sfidn - Apa Itu Bumper Plate? Berikut Kegunaannya untuk Olahraga

Apa Itu Bumper Plate? Berikut Kegunaannya untuk Olahraga

sfidn.com - Apa arti olahraga bagi Anda? Terutama tempat fitnes atau tempat gym? Pasti yang terbayang adalah alat-alat olahraga. Tahukah Anda kegunaan masing-masing alat gym?

Sebelum memutuskan untuk memulai program olahraga, terutama bagi para wanita yang ingin diet dan mendapat tubuh ideal, ketahui terlebih dahulu kegunaan dan juga informasi dari masing-masing alat olahraga. Dengan demikian, tidak ada kesalahan penggunaan yang akan menyebabkan kecelakaan ataupun cedera olahraga. 

Salah satu alat gym yang harus kamu ketahui adalah bumper plate atau plat beban. Apa itu bumper plate? Simak informasi lengkapnya di sini!

Bumper Plate dalam Gym

sfidn-bumper-plate-fitnes

Sebenarnya masih banyak yang belum paham kegunaan bumper plate fitness. Alat olahraga ini sering ditemukan di tempat gym. Sebenarnya, apa perbedaan bumper plate dengan plate biasa?

Plate merupakan sebuah plat beban yang digunakan hampir pada semua komponen alat dan juga olahraga angkat beban. Umumnya, bumper plate terbuat dari besi. Ada pula plate biasa yang terbuat dari karet atau dikenal dengan rubber plate. Bumper plate jauh lebih aman ketika terbentur di lantai dibandingkan dengan steel plate ataupun jenis plate lainnya. Bumper mampu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat olahraga berat.

Standar Bumper Plate

Alat fitness ini seringkali digunakan untuk Olympic Lifting, olahraga yang membutuhkan plat atau angkat beban dengan cara dibanting. Bumper plate lebih aman digunakan jika dibandingkan alat-alat olahraga berat lainnya. Diameter alat ini biasanya berukuran 45cm. Sementara itu, alat ini terdiri atas beragam bobot beban, mulai dari 10kg hingga 25kg. 

Kegunaan Bumper Plate untuk Olahraga

Setelah memahami apa itu bumper plate, selanjutnya pahami kegunaannya, khususnya bagi Anda yang ingin berolahraga. Berikut fungsi bumper plate dalam olahraga yang telah SFIDN rangkum.

Meningkatkan Kekuatan dan Ketahanan Tubuh

Bumper plate dapat membantu meningkatkan kekuatan dan juga ketahanan tubuh. Hal ini dilakukan bukan untuk para pemula, namun untuk yang telah terbiasa dengan olahraga berat.

Anda bisa menggunakan bumper mulai dari beban yang lebih kecil terlebih dahulu, kemudian meningkat ke beban lebih besar. Umumnya, para pria menggunakan fitness bank untuk meningkatkan masa otot tangan dan kaki. Alat fitness tersebut membuat tubuh lebih kuat dan berotot.

Selain fitness bank, Anda juga bisa menggunakan bumper plate jika ingin membangun kekuatan dalam tubuh dan juga memanfaatkan kinerja otot. Hal itu membuat olahraga Anda menjadi lebih optimal dan mendapatkan hasil maksimal.

--- Related Article ---

Sering Digunakan dalam Olimpiade 

Untuk menjadi atlet, alat olahraga bumper cocok digunakan oleh Anda. Seperti yang telah diinfokan sebelumnya, bumper plate lebih banyak digunakan dalam olahraga Olimpiade. Selain itu, alat ini juga sering digunakan dalam kompetisi yang ada di Indonesia maupun di dunia.

Umumnya, menggunakan bumper plate sudah cukup latihan yang dilakukan memang memanfaatkan beban yang sangat berat, yaitu berkisar antara 20 hingga 25kg. Beban tersebut bisa digunakan untuk olahraga secara rutin dan olahraga berat.

Membantu Pembentukan Otot

Selanjutnya, bumper plate berguna untuk olahraga angkat beban. Alat gym ini dapat divariasikan dengan kemampuan dan juga kebutuhan seseorang. Hal itu disebabkan pilihan beban dari plate ini sangat banyak sehingga bisa digunakan untuk program dan juga pembentukan kekuatan otot secara bertahap.

Pilihan beban sangat penting karena dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jika terlalu dipaksakan, dikhawatirkan akan menyebabkan cedera dan juga permasalahan yang lebih besar. Misalnya, kecelakaan dalam penggunaan alat beban. Anda bisa menggunakan bumper plate yang sesuai dengan kemampuan supaya program olahraga berjalan dengan baik. 

Cocok untuk Pemula 

Terbuat dari bahan dasar besi dan karet bumper plate cocok sekali untuk para pemula yang ingin memulai latihan atau mencoba olahraga angkat beban. Para pemula biasanya belum cukup kuat untuk menanggung beban yang berat. Oleh karena itu, bumper plate sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru ingin menjajakan kaki di dunia fitness dan gym. Selain itu, untuk menghindari cedera saat plate terbanting ke lantai, bumper juga lebih aman digunakan dibandingkan rubber dan steel plate.

Keunggulan Bumper Plate

Selain mempunyai beragam kegunaan, bumper plate juga mempunya beberapa keunggulan yang harus Anda ketahui.

Keunggulan pertama, jika ibandingkan dengan beberapa alat olahraga lainnya, alat ini jauh lebih tebal. Hal itu memungkinkan Anda meletakkan 4 bumper sekaligus, jika sudah memiliki kekuatan tangan dan kaki yang cukup baik dalam olahraga angkat beban. 

Selain itu, tampilannya juga sangat menarik dan bagus. Banyak warna, jenis, dan bobot beban yang dapat kamu pilih. Bumper terdiri atas dua jenis, yaitu competition bumper plate dan training bumper plate. Oleh sebab itu, alat olahraga ini cocok digunakan dalam kompetisi, pertandingan, maupun latihan olahraga sehari-hari.  


 
Tags:
#otot kaki  #otot dada  #alat olahraga  #Alat Fitness  #alat gym 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article