimbangan tubuh secara keseluruhan).

Itulah mengapa Balance Cushion sering digunakan dalam fisioterapi dan selama rehabilitasi cedera.

Rekomendasi Produk:

Trideer Inflated Wobble Cushion adalah bantalan berisi udara dengan kapasitas berat 225 kg, diameter 34 cm, dan tersedia dalam berbagai warna.

Alat ini dilengkapi dengan 2 jenis inti sensorik di permukaannya dan dapat dipompa atau dikempiskan untuk memvariasikan tingkat latihan.

Ringan dan portabel, disk keseimbangan ini bisa Anda masukkan ke dalam tas ransel untuk pelatihan sambil travelling

4. Balance Ball

Balance ball adalah alat pelatihan yang bagus untuk siapa pun yang menggunakannya, bahkan ibu hamil.

Anda bisa melakukan puluhan latihan keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan dengan item sederhana yang satu ini. 

Rekomendasi Produk:

SFIDN FITS Gym Yoga Ball adalah bola keseimbangan yang terbuat dari 100% PVC dan dapat menampung beban hingga 150 kg.

Dilengkapi dengan pompa tangan untuk memudahkan penyimpanan bola Anda, karena bisa dikembangkan kembali untuk pemakaian berikutnya. 

Tersedia juga dalam 3 warna dan ukuran diameter yang berbeda, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan tinggi badan Anda.

5. BOSU Ball

Terakhir dalam daftar ini adalah BOSU Ball, dan bisa dibilang, ini yang terbaik untuk pelatihan keseimbangan Anda dari semua peralatan yang ada. 

Bukan tanpa alasan, karena memang bola BOSU ini serbaguna (kedua sisinya dapat digunakan), memungkinkan Anda melakukan latihan seperti leg raise, lunges, abdominal crunch, push-up, dan peregangan, sambil tetap fokus menjaga keseimbangan di permukaan yang tidak stabil.

Itulah mengapa alat untuk latihan keseimbangan ini dapat membantu Anda menggabungkan berbagai aspek pelatihan, termasuk kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan kardiovaskular.

Ketidakseimbangan yang diciptakan oleh BOSU Ball memastikan otot-otot penstabil Anda terlibat, serta membantu meningkatkan stabilitas dan keseimbangan Anda secara keseluruhan.

Rekomendasi Produk:

SFIDN FITS Bosu Ball terbuat dari bahan PVC yang ramah lingkungan dan tidak beracun, sehingga tidak perlu khawatir akan menimbulkan alergi.

Dilengkapi juga dengan 6 kaki karet yang anti-selip untuk meningkatkan stabilitas, sehingga Anda benar-benar bebas dari rasa worry selama latihan.

Sedikit ringan tetapi tahan hingga 100 kg, memudahkan Anda menyimpan atau membawanya ke gym atau kantor untuk melakukan berbagai pelatihan.

Kesimpulan

Dari Indo Board, Agility Ladder, hingga BOSU Ball, semuanya dapat memenuhi setiap kebutuhan Anda.

Saat mencari alat untuk latihan keseimbangan, pertimbangkan juga tingkat kebugaran Anda saat ini dan jenis latihan yang ingin Anda lakukan. 

Tentunya, Anda ingin mencari alat yang tahan lama dan serbaguna, sehingga bisa melakukan berbagai latihan dengan itu.

Selamat mencoba!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Fitness Drum (2021). Balance Equipment – Best Balance Training Equipment (2021 Review).
  • NIFS for Fitness (2020). Top 5 Balance Training Tools for Seniors.
  • The Inertia (2016). 10 of the Best Equipment Options to Improve Your Balance.
  • Verywell Fit (2021). 8 Best Balance Training Tools for Better Stability and Core Strength.
  • Zibrio. Balance Training Equipment Guide.

 
Tags:
#Latihan Keseimbangan  #sfidn  #alat untuk latihan keseimbangan  #alat latihan keseimbangan  #alat untuk melatih keseimbangan adalah  #alat keseimbangan tubuh 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article