8 Manfaat Buah Prune bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

sfidn.com – Prune adalah buah plum yang telah dikeringkan untuk tujuan pengawetan. Selain dikenal dengan nama prune, buah ini juga sering disebut plum kering. Dengan warna merah kecoklatan, prune memiliki tekstur yang kenyal dengan kombinasi rasa gurih dan manis. 

Tidak seperti plum segar, prune dapat bertahan dalam penyimpanan suhu ruang selama sekitar 6 bulan. Dan, ketika disimpan di lemari es dengan wadah tertutup rapat, prune dapat bertahan hingga 1 tahun lamanya.  

Mengonsumsi prune memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Anda. Pasalnya, buah kering ini dikemas dengan serat dan sumber vitamin dan mineral, termasuk potasium, zat besi, dan retinol. Yuk, kita bahas lebih dalam beragam manfaat dari buah prune ini.

8 Manfaat Buah Prune bagi Kesehatan yang Perlu Anda Tahu

Kandungan gizi buah prune

Dilansir dari webmd.com, satu porsi dengan berisikan lima buah prune mengandung:

  • Kalori: 114
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 30 gram
  • Serat: 3 gram
  • Gula: 18 gram

Selain itu, prune adalah sumber yang baik untuk:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Besi
  • Mangan
  • Tembaga
  • Vitamin B6

Plus, prune juga kaya akan potasium, mineral yang membantu otot, saraf, dan jantung Anda berfungsi dengan baik. Makan 4-5 buah prune memberi Anda sekitar 280 mg potasium atau sekitar 12 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Manfaat buah prune

Memiliki kandungan nutrisi yang banyak, berikut sederet manfaat buah prune:

1. Dapat mendukung kesehatan tulang

Memasukan buah prune dalam diet Anda bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Faktanya, penelitian pada hewan menunjukkan prune efektif tidak hanya mencegah keropos tulang, tetapi juga membantu membalikkannya.

Ini membuatnya sangat relevan untuk orang dewasa paruh baya yang mungkin berisiko terkena osteoporosis. Jumlah vitamin K yang lebih tinggi dalam rune juga membantu meningkatkan kesehatan tulang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebagai sumber serat yang berlimpah, prune sangat kaya akan serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol.

Namun, bukan hanya serat yang bermanfaat, sifat antioksidan pelindung dari buah prune tampaknya juga membantu menurunkan tekanan darah, seperti halnya kontribusi vitamin dan mineral, terutama kadar kalium yang tinggi.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Makan buah dalam bentuk utuh, seperti prune dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Ada beberapa penjelasan untuk ini termasuk kandungan seratnya yang tinggi, tingkat fitokimia yang kaya dan kontribusi mikronutrien.

Selain itu, meskipun buah prune rasanya manis tidak benar-benar menyebabkan kenaikan khas gula darah dan insulin yang terlihat setelah makan makanan manis.

4. Peningkatan kesehatan pencernaan

Selain kaya serat, prune juga menyediakan sorbitol dan fitonutrien yang semuanya bekerja untuk mendukung fungsi usus.

Yang mana, ini berarti makan prune dapat meningkatkan volume dan frekuensi tinja, menjadikannya pencahar alami yang membantu meningkatkan pergerakan usus yang sehat.

Mereka juga memiliki sifat prebiotik yang berarti mereka memasok bahan bakar untuk mendukung bakteri menguntungkan yang berada di usus kita.

Makan satu atau dua porsi buah prune dapat membantu Anda menjaga kesehatan pencernaan melalui gerakan usus yang teratur.

5. Perlindungan antioksida

Prune kaya akan antioksidan, terutama dua asam caffeoylquinic, yakni asam neoklorogenik (asam 3-caffeoylquinic) dan asam klorogenat (asam 5-caffeoylquinic).

Keduanya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan kolesterol LDL Anda, sekaligus melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit.

6. Memperlambat proses penuaan

Prune dapat membantu memperlambat proses penuaan, mereka melakukan ini berkat tingkat antioksidan yang sangat tinggi, yang dianggap dua kali lipat dari buah dan sayuran lainnya.

Selain itu, makanan yang kaya akan antioksidan ini tampaknya memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi tingkat kecemasan yang pada gilirannya dapat mengurangi stres oksidatif di otak dan menunda efek buruknya pada fungsi kognitif.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Prune adalah sumber vitamin A, vitamin yang penting untuk kesehatan penglihatan. Satu buah prune memberikan 3 persen dari asupan vitamin A harian yang direkomendasikan.

Orang yang kekurangan vitamin A rentan terhadap rabun senja, mata kering, degenerasi makula, dan katarak. 

8. Meningkatkan kesehatan rambut

Rambut rontok, kering dan warnanya yang berubah adalah tanda bahwa Anda kekurangan zat besi.

Dan, prune adalah sumber zat besi yang hebat, berkontribusi pada kesehatan rambut Anda secara keseluruhan dan menawarkan manfaat yang tak terhitung jumlahnya untuk itu.

Prune juga adalah sumber vitamin A, C, K, B dan nutrisi lainnya yang bagus untuk pertumbuhan rambut Anda dan mencegahnya dari kerusakan.

Berapa banyak buah prune yang harus dimakan per hari?

Banyaknya jumlah buah prune yang harus Anda konsumsi dalam sehari tergantung pada ukuran buah prune, tetapi sebuah penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi 50 gram buah prune per hari, yang setara dengan sekitar 5 sampai 6 buah prune. 

Jika Anda tidak terbiasa makan prune atau makanan kaya serat lainnya, mulailah perlahan dengan 1-2 buah prune per hari dan secara bertahap tingkatkan. 

Bagi orang-orang yang memiliki asupan serat yang rendah dalam dietnya, pada disarankan untuk memperkenalkan buah prune secara bertahap, menghindari konsumsi buah prune saat perut kosong dan menyebarkan asupan tersebut sepanjang hari.

Kesimpulan

Konsumsi buah prune memiliki berbagai macam manfaat, tapi jangan berlebihan. Prune mengandung gula alami yang tinggi, jadi terlalu banyak mungkin tidak baik untuk orang sedang dalam program diet.

Lagi pula, konsumsi yang berlebihan akan disimpan tubuh sebagai lemak. Mengonsumsi sesuai dengan yang direkomendasikan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. 

--- Related Article ---

Referensi:

Bbcgoodfood. Top 5 health benefits of prunes.
Webmd, (2020). Prunes: Are There Health Benefits?
Ndtv, (2018). 7 Benefits Of Prunes: The Dry Fruit You've Ignored For Too Long.
Goodhousekeeping, (2021). 4 Amazing Prune Health Benefits You Need to Know About.

Tags:
##sfidn  ##buah prune  ##buah prune adalah  #plume kering  #manfaat buah prune  #manfaat makan buah prune 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail