sfidn - 6 Buah yang Dapat Meningkatkan Massa Otot, Catat Daftar Lengkapnya

6 Buah yang Dapat Meningkatkan Massa Otot, Catat Daftar Lengkapnya

sfidn.com – Ternyata, ada beberapa buah yang dapat membantu meningkatkan massa otot Anda dengan lebih cepat.

 

6 Buah yang Dapat Meningkatkan Massa Otot, Catat Daftar Lengkapnya

Mengembangkan massa otot bukan tugas yang mudah dan memerlukan kombinasi yang tepat antara latihan fisik yang intens dan asupan nutrisi yang seimbang. 

Salah satu elemen yang tidak boleh diabaikan adalah peran buah dalam pembentukan dan peningkatan massa otot Anda. 

Artikel ini akan membahas alasan mengapa buah-buahan menjadi bagian penting dalam program kebugaran dan buah apa saja yang dapat membantu meningkatkan massa otot. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 

Mengapa Buah Dapat Meningkatkan Massa Otot?

Buah mengandung sejumlah nutrisi yang esensial, termasuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Komponen yang tidak hanya mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan tetapi juga memainkan peran penting dalam pemulihan dan pertumbuhan otot setelah latihan.

Contohnya saja, Vitamin C yang akan membantu dalam sintesis kolagen, yakni protein yang membentuk struktur dasar jaringan ikat, termasuk otot. Lalu, vitamin ini juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel otot. 

Buah juga mengandung serat yang sangat penting bagi kesehatan pencernaan. Pencernaan yang baik akan memastikan penyerapan nutrisi yang efisien, termasuk protein yang dibutuhkan dalam proses pertumbuhan otot.

Terakhir, buah mengandung banyak mineral, seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang mendukung fungsi dan kontraksi otot yang efisien.

 

6 Buah untuk Meningkatkan Massa Otot

Dari sekian banyak buah-buahan yang tersedia, ada tujuh buah yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan massa otot, yaitu Kiwi, Alpukat, Pisang, Stroberi, Apel, dan Pepaya.

 

1. Kiwi

Kiwi mengandung Vitamin A, B6, C, E, dan K yang tinggi serta kandungan lainnya, seperti flavonoid (antioksidan) dan arginin (asam amino).

Semua nutrisi tersebut dapat membantu membangun otot Anda dengan meningkatkan aliran darah ke otot serta mengurangi rasa sakit atau pun peradangan setelah latihan.

 

2. Alpukat

Buah alpukat dapat membantu meningkatkan massa otot karena mengandung protein yang cukup tinggi di antara buah-buahan lainnya, yaitu sekitar 4 gram. Ditambah lagi adanya serat dan lemak sehat seperti

Omega-3 yang akan mendukung hormon pertumbuhan otot.

 

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mengandung karbohidrat cukup tinggi sehingga mampu memberikan tambahan energi yang diperlukan selama olahraga atau pun latihan fisik yang intens.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam Pisang pun diperlukan untuk menyehatkan pencernaan Anda sehingga nutrisi dapat diolah dan disalurkan dengan lebih cepat. 

Semakin lama Anda berlatih tentunya akan semakin banyak otot yang mengalami robekan dan ini bukan kabar buruk karena tubuh memiliki kesempatan untuk melakukan regenerasi sehingga nantinya otot Anda bisa tumbuh lebih besar dan tebal.

 

4. Stroberi

Buah untuk meningkatkan massa otot yang berikutnya adalah stroberi. Stroberi kaya akan Vitamin C, serat, dan antioksidan. Ini artinya, mengonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu proses pemulihan dan melindungi otot dari kerusakan permanen.

 

5. Apel

Apel mengandung Vitamin C, serat, dan potasium yang baik bagi tubuh. Sama seperti buah lainnya, Apel pun dapat membantu proses pembentukan sel otot. 

Apalagi, kandungan serat yang tinggi di dalam Apel dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda bisa mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berlebihan.

 

6. Pepaya

Pepaya mengandung sebuah enzim yang disebut papain. Enzim ini ternyata dapat membantu pemecahan protein serta mendukung penyerapan asam amino di dalam tubuh yang diperlukan untuk pertumbuhan otot.

Buah Pepaya juga dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga kesehatan pencernaan Anda terjaga dan proses penyaluran nutrisi ke otot bisa berjalan maksimal.
 

Makan Buah Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Disarankan untuk mengonsumsi buah setelah olahraga agar proses pemulihan dan perbaikan otot bisa lebih optimal. Namun, Anda boleh saja mengonsumsinya sebelum olahraga tapi pastikan untuk melakukannya paling tidak 30 menit sebelum aktivitas fisik guna menghindari potensi ketidaknyamanan pada sistem pencernaan.

 

Berapa Banyak Buah yang Dikonsumsi untuk Meningkatkan Massa Otot?

Untuk meningkatkan massa otot, direkomendasikan untuk mengonsumsi minimal dua porsi buah setiap hari. Satu porsi setara dengan satu buah berukuran sedang atau setengah cangkir buah yang telah dicincang.

 

Pada akhirnya, buah menjadi salah satu elemen penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat berusaha meningkatkan massa otot. Pastikan Anda memasukkannya ke dalam daftar makanan harian.

 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article