8 Kebiasaan Minum Kopi yang Bikin Berat Badan Naik Terus

sfidn.com – Kopi menjadi salah satu minuman paling populer di dunia. Manfaat kopi yang paling populer adalah mengontrol nafsu makan dan peningkatan metabolisme tubuh, yang kemudian dapat membantu menurunkan berat badan.

Namun, manfaat tersebut tergantung pada cara Anda mengonsumsi kopi. Alih-alih menurunkan berat badan, minum kopi dapat membuat berat badan naik jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi yang tidak sehat.

Lalu, kebiasaan seperti apa yang dapat membuat berat badan naik saat minum kopi? Berikut daftar kebiasaannya!
 

8 Kebiasaan Minum Kopi yang Bikin Berat Badan Naik Terus

1. Menambahkan banyak gula

Kopi pada dasarnya adalah minuman yang rendah kalori. Namun, jika kopi yang Anda konsumsi ditambahkan gula dan bahan pemanis lainnya, maka itu membuat kalorinya naik drastis.

Yang awalnya secangkir kopi hitam hanya mengandung 1-2 kalori saja, saat ditambahkan sirup dan gula, maka kalorinya bisa bertambah banyak, bahkan mencapai 300-500 kalori.

Jika Anda minum dua atau tiga dari kopi dalam sehari, maka jumlahnya hampir setengah dari total alokasi kalori Anda untuk hari itu dan itu sangat banyak sekali.

The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi tambahan gula hingga 24 gram per hari untuk wanita dan 36 gram per hari untuk pria dan beberapa minuman kedai kopi berukuran besar dapat mengandung 80 gram gula.

2. Menambahkan susu dan krimer

Gula bukanlah satu-satunya penyebab penambahan berat badan, susu dan krimer juga menyumbang banyak kalori dalam satu cangkir kopi. Kandungan susu penuh dengan protein, serta laktosa dan gula alami di dalamnya.

Berbagai jenis susu dan krimer memiliki kandungan kalori yang berbeda:

· Skim milk: Seperempat cangkir susu skim memiliki 22 kalori di dalamnya.
· Whole milk: Seperempat cangkir susu murni memiliki 38 kalori di dalamnya.
· Creamer: Creamer umum memiliki 114 kalori dalam seperempat cangkir.

Angka tersebut mungkin tidak terdengar begitu besar, tapi ingatlah bahwa kalorinya bertambah. Konsumsi rata-rata kalori untuk menurunkan berat badan bagi wanita adalah 1.500 kkal dan 2.100 kkal.

1 cangkir kopi per hari mungkin tidak menambah banyak kalori, tetapi banyak orang minum 3-5 cangkir, bahkan lebih dalam sehari.

Apa lagi jika ditambahkan dengan gula dan sirup perasa lainnya, kalorinya pasti akan berlipat.

3. Menambahkan whipped cream

1 gelas kopi dengan whipped cream di atasnya mungkin tampak lezat, tapi tahukah Anda bahwa tambahan ini menyumabng banyak kalori dalam kopi. Terlebih, whipped cream tidak megandung nutrisi apa pun.

Plus, ketika Anda menambahkan whipped cream, Anda juga akan berkeinginan untuk menambahkan topping lain di atasnya, seperti cocoa bits, drizzles, dan toping pemanis lainnya. Yang akhirnya, ini dapat menambah banyak kalori dalam 1 gelas kopimu.
 

4. Minum kopi dalam jumlah banyak

Terus terang, kita semua mengetahui bahwa kopi membuat ketagihan. Membangun kebiasaan rutinitas pagi yang tenang dengan menyeduh secangkir kopi hitam setelah sarapan itu akan baik-baik saja.

Namun, akan berbeda jika Anda membangun kebiasaan meminum kopi setiap Anda melakukan aktivitas, seperti saat perjalanan berangkat kerja, mulai duduk di kantor, istirahat di jam kantor dan pulang setelah bekerja.

Bahkan jika satu minuman hanya memiliki 100 kalori di dalamnya, saat Anda meminum beberapa gelas sehari, asupan kalori yang Anda konsumsi akan menyaingi asupan kalori dalam sehari.

Lebih buruk lagi, karena mereka cair, maka kandungan kafein dan gula tidak bertahan lama di sistem pencernaan Anda.

Keduanya meninggalkan Anda energik, gelisah, dan lapar. Di mana, ini memungkinkan Anda untuk ngemil dan membuat berat badan terus naik.
 

5. Meminum kopi sebagai makan utama

Ingatlah bahwa kopi bukan makanan dan bukan juga digunakan sebagai penggantu air putih.

Konsumsi karbohidrat, protein dan lemak serta serat adalah kunci untuk diet yang sehat dan seimbang untuk membantu Anda tetap puas dan mengelola rasa lapar. Dan, itu bukan hal yang akan Anda dapatkan dari secangkir kopi.

Minuman kopi berkalori tinggi, manis, dan menggemukkan dapat menggantikan makanan bergizi tanpa memberikan kontribusi nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, dan juga dapat menyebabkan gula darah melonjak, yang dapat meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan lainnya, bahkan bisa menyebabkan makan berlebihan nantinya.
 

6. Minum kopi di waktu yang tidak tepat

Kandungan kafein dalam kopi mungkin menyebabkan Anda menambah berat badan jika Anda mengonsumsinya di waktu yang tidak tepat.

Jika Anda menggunakan sedikit kafein untuk membangunkan Anda di pagi hari, maka itu tidak apa-apa.

Namun, jika Anda minum kopi sepanjang hari, ada kemungkinan Anda akan mengalami masalah dengan tidur Anda, terutama jika Anda mengonsumsinya di waktu sore dan malam hari.

Telah terbukti secara ilmiah bahwa kurang tidur menyebabkan penambahan berat badan. Semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan, semakin sedikit istirahat malam Anda, dan semakin sedikit tubuh Anda dapat beradaptasi. Buruknya lagi, ini adalah bagian dari reaksi tubuh terhadap stres.

7. Minum kopi saat perut kosong

Setiap aspek negatif dari kopi diperparah dengan meminumnya saat perut kosong. Gula dalam kopi menghantam aliran darah Anda lebih cepat dan lebih keras. Ini melewati sistem Anda dengan cepat, tetapi lebih diserap sepenuhnya.

Anda lebih mungkin untuk mengidam dan lapar, menyebabkan ngemil, minum lebih banyak kopi, atau makan makanan yang lebih besar. Semua ini berkontribusi pada stres juga.

8. Membeli kopi botolan

Membeli dan meminum kopi botolan tampak terasa lebih praktis dan cepat juga, tapi ini tidak baik karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya dapat menjadi penyebab terbesar berat badan naik terus.

Satu botol kopi bisa mengandung 260 kalori dan 29 gram gula tambahan, yang mana ini dapat menjadi hal buruk jika Anda mengawali pagi dengan meminum satu botol kopi kemasan.

Penurunan berat badan tidak akan terjadi jika Anda masih memiliki kebiasaan minum kopi seperti yang telah dijelaskan tadi. Dan, ingatlah bahwa kafein saja tidak banyak membantu dalam penurunan berat badan.

Anda tetap harus menjaga pola makan, defisit kalori dan olahraga secara teratur. Jika ingin menikmati kopi, usahakan untuk meminum satu cangkir kopi hitam tanpa gula untuk mendapatkan manfaat nyata dari kafeinnya.

--- Related Article ---


Referensi:
Healthline, (2019). How Does Coffee Affect Weight?
Eatthis, (2020). 10 Ways Your Coffee Is Making You Gain Weight, Say Experts.
Bellaallnatural, (2021). 6 WAYS THAT YOUR COFFEE COULD MAKE YOU GAIN WEIGHT.

 

Tags:
#kopi  #sfidn  ##kebiasaan minum kopi  ##kopi bikin gemuk  ##kebiasaan buruk minum kopi 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article