sfidn - 7 Manfaat Workout untuk Wanita, Jangan Sampai Skip!

7 Manfaat Workout untuk Wanita, Jangan Sampai Skip!

sfidn.com - Sayang sekali jika banyak yang melewatkan manfaat workout untuk wanita ini. Faktanya, workout tidak hanya perkara menurunkan berat badan, tetapi ini juga tentang meningkatkan dan mempertahankan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional Anda secara keseluruhan. 

Wanita yang rajin berolahraga secara teratur akan menuai manfaat yang begitu menakjubkan. Ini tidak hanya ‘memperbaiki’ tubuh Anda dari dalam, tetapi juga penampilan luar Anda secara keseluruhan. 

Anda mungkin akan menemukan perubahan yang mengejutkan, termasuk kulit yang cerah dan sehat, rutinitas tidur yang baik, dan emosional yang terkendali. Bahkan, ini baru permulaan. Ada banyak lagi manfaat workout untuk wanita yang harus Anda ketahui, sehingga lebih semangat untuk berolahraga secara rutin.

7 Manfaat workout untuk wanita yang harus diketahui

Menurut American Academy of Family Physicians, berolahraga secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Bagi wanita, manfaat tersebut berkembang, karena adanya kombinasi khusus antara hormon dan risiko kesehatan.

Berikut 7 manfaat workout untuk wanita yang sangat disayangkan jika Anda melewatkannya begitu saja:

1. Membangun, memperkuat, dan mempertahankan massa otot.

Salah satu manfaat workout yang terbesar bagi wanita adalah membangun dan memperkuat otot. Anda tentu sadar bahwa seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penyusutan massa otot dan lebih sulit untuk membangun otot. Lambat laun, Anda pun juga bisa kehilangan kekuatan otot.

Ini sangat berkaitan erat dengan sarcopenia (kehilangan otot), yaitu kondisi umum yang memengaruhi 10% orang dewasa berusia 50 tahun ke atas. Melansir dari Healthline, sarcopenia dapat menyebabkan seseorang kehilangan rata-rata 3% dari kekuatan ototnya setiap tahun setelah memasuki usia paruh baya.

Salah satu pemicu sarcopenia terkuat adalah jarang menggunakan otot, alias sedentary lifestyle. Jika Anda lebih sering rebahan di tempat tidur atau jarang bergerak setelah cedera atau penyakit tertentu, dapat menyebabkan hilangnya otot dengan cepat.

Kekuatan otot yang menurun pada akhirnya dapat mengakibatkan kelelahan yang lebih besar dan membuat Anda sulit untuk kembali ke aktivitas normal.

Kabar baiknya, dengan Anda rutin workout, Anda dapat melawan sarcopenia dengan menjaga otot tetap aktif.

2. Kulit lebih sehat dan cerah alami.

Olahraga benar-benar membawa dampak yang luar biasa untuk kulit Anda. Ketika Anda bercermin, Anda akan melihat kulit Anda lebih cerah dan sehat daripada sebelumnya. Selain perawatan kulit, ini juga merupakan manfaat workout yang Anda lakukan secara rutin.

Ini terjadi karena berolahraga membuat jantung Anda lebih terpompa dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit, sehingga kulit Anda mendapatkan nutrisi dan oksigen dengan baik. 

Selain itu, keringat yang Anda keluarkan juga dapat membantu pori-pori Anda mengeluarkan sebum atau minyak, kotoran, dan bakteri yang dapat menyebabkan bintik-bintik atau noda hitam di kulit. 

Nah, jangan lupa melakukan scrub dengan baik setelah berolahraga untuk membersihkan semua kotoran yang telah Anda keluarkan melalui keringat. Selain itu, gunakan sunblock atau sunscreen setiap kali Anda workout di dalam maupun di luar rumah. 

3. Menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

Tidak hanya fisik, manfaat workout untuk wanita juga termasuk meningkatkan kesehatan mental. 

Saat Anda berolahraga, neurotransmitter yang disebut endorfin dilepaskan dan bertindak sebagai semacam penghilang rasa sakit yang dapat membuat Anda merasa nyaman. Jumlah yang dikeluarkan oleh tubuh bervariasi bergantung pada jenis dan intensitas latihan yang Anda lakukan.

Studi terbaru menemukan bahwa orang-orang yang melakukan pelatihan HIIT selama satu jam mengalami peningkatan endorfin secara signifikan dibandingkan dengan orang yang menyelesaikan satu jam latihan dengan intensitas sedang. 

Olahraga juga dapat melepaskan senyawa kimia dopamin, norepinefrin, dan serotonin, yang semuanya membantu dalam pengaturan suasana hati, yang pada akhirnya, meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

4. Membantu Anda tidur lebih baik.

Menurut The National Sleep Foundation, olahraga di pagi atau sore hari dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Ini akan membuat tubuh Anda lelah, sehingga bisa tidur dengan nyenyak di malam harinya. 

Selain itu, suhu tubuh Anda akan meningkat beberapa derajat setelah workout. Nah, ketika suhu tubuh Anda turun kembali di kemudian hari, hal ini dapat memicu perasaan kantuk dan membantu Anda tidur dengan mudah. 

Banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan jika Anda cukup tidur, mulai dari meningkatkan daya ingat hingga mengurangi peradangan tubuh. 

Di sisi lain, sebagian besar hormon pertumbuhan manusia (HGH) dilepaskan saat Anda tidur. Hormon ini memainkan peran penting dalam proses pertumbuhan, komposisi tubuh, perbaikan sel, metabolisme, dan lainnya.

--- Related Article ---

5. Meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Manfaat workout untuk wanita yang juga tidak kalah penting adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Para ahli bahkan meyakini bahwa olahraga dapat mendetoksifikasi tubuh secara alami, sehingga menyehatkan sel-sel tubuh Anda, termasuk sel imun. 

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa olahraga dapat berkontribusi untuk meningkatkan kekebalan dengan meningkatkan sirkulasi darah yang baik. Hal ini memungkinkan sel dan zat kekebalan bergerak dengan bebas ke seluruh tubuh dan melakukan tugasnya secara efisien.

Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, dapat membantu Anda mencegah gejala flu dan kondisi kesehatan jangka panjang yang serius dengan lebih efisien.

6. Mengurangi nyeri akibat menstruasi.

Kebanyakan wanita mungkin khawatir jika berolahraga selama masa siklusnya. Faktanya, tidak apa-apa jika Anda berolahraga selama menstruasi, bahkan bisa memberikan beberapa manfaat yang luar biasa.

Anda mungkin menemukan bahwa Anda dapat berolahraga dengan intensitas yang lebih besar selama periode menstruasi daripada waktu lainnya dalam sebulan itu. Ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan kadar hormon. 

Tidak hanya itu, workout juga dapat membantu wanita melewati masa-masa pramenstruasinya (PMS) dengan lebih baik. Ini karena olahraga dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Namun ingat, lakukan workout ringan dan jangan terlalu memaksakan diri, sebab terlalu berlebihan dapat berisiko menghentikan siklus bulanan Anda.

7. Mengurangi selulit.

Manfaat workout yang terakhir adalah dapat mengurangi selulit, yaitu penampilan kulit yang tidak rata dan bergelombang. Ini merupakan wujud dari sel-sel lemak yang mendorong kulit ke atas jaringan ikat fibrosa.

Umumnya, selulit dipengaruhi oleh genetika dan jenis kelamin, dan ini pula yang menentukan seberapa banyak selulit yang dimiliki seseorang. Sayangnya, wanita lebih rentan terhadap selulit, karena hormon tertentu (seperti estrogen yang lebih tinggi) dan cara sel-sel lemak dan jaringan ikatnya diatur.

Kabar baiknya, meski sulit untuk dihilangkan – bahkan hampir tidak mungkin, selulit dapat diperbaiki penampilannya. Salah satunya dengan melakukan latihan kekuatan dan kardio secara teratur untuk membangun dan mengencangkan otot Anda.

Inilah beberapa manfaat workout untuk wanita yang sangat disayangkan jika Anda skip begitu saja. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan fungsi dari setiap bagian tubuh dan pikiran Anda. Setelah mengetahui hal ini, tidak ada kata malas lagi untuk memulai olahraga dan melewatkan berbagai manfaat untuk menuju diri Anda yang lebih baik dan lebih sehat.

 

Referensi:

  • Anderson E, Shivakumar G. (2013). Effects of exercise and physical activity on anxiety. Front Psychiatry. 4: 27.
  • Bell et al. (2016). Muscle disuse as a pivotal problem in sarcopenia-related muscle loss and dysfunction. J Frailty Aging. 5 (1): 33-41.
  • Dodds et al. (2015). The Epidemiology of Sarcopenia. J Clin Densitom. 18 (4): 461-6.
  • Fit Rated (2020). The Secret Rewards of Exercise: 7 Key Benefits of Working Out for Women.
  • Good House Keeping (2019). Is It Possible to Get Rid of Cellulite? Here's What Dermatologists Say.
  • Harvard Medical School (2021). How to Boost Your Immune System.
  • Healthline (2017). How to Fight Sarcopenia (Muscle Loss Due to Aging).
  • OASH (2018). Physical activity and your menstrual cycle.
  • Revolt Pro (2019). 5 Beauty Benefits of Heading to Gym for Women.
  • Saanijoki et al. (2018). Opioid Release after High-Intensity Interval Training in Healthy Human Subjects. Neuropsychopharmacol. 43: 246–254.
  • Sprouse-Blum et al. (2010). Understanding endorphins and their importance in pain management. Hawaii Med J. 69 (3): 70-71.
  • Takahashi et al. (1968). Growth hormone secretion during sleep. J Clin Invest. 47 (9): 2079-2090.

 
Tags:
#workout  #manfaat workout  #manfaat workout untuk wanita  #workout untuk wanita 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article