Aneka Makanan Sehat yang Wajib dikonsumsi Sebelum nge Gym

sfidn.com – Sesering apa kamu datang ke gym center dengan kondisi perut kosong? Kebiasaan ini sebaiknya segera kamu tinggalkan bro & sis. Selain membuat tubuh kurang tenaga, nge gym dengan kondisi perut kosong juga tidak baik untuk ototmu. Mengonsumsi makanan sebelum berlatih fitness adalah sebuah keharusan yang wajib kamu lakukan. Hal yang wajib kamu note adalah waktu mengonsumsinya, konsumsilah sekitar 1 sampai 3 jam sebelum kamu pergi ke gym untuk melatih otot-ototmu.
 

Aneka Makanan Sehat yang Wajib dikonsumsi Sebelum nge Gym

 

Latihan fitness di gym center akan lebih efektif hasilnya jika diimbangi dengan asupan makan yang sehat dan tepat, pastikan makanan yang kamu konsumsi selama menjalani program fitness adalah makanan yang sehat dan porsi yang pas. Dibawah ini adalah aneka makanan sehat rekomendasi SFIDN yang bisa kamu konsumsi sebelum pergi ke gym untuk berlatih, diantaranya adalah :
 

1. Buah sehat

Buah adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi sebelum beranjak ke gym dan memulai latihan ototmu. Buah-buahan bisa dikonsumsi kurang dari 1 jam sebelum kamu berlatih. Beberapa pilihan buah yang bisa kamu makan diantaranya adalah buah pisang, buah apel, dan buah jeruk.

 

Apel mempunyai berbagai kandungan yang bisa membanu proses pembakaran lemak tubuh. Sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang melakukan program pembakaran lemak / diet.

Pisang memiliki kandungan bromelain yang berperan penting dalam meningkatkan kadar testosterone. Ini akan menimbulkan efek langsung pada pembentukan otot tubuhmu.

Jeruk bisa membantu tubuhmu untuk mempunyai tulang yang kuat & membentuk otot lebih baik, selain itu kandungan vitamin E didalam jeruk juga sangat baik untuk menutrisi kulit.

 

2. Kombinasi buah apel,selai kacang, dan kismis

Selain bisa dikonsumsi secara langsung, Apel juga bisa dikombinasikan dengan selai kacang murni dan kismis. Buah kering (kismis) sangat baik sebagai sumber gula alami yang dibutuhkan oleh otot. Kandungan serat didalam buah apel & kismis yang digabungkan pada lemak tak jenuh dari selai kacang akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga latihan ototpun akan lebih fokus lagi.

 

3. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang sangat kami rekomendasikan khususnya jika kamu sedang menjalankan program diet. Karena sifat dari oatmeal yang terserap lebih lama dalam pencernaan tubuh, akan membantumu sehingga energi akan lebih banyak lagi. Resep oatmeal yang bisa kamu coba diantaranya adalah :

 

- Campukan oatmeal, geek yoghurt, dan blueberry.

- Campurkan oatmeal dengan strawberry.

- Campurkan oatmeal dengan topping pisang & kacang almond.

Konsumsilah oatmeal ini sekitar 1 sampai 2 jam sebelum memulai latihan fitnessmu.
 

--- Related Article ---

 

4. Telur rebus

Telur adalah salah satu jenis makanan yang popular yang memiliki kandungan protein tinggi. Sangat mudah didapat dan juga harganya yang cukup ekonomis. Ada beberapa rekomendasi yang menyampaikan bahwa seharusnya mengonsumsi putih telur saja sebelum berlatih fitness, padahal mengonsumsi telur secara utuh juga tidak 100% salah.

 

Konsumsilah telur rebus utuh sebelum melakukan latihan untuk membantu penuhi kebutuhan protein tubuhmu, protein ini sangat dibutuhkan oleh otot-ototmu nantinya. Jika kamu tidak terlalu suka telur rebus, kamu bisa gunakan alternatif telur omelet, pastikan jangan menggorengnya dengan minyak sayur ya! 

 

5. Kombinasi buah pisang, selai kacang, dan madu

Pisang mengandung karbohidrat yang bermanfaat untuk suplai energi tubuh, selain itu juga terdapat kandungan potassium yang secara langsung akan membantu kerja syaraf dan ototmu. Selai kacang akan penuhi kebutuhan lemak tak jenuh yang akan dibakar selama berlatih. Madu akan melengkapi rasa manis dan sekaligus menstabilkan kadar glukosa didalam aliran darah kita.

 

6. Sandwich Roti Gandum

Roti gandum akan memenuhi kebutuhan karbohidrat yang akan diubah menjadi energi nantinya. Kebutuhan protein dan lemak bisa kamu dapat dari isi sandwich. Kamu bisa mengisi sandwich dengan beberapa menu makanan seperti paduan antara pisang dan selai kacang ataupun paduan antara telur rebus dan buah alpukat.

 

Konsumsilah sandwich sekitar kurang dari 2 jam sebelum memulai latihan. 

 

Selain ke enam makanan diatas kamu juga bisa mencoba beberapa minuman sehat yang memiliki manfaat sama yaitu untuk menambah performa sebelum melakukan aktivitas fitness seperti :

 

1. Jus jeruk dengan campuran sea salt dan madu

2. Protein smoothies yang terbuat dari pisang, susu, bubuk protein, dan aneka buah berry.

 
 
 
 
Tags:
#makanan sehat  #nutrisi  #Nutrisi Otot  #Makanan sebelum gym  #Makanan sebelum fitness  #Minuman sebelum gym  #Minuman sebelum fitness 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article

SFIDN Forum
Kandungan Nutrisi Ikan Air Tawar VS Ikan Air laut

April 26, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail

2 Pelajaran Penting yang Bisa Dicuri dari Para Binaragwan

March 28, 2019

Posted By: FM.Ibnu Ismail