sfidn - 6 Jenis Olahraga yang Ampuh Membakar Lemak dengan Cepat

6 Jenis Olahraga yang Ampuh Membakar Lemak dengan Cepat

sfidn.com – Setiap jenis olahraga memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri, salah satunya ampuh membakar lemak dengan lebih cepat. 

Pastinya, ini menjadi hal yang menarik bagi Anda karena seringkali tujuan utama seseorang melakukan olahraga adalah membakar lemak yang berlebihan di dalam tubuh. 

Kira-kira, jenis olahraga apa saja yang ampuh membakar lemak di tubuh Anda dengan cepat? Temukan jawabannya di bawah ini. 

 

Baca Juga: 

Begini Caranya Kalau Mau Ngemil Malam Hari Tanpa Bikin Gemuk

 

6 Jenis Olahraga yang Ampuh Membakar Lemak Anda

Olahraga yang ampuh membakar lemak dengan cepat adalah aktivitas yang dapat membakar sejumlah besar kalori selama latihan atau meningkatkan metabolisme Anda sesudah latihan. 

Kami mencoba merangkum enam jenis olahraga yang bisa Anda coba agar pembakar lemak menjadi lebih efektif sehingga Anda dapat mengurangi berat badan dengan optimal. Berikut daftarnya: 

1. Latihan Beban

Latihan kekuatan seperti angkat beban ternyata dapat membakar kalori Anda. Semakin banyak kalori yang hilang dari tubuh maka proses pemecahan lemak menjadi energi pun akan meningkat. 

Seseorang dengan berat sekitar 70 Kg yang melakukan latihan beban selama 30 menit dapat menghilangkan 108 kalori. 

Semakin lama durasi latihan Anda maka semakin cepat lemak terbakar karena tidak ada lagi kalori yang bisa dihilangkan. 

 

2. High Intensity Interval Training 

High Intensity Interval Training atau HIIT merupakan latihan yang melibatkan interval antara latihan intensitas tinggi dan istirahat singkat. 

Latihan ini terbukti efektif membakar lemak dalam waktu singkat. Latihan intensitas tinggi merangsang pembakaran kalori yang berkelanjutan bahkan setelah latihan selesai atau yang dikenal sebagai efek "afterburn". 

HIIT juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengoptimalkan manfaat bagi kesehatan metabolik.

Latihan HIIT yang mungkin bisa Anda coba, antara lain: burpees, box jumps, squat jumps, jumping jacks, jumping rope, boxing/speed bag punching, sprinting, and running stairs.

 

--- Related Article ---

 

3. Berjalan

Terlihat sederhana namun aktivitas berjalan secara rutin bisa membantu Anda membakar lemak dengan lebih cepat. 

Berjalan menjadi cara yang aman, nyaman, dan mudah bagi pemula untuk berolahraga tanpa harus merasa kewalahan atau pun membuat sendi Anda stres. 

Menurut Harvard Health, seseorang dengan berat 70 Kg dapat membakar 175 kalori per setengah jam. Kecepatan berjalan yang direkomendasikan, yakni 4mph atau 6,4 km/jam. 

Jika ingin hasil yang lebih optimal, lakukan olahraga ini tiga kali dalam seminggu dengan total durasi sekitar 50-70 menit. 

 

4. Bersepeda

Jika ingin olahraga yang lebih menyenangkan, Anda bisa bersepeda untuk meningkatkan kebugaran serta menurunkan berat badan. 

Dibandingkan berjalan, bersepeda selama 30 menit bisa membakar sekitar 252 kalori. Sedangkan kecepatan bersepeda yang direkomendasikan ialah 19-22,4 km/jam. 

Selain membakar kalori dan lemak, bersepeda juga bisa memberikan manfaat lain, seperti meningkatkan sensitivitas insulin, penyakit jantung, hingga kanker. 

 

5. Berenang

Bosen olahraga di daratan? Anda bisa melakukannya di air dengan cara berenang. Aktivitas ini selain menyenangkan juga sangat bermanfaat untuk membakar lemak di tubuh Anda dengan lebih cepat. 

Anda bisa menghilangkan 216 kalori hanya dengan berenang selama setengah jam. Kami merekomendasikan Anda untuk melakukan renang gaya dada karena efeknya bisa lebih maksimal. 

 

6. Yoga

Bagi yang tidak pernah melakukan yoga mungkin akan berpikir jika olahraga ini sangat santai dan hanya bagus untuk memperbaiki postur tubuh. 

Mulai sekarang, berhentilah untuk berpikir seperti itu karena sebenarnya yoga bisa membantu Anda membakar lemak lebih cepat daripada latihan beban. 

Jika melakukan yoga selama 30 menit maka Anda bisa menghilangkan sekitar 144 kalori. Jika dilakukan secara rutin, Anda bisa mengurangi lingkar pinggang juga, lho. 

 

Jadi, olahraga mana yang akan Anda pilih untuk membakar lemak tubuh Anda dengan lebih cepat? Apapun jenis olahraganya, kunci utamanya adalah rutinitas dan komitmen. Selamat berlatih! ***

 

Referensi: 
www.healthline.com 
www.themanual.com 
 

 
Tags:
#alat olahraga  #bakar lemak 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article