sfidn - 8 Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Menambah Darah

8 Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Menambah Darah

sfidn.com – Selain daging dan sayur-sayuran, beberapa jenis buah juga mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa membantu Anda menambah darah dan mencegah anemia.

 

Manfaat Zat Besi Bagi Tubuh

Zat besi adalah mineral yang berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, yakni protein dalam sel darah merah yang bertanggung jawab mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan mengembalikan karbon dioksida dari tubuh ke paru-paru untuk dikeluarkan.

Selain itu, fungsi zat besi lainnya adalah membentuk mioglobin (protein yang mengikat oksigen dalam otot), mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga fungsi kognitif, regulasi neurotransmitter, dan membantu memproduksi energi dalam sel.

Oleh karena itu, kekurangan zat besi bisa membuat fungsi tubuh tidak berjalan optimal. Anda harus memenuhi kebutuhan mineral ini setiap harinya melalui makanan yang sehat dan tepat.

 

Buah yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Meski kandungan zat besinya tidak sekaya daging atau pun produk hewani lainnya tetapi beberapa buah ini dapat membantu memenuhi asupan nutrisi dan mencegah kebosanan dalam pola makan yang sehat.

Berikut adalah delapan buah yang mengandung zat besi tinggi:

 

1. Kurma

Buah yang mengandung zat besi cukup tinggi adalah kurma. 100 gram kurma mengandung sekitar 1 mg zat besi. Selain itu, kurma juga kaya akan serat, vitamin B6, dan magnesium yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan darah. 

Mengonsumsi kurma secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan mengurangi risiko anemia.

 

2. Kismis

Kismis adalah anggur yang dikeringkan. Buah ini termasuk sumber zat besi yang tinggi karena dalam 100 gram kismis terdapat sekitar 1.88 mg zat besi. Buah kismis juga mengandung Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Anda bisa menjadikan kismis sebagai camilan sehat atau menambahkannya ke dalam sereal dan salad agar dapat meningkatkan asupan zat besi harian.

 

3. Buah Ara Kering (Fig)

Di dalam 100 gram buah ara kering terdapat sekitar 2.6 mg zat besi. Ini menjadikannya salah satu buah paling kaya zat besi di antara buah-buahan lainnya.

Buah ara juga mengandung kalsium, kalium, dan serat, yang semuanya penting untuk kesehatan tulang dan sistem pencernaan. Menambahkan buah ara ke dalam makanan harian Anda dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

 

4. Delima

Delima mengandung antioksidannya yang tinggi dan beberapa nutrisi lainnya, termasuk zat besi meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Dalam satu buah delima (sekitar 282 gram), terdapat sekitar 0.85 mg zat besi. Delima juga kaya akan Vitamin C yang membantu penyerapan zat besi serta serat dan kalium yang baik untuk kesehatan jantung.

 

5. Jambu Biji

Jambu biji adalah buah tropis yang kaya akan vitamin C dan zat besi. Dalam 100 gram jambu biji, terdapat sekitar 0.26 mg zat besi.

Meski kandungan zat besinya tidak terlalu tinggi tapi kandungan Vitamin C dalam jambu biji bisa membantu penyerapan mineral tersebut dengan lebih efisien.

 

6. Prune

Buah plum yang dikeringkan (prune) adalah sumber zat besi yang cukup baik untuk membantu Anda menambah darah. 

Dalam 100 gram prune, terdapat sekitar 0.93 mg zat besi. Prune juga mengandung Vitamin K, Vitamin A, dan serat yang semuanya penting untuk kesehatan tulang dan sistem pencernaan. 

Menambahkan prune ke dalam diet harian dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan mencegah anemia.

 

7. Buah Bit

Buah bit atau beetroot, meskipun lebih sering dianggap sebagai sayuran, sebenarnya adalah buah akar yang kaya akan zat besi. 

Dalam 100 gram buah bit, terdapat sekitar 0,8-1 mg zat besi. Buah bit juga mengandung asam folat, mangan, dan kalium yang semuanya penting untuk kesehatan darah dan fungsi tubuh secara keseluruhan. 

Mengonsumsi jus buah bit atau menambahkannya ke dalam salad dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

 

8. Alpukat

Dalam 100 gram buah alpukat terdapat sekitar 0,6 mg zat besi. Selain itu, buah alpukat juga kaya akan lemak sehat, serat, Vitamin K, Vitamin E, Vitamin C, dan berbagai mineral lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Anda bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau menjadikannya sebagai jus, smoothie, salad, atau pun saus untuk sandwich.

 

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan zat besi dapat membantu Anda menambah jumlah darah dan mencegah anemia. 

Selain mengandung zat besi, banyak dari buah-buahan ini juga kaya akan Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Memasukkan kedelapan buah-buahan tersebut ke dalam makanan harian Anda menjaga kesehatan darah dan tubuh Anda secara optimal.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#buah  #zat besi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article