6 Alat untuk Latihan Otot Core yang Sempurna

sfidn.com - Memiliki otot core yang kuat dapat membuat Anda berdiri lebih tegak dan lurus, keseimbangan terjaga, terhindar dari cedera, dan yang terpenting, memengaruhi semua aspek kesehatan dan kebugaran Anda. 

Mark Cibrario, seorang pelatih pribadi bersertifikat NSCA, pelatih pengkondisian kekuatan, dan pemilik The Trainers Club di Chicago, menjelaskan bahwa alat terbaik adalah alat yang memungkinkan penggunanya berada dalam posisi fungsional, dan latihan pun harus menyerupai kehidupan atau aktivitas olahraga.

Kabar baiknya, ada beberapa alat olahraga yang memang dapat menargetkan inti dan memaksimalkan latihan otot core Anda. Apa saja alat-alat tersebut? Berikut daftar lengkapnya!

6 Alat untuk latihan otot core yang sempurna

Cobalah tambahkan beberapa alat olahraga ini untuk menyempurnakan latihan otot core Anda.

1. Kettlebell

Bisa dikatakan bahwa kettlebell adalah senjata rahasia untuk latihan otot core yang sempurna. Sebab, selama menggunakannya, Anda perlu menjaga stabilisasi batang tubuh dan mengaktivasi otot inti Anda sebanyak mungkin.

Mulai dari gerakan ayunan kettlebell, Turkish get-ups, hingga Russian twists, ada banyak cara efektif untuk memperkuat otot perut, oblique, dan punggung Anda menggunakan bobot bebas yang unik ini.

Jika Anda tertarik memasukkannya ke dalam rutinitas latihan Anda, silahkan cek katalog kami di sini!

2. Yoga Gym Ball

Beli Sekarang
 

Tidak hanya untuk yoga, bola stabilitas ini juga sering digunakan oleh terapis fisik di seluruh dunia untuk membantu klien merehabilitasi cedera, meredakan sakit punggung, dan masih banyak lagi. 

Alat ini juga telah dianggap sebagai pelatih inti yang sangat baik. 

Pernahkah Anda mencoba melakukan ab pike yang menuntut bagian atas kaki Anda berada di atas bola stabilitas? Gerakan ini dapat membakar area inti Anda.

SFIDN FITS Premium Yoga Gym Ball adalah salah satu pilihan yang dapat diandalkan. 

Dibuat dengan bahan 100% PVC, yang lentur, empuk, anti-slip, dan tidak mudah pecah, bola ini memberikan keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan dukungan, tanpa membatasi aktivitas yang ingin Anda lakukan selama menggunakannya. 

Berat beban yang dapat ditampung bola latihan ini mencapai 150 kg. Alat ini juga dilengkapi dengan half massage point, yang berfungsi ganda untuk memberikan pijatan.

Selain itu, sudah ada free pompa saat Anda membelinya. Alhasil, Anda tidak perlu menghabiskan banyak ruang penyimpanan, karena Anda bisa memompanya setiap kali akan digunakan.

Bola ini hadir dalam berbagai warna dan ukuran yang dapat Anda sesuaikan dengan tinggi badan Anda.

3. Bosu Ball


Beli Sekarang
 

Selanjutnya, ada bosu ball yang bisa menantang keseimbangan Anda ke level selanjutnya.

Meskipun alat ini yang paling mahal di dalam daftar, tetapi jangan khawatir! Berinvestasi dalam pelatih bosu klasik akan menjadi hal terbaik yang pernah Anda lakukan. 

Bosu ball mudah dimasukkan ke dalam rutinitas latihan, terutama untuk melatih otot core atau inti Anda. 

Alat pelatihan semi-bola yang unik ini membantu Anda untuk tetap kuat, bahkan di permukaan yang tidak stabil. Plus, ketika membaliknya, alasnya yang kokoh dilengkapi dengan pegangan, sehingga Anda bisa menggunakannya untuk latihan otot core, seperti burpee, plank, dan push-up. 

Jika Anda pengguna tingkat lanjut, memasangkan balance bosu ball dengan peralatan lain, seperti resistance band atau dumbbell, dapat menambah intensitas latihan Anda. 

Dalam hal ini, kami merekomendasikan SFIDN FITS Bosu Ball, karena terbuat dari PVC yang ramah lingkungan, tidak beracun, anti-slip, dan anti-burst, sehingga sangat aman digunakan. 

Selain itu, peralatan ini sudah dilengkapi dengan pompa dan 2 buah resistance band. Jadi, Anda tidak perlu lagi membelinya secara terpisah.

Bagaimana dengan berat beban yang dapat ditampungnya? Yups, bosu ball dari SFIDN FITS ini dapat menampung hingga 100 kg.

4. AB Wheel


Beli Sekarang
 

Jika Anda menginginkan latihan otot core ekstra dan intens, pertimbangkan untuk menggunakan AB Wheel dari SFIDN FITS

Rodanya yang terbuat dari pegas baja karbon kinetik, mampu menciptakan ketahanan bawaan yang tinggi ketika Anda menggelinding, dan bantuan saat Anda menggulung untuk mengaktifkan sejumlah besar otot inti dan lengan Anda dengan lebih efisien. 

Desain rodanya yang sangat lebar juga memberikan stabilitas yang penting untuk latihan multi-arah, dan membantu Anda menyesuaikan tingkat intensitas latihan Anda.

Pegangannya pun nyaman digenggam, aman digunakan, dan bisa dilepas pasang, sehingga memudahkan Anda untuk menyimpannya. Bonusnya lagi, setiap pembelian Anda akan memperoleh free knee pad juga, lho! Menarik, bukan?

5. Pull Up Bar


Beli Sekarang
 

Anda mungkin masih berpikir bahwa pull up bar hanya untuk latihan tubuh bagian atas. 

Padahal, latihan gantung membutuhkan kekuatan inti yang cukup besar ketika Anda meningkatkan berat badan Anda di bawah bar. Belum lagi, gerakan seperti melipat lutut dan jari-jari kaki akan membentuk perut dan obliques Anda dalam waktu singkat.

Ketika Anda melakukan latihan hanging abs, Anda akan menciptakan ketidakstabilan dan bekerja melawan gravitasi. Jadi, penting untuk fokus mengisolasi inti Anda di sini dan tidak mengayunkan kaki.

Mengapa? Karena Anda menggunakan momentum untuk mengangkat lutut alih-alih perut, menurut Clay, seorang pelatih pribadi bersertifikat PROPTA, yang dilansir dari Byrdie

Oleh karena itu, pertimbangkan pull up bar dari SFIDN FITS. Alatnya super stabil, anti-slip, tahan lama, pegangan busanya empuk, dan yang terpenting, mudah dipasang dan dihubungkan ke kusen pintu tanpa perlu perakitan. 

Desainnya yang unik juga dapat menghemat ruang penyimpanan Anda, misalnya di bawah tempat tidur atau di lemari.

Pull up bar yang ditawarkan oleh SFIDN FITS ini dapat menampung beban hingga 150 kg.

6. Resistance Bands


Beli Sekarang
 

Menambahkan peralatan ini ke dalam latihan otot core Anda adalah ide yang sangat brilian. Yups, pita resistensi memang sangat bagus untuk otot inti dan penstabil, karena melibatkan sejumlah kelompok otot besar dan kecil Anda di setiap latihan. 

Jika ingin menggunakan alat ini secara efektif, Anda pun harus merekrut lebih banyak otot untuk mempertahankan bentuk yang baik dan menjaga pita tetap bergerak dengan lancar.

Apa yang kami sarankan? Masih sama dengan sebelumnya, resistance bands dari SFIDN FITS juga termasuk item olahraga yang ramah di kantong dan ideal untuk latihan penguatan inti. 

Pita ini dibuat dengan tabung karet tahan lama dan dilengkapi dengan pegangan busa empuk untuk kenyamanan ekstra. Bonusnya lagi, Anda bisa menyelipkan kaki ke pegangan tersebut ketika latihan duduk atau berdiri.

Pita tabung ini menawarkan ketahanan yang mirip dengan dumbbell, tetapi lebih ringan dan lebih portabel. 

Anda pun bisa memilih satu dari lima level resistensi yang disediakan dalam setiap pembelian, mulai dari sangat ringan hingga sangat berat, bergantung pada tingkat kebugaran Anda (bisa juga digunakan lebih dari satu untuk menambah tantangan). 

Resistance bands dari SFIDN FITS ini juga dilengkapi dengan door anchor yang membuat latihan seperti lat pulldowns dan kickback jadi lebih mudah.

Kesimpulan

Kini, Anda bisa menambah tantangan dan memaksimalkan latihan otot core Anda menggunakan beberapa peralatan kebugaran, seperti kettlebell, pull up bar, AB wheel, resistance bands, bosu ball, dan yoga gym ball

Mulailah dari alat yang sekiranya mudah dan aman untuk Anda gunakan secara rutin, dan yang tidak kalah penting, sesuai dengan budget Anda. 

Nah, kira-kira, peralatan kebugaran mana yang Anda pertimbangkan untuk meningkatkan latihan otot core Anda? Sharing di kolom komentar, yuk!

 

--- Related Article ---

 

Referensi:

  • Byrdie (2022). The Best Ab Machines and Core Strengthening Tools to Use at Home.
  • Menscience. Strengthening Your Core: 5 Fitness Tips.
  • Verywell Fit (2022). The Best Pieces of Core Strength and Stability Gear for Better Balance.
  • Verywell Fit (2022). The Best Core Workout Equipment of 2022.
Tags:
#sfidn  #otot inti  #otot core  #latihan otot core  #alat untuk latihan otot core  #cara melatih otot core 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail