sfidn - Begini Caranya Kalau Mau Ngemil Malam Hari Tanpa Bikin Gemuk

Begini Caranya Kalau Mau Ngemil Malam Hari Tanpa Bikin Gemuk

sfidn.com – Mitosnya kalau ngemil di malam hari bisa bikin gemuk tapi ternyata anggapan tersebut tidak selalu benar, lho. 

Rasa lapar yang Anda rasakan di malam hari bisa bikin Anda sulit tidur karena selalu membayangkan makanan. Kalaupun bisa tidur, pasti rasanya tidak nyaman, kan?

 

Baca Juga:

Membakar Kalori dengan Lebih Cepat, 6 Faktor Ini Jadi Penentunya

 

Bolehkah Ngemil saat Malam Hari

Siapa nih yang suka lapar malam hari tapi takut untuk makan atau ngemil sesuatu karena katanya bisa bikin gemuk? 

Ngemil di malam hari memang bisa bikin gemuk kalau makanan yang Anda konsumsi tidak tepat. Kalau cemilannya sehat dan bernutrisi malah bagus untuk metabolisme tubuh Anda. 

 

Cara agar Bisa Ngemil Malam Hari Tanpa Bikin Gemuk

Tidak perlu khawatir karena para peneliti sudah mengungkapkan cara-cara tertentu agar kegiatan ngemil di malam hari tetap baik untuk kesehatan dan tubuh Anda. Begini caranya:

1. Ngemil Makanan Berprotein Tinggi

Jika Anda sangat lapar dan ingin mendapatkan cemilan tengah malam, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur, brokoli, dan kacang-kacangan. 

Makanan tinggi protein tersebut dapat mendukung proses pemulihan otot saat Anda tertidur. Terlebih lagi jika Anda habis beraktivitas berat yang menyebabkan otot Anda kelelahan, cedera, atau pun rusak.

2. Ngemil 20 Menit Sebelum Tidur

Anda boleh ngemil di malam hari setidaknya 20 menit sebelum tidur atau menutup mata. Ini dilakukan demi mempersiapkan sistem pencernaan Anda yang akan aktif ketika Anda tidur. 

Jika terlalu mepet maka pencernaan Anda akan terganggu dan membuat kualitas tidur Anda menjadi buruk. 

 

Baca Juga: 

Tidur setelah Olahraga, Aman atau Tidak?

 

3. Hindari Makanan Berat yang Tinggi Karbohidrat dan Lemak

Makanan berat apalagi tinggi karbohidrat dan lemak akan membebani sistem pencernaan. Alhasil, kedua zat tersebut tidak akan terbakar dan mengendap di tubuh Anda. 

Kalau sudah begitu, bukannya membantu sistem pencernaan agar bekerja optimal, berat badan malah bertambah secara drastis.

4. Jauhkan Makanan atau Minuman Manis

Makanan atau pun minuman manis bisa meningkatkan gula darah secara cepat diikuti oleh penurunan yang tajam. 

Di malam hari, tubuh Anda tidak siap bekerja keras sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti diabetes tipe 2, resistensi insulin, dan penyakit kardiovaskular. 

 

Baca Juga: 

Rahasia Jennifer Bachdim Tetap Langsing Meski Telah Melahirkan 4 Anak

 

5. Hindari Alkohol dan Kafein

Alkohol memang bisa membuat Anda mengantuk tapi kualitas tidur tidak akan baik sehingga saat Anda bangun di pagi hari, Anda akan merasa lelah dan lemas. 

Sedangkan menjadikan makanan atau minuman berkafein sebagai camilan, itu hanya akan membuat Anda terjaga sepanjang malam sehingga sistem pencernaan tidak akan berjalan optimal. 

 

--- Related Article ---

 

Rekomendasi Camilan di Malam Hari

Setelah mengetahui bagaimana cara ngemil di malam hari yang tepat agar tidak membuat Anda gemuk, sekarang waktunya mengetahui camilan yang boleh Anda konsumsi. 

  • Buah-buahan Segar: Pilihlah buah yang kayak serat dan mineral, seperti apel, pir, stroberi, kiwi, pisang, ceri, dan anggur. 
  • Yogurt rendah lemak dan gula: Yogurt tinggi protein dan mampu memberikan rasa kenyang dengan cepat.
  • Kacang-kacangan: Almond, kenari, dan kacang merah memiliki protein yang sangat tinggi sehingga cocok untuk ngemil di malam hari. 
  • Selai kacang alami: Anda boleh mengonsumsi selai kacang alami tanpa tambahan gula untuk memuaskan rasa lapar Anda. 
  • Susu Low Fat: Susu dapat merangsang timbulnya serotonin yang dapat membantu mengendalikan siklus tidur dan waktu bangun. 

 

Baca Juga: 

7 Snack Protein yang Sehat dan Mudah Di Bawa

 

Manfaat Ngemil di Malam Hari 

Ngemil di malam hari tidak sepenuhnya buruk. Pada penjelasan di atas, sedikit banyaknya Anda pasti sudah paham apa manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh. 

Namun untuk memperjelas kembali, berikut ini beberapa manfaat ngemil di malam hari:

  • Camilan ringan yang sehat dan bernutrisi dapat mencegah Anda terbangun di malam hari karena kelaparan.  
  • Makanan berprotein tinggi dapat mempertahankan kestabilan kadar glukosa di dalam tubuh. Terutama bagi penderita diabetes yang khawatir dengan kadar gula darahnya. 
  • Membantu pemulihan otot yang cedera atau rusak sehingga pertumbuhan dan kekuatannya tetap terjaga. 
  • Menghindari risiko makan berlebihan di pagi hari karena Anda merasa sangat lapar

Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk ngemil di malam hari karena selama caranya benar, makanan yang Anda konsumsi dapat membantu kesehatan dan metabolisme tubuh Anda. ***

Referensi: 

eatingwell.com 
cnnindonesia.com 


 
Tags:
#cemilan  #snack  #malam hari 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article