5 Rekomendasi Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

sfidn.com - Punya perut buncit bagi sebagian orang mungkin adalah hal yang membanggakan. Faktanya, perut buncit bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda jangka panjang. Ini bisa membuat Anda lebih berisiko terhadap penyakit degeneratif, termasuk obesitas, diabetes mellitus, penyakit jantung, dan stroke. Jangan khawatir, ada solusi yang bisa membantu Anda menghilangkan belly fat dengan aman dan tentunya, mudah dilakukan. Yuk, lakukan 5 rekomendasi olahraga untuk mengecilkan perut buncit berikut ini!

5 Rekomendasi olahraga untuk mengecilkan perut buncit

Berikut ini ada 5 rekomendasi olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang patut Anda coba, lakukan secara rutin dan lihat hasilnya! Anda pun akan terpukau dengan penurunan lemak perut yang terlihat signifikan. Selamat berlatih!

1. Burpee

Video Burpee by Envato

Latihan burpee melatih otot inti tubuh, dada, bahu, lats (otot lattisimus), trisep, dan paha depan Anda. Salah satu olahraga populer untuk mengecilkan perut ini juga melibatkan gerakan plyometric yang eksplosif, sehingga dapat membuat jantung Anda memompa lebih cepat.

Cara melakukan burpee: 

  • Dorong tangan Anda ke lantai, lalu lompatkan kaki Anda ke belakang. 
  • Kemudian, lompatkan kaki Anda ke depan hingga membentuk posisi jongkok rendah.
  • Letakkan tangan Anda tepat di luar kaki Anda dan lompatlah dengan eksplosif ke udara.

2. Montain Climbers

Video Montain Climbers by Envato

Seperti burpee, montain climbers atau gerakan seperti pendaki gunung ini juga melatih otot inti Anda dan berbagai otot tubuh lainnya, termasuk otot paha dan kaki Anda. Hebatnya lagi, ini juga melatih otot-otot di sekitar perut, membantu membakar lemak, dan mengecilkan perut buncit Anda.

Cara melakukannya adalah: 

  • Ambil posisi seperti push-up dengan tangan lurus mendorong lantai. Anda bisa menggunakan matras olahraga sebagai alasnya.
  • Kemudian, dorong lutut kanan ke arah dada dan kemudian bawa kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri Anda.

3. Rusian Twists

Video Rusian Twists by Envato

Rusian twists adalah salah satu olahraga untuk mengecilkan perut yang dapat dilakukan dengan mudah. Latihan ini dapat meningkatkan kekuatan otot inti tubuh Anda, termasuk otot perut.

Biasanya, Rusian twists dilakukan dengan bola atau piring, serta melibatkan gerakan memutar tubuh dari sisi ke sisi dalam posisi sit-up dengan kaki menggantung dari tanah. Namun, tidak masalah jika Anda tidak menggunakan bola saat melakukan latihan ini. 

Cara melakukan Russian twists sebagai berikut:

  • Duduk tegak di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki terangkat dari lantai. 
  • Pegang bola dengan tangan setinggi dada. 
  • Condongkan tubuh ke belakang hingga membentuk sudut 45 derajat dan jauhkan lengan Anda beberapa inci dari dada Anda. 
  • Kemudian, putar batang tubuh Anda ke kanan, jeda dan remas otot miring kanan Anda, lalu putar tubuh Anda ke kiri dan jeda untuk meremas otot miring kiri Anda. 
  • Ingatlah bahwa gerakannya harus datang dari tulang rusuk Anda, bukan lengan Anda.
--- Related Article ---

4. Kettle Ball Swing

Video Kettle Ball Swing by Envato

Gerakan latihan eksplosif ini sangat ideal bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak dan mengecilkan perut buncit. Olahraga yang mengandalkan ayunan kettlebell ini juga baik dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan kekuatan otot tubuh Anda. 

Cara melakukannya sebagai berikut:

  • Ambil posisi berdiri dengan kaki yang dibuka selebar bahu.
  • Pegang ayunan kettlebell di depan Anda dan di antara kaki Anda. 
  • Tekuk sedikit di lutut, terutama di pinggul.
  • Ayunkan kettlebell ke atas dan tarik kembali di antara kedua kaki Anda.

5. Rowing Circuit

Video Rowing Circuit by Envato

Rowing atau mendayung adalah salah satu olahraga untuk mengecilkan perut dengan cepat dan mudah dilakukan. Menggunakan mesin dayung tidak hanya meningkatkan detak jantung, serta membantu membakar kalori dan lemak, tetapi juga melatih otot-otot di kaki, inti, lengan, bahu, dan punggung Anda.

Bila olahraga ini baru pertama kalinya dilakukan, Anda bisa memulainya dengan jarak yang dekat. Jika Anda sudah terlatih, Anda bisa meningkatkannya setiap kali latihan.

Cara melakukan rowing circuit:

  • Mulai dengan 20 detik mendayung, lalu istirahat 10 detik (jangan pernah turun dari mesin dayung bahkan melepaskan pegangan saat Anda beristirahat).
  • Ulangi sebanyak 8 kali, dan cobalah untuk meningkatkan jarak Anda setiap kali latihan.
  • Setelah selesai, mendayunglah dengan cepat sejauh 500 meter dan catat berapa lama waktu yang Anda butuhkan. Hasil ini bisa menjadi patokan yang harus Anda kalahkan untuk sesi latihan berikutnya.

Inilah 5 jenis olahraga untuk mengecilkan perut buncit dengan cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan lemak di perut dengan olahraga lainnya, termasuk berjalan, berlari, plank, HIIT, dan sebagainya. Hal yang terpenting adalah Anda melakukannya secara teratur dan konsisten, disertai dengan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, serta cukup istirahat. 

 

Referensi:

Coach (2018). How To Do A Kettlebell Swing.
NDTV (2018). These Simple And Effective Exercises Can Help Melt Belly Fat Within No Time! Do Include Them In Your 2019 Workout Regime!
Prevention (2019). 15 Best Exercises to Burn Belly Fat, According to Personal Trainers.

Tags:
#perut buncit  #mengecilkan perut buncit  #olahraga mengecilkan perut buncit 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article