sfidn - Apa Saja Efek Samping Creatine yang Perlu Diwaspadai?

Apa Saja Efek Samping Creatine yang Perlu Diwaspadai?

sfidn.com – Ada beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya creatine dalam jangka panjang atau pun secara berlebihan.

Creatine adalah senyawa alami yang banyak ditemukan dalam daging dan ikan. Senyawa ini memiliki peran penting dalam penyimpanan energi di otot manusia. Selain itu, creatine juga diproduksi secara alami oleh tubuh, terutama di hati, pankreas, dan ginjal.

 

Manfaat Mengonsumsi Suplemen Creatine

Suplementasi creatine dapat membantu meningkatkan kekuatan dan produksi energi,  mendukung pemulihan otot, serta mengembangkan massa otot tanpa lemak. Oleh karena itu, banyak olahragawan atau atlet yang mengonsumsi creatine agar bisa merasakan khasiatnya.

Dikutip dari Forbes, sebuah tinjauan yang dilakukan terhadap 16 studi menyimpulkan bahwa creatine mampu meningkatkan pertumbuhan, kekuatan, dan massa otot pada individu muda yang terlibat dalam aktivitas fisik yang intens. Namun, butuh penelitian lebih lanjut  untuk memahami secara lebih mendalam efek creatine pada populasi lanjut usia.

Suplementasi creatine juga penting bagi atlet yang membutuhkan lebih banyak nutrisi karena intensitas latihan yang tinggi dan durasi yang lebih panjang. Hal ini juga berlaku bagi atlet atau seorang vegan dan vegetarian yang kesulitan memperoleh asupan creatine dari sumber makanan yang mereka konsumsi.

Tidak hanya bermanfaat bagi atlet, creatine juga memberikan keuntungan bagi orang dewasa yang mengalami sarcopenia, yaitu kondisi di mana seseorang kehilangan massa dan kekuatan otot seiring bertambahnya usia. 

Penggunaan suplemen creatine bersama dengan latihan ketahanan pada wanita dengan sarcopenia akan meningkatkan kekuatan dan massa otot secara signifikan. Ini menjadi sangat penting bagi wanita pasca-menopause yang mengalami penurunan kepadatan tulang lebih cepat  dibandingkan dengan pria karena kekurangan estrogen.

 

Efek Samping Penggunaan Suplemen Creatine

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Exercise Nutrition and Biochemistry pada tahun 2016, penggunaan creatine dalam jumlah yang direkomendasikan, yakni sekitar 3 hingga 5 gram per hari masih dianggap aman. 

Atlet yang mengonsumsi suplemen creatine dapat mengalami peningkatan massa otot dan meningkatkan tingkat kewaspadaan mental mereka.

Namun,  seperti penggunaan suplemen lainnya, Anda harus mengonsumsi creatine dengan bijak serta tetap mewaspadai efek samping yang mungkin terjadi agar Anda dapat mengambil tindakan pencegahan sebelum terlambat.

Berikut ini efek samping dari penggunaan suplemen creatine yang mungkin saja terjadi:

 

1. Diare

Creatine dapat meningkatkan osmolalitas (konsentrasi zat terlarut) di saluran pencernaan yang dapat menyebabkan peningkatan air ke dalam usus. Ini bisa menyebabkan diare pada beberapa orang.

 

2. Pusing

Peningkatan jumlah creatine dalam tubuh bisa mempengaruhi keseimbangan elektrolit dan cairan yang menyebabkan gejala seperti pusing pada beberapa individu.

 

3. Peningkatan Berat Badan

Creatine bisa menyebabkan retensi air dalam otot, sehingga meningkatkan berat badan secara signifikan. Hal ini umumnya bersifat sementara karena bukan massa lemak yang meningkat tapi bertambahnya volume cairan dalam otot.

 

4. Kram Otot

Kram otot adalah efek samping lain yang dapat terjadi akibat penggunaan creatine. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan keseimbangan elektrolit tubuh atau kelelahan otot.

 

Baca Juga:

Begini Cara Mengatasi Kaki yang Kram setelah Olahraga

 

5. Regangan Otot

Beberapa orang juga melaporkan mengalami regangan otot setelah mengonsumsi creatine. Hal ini mungkin terjadi karena peningkatan kekuatan otot yang dapat menyebabkan otot lebih rentan terhadap cedera.

 

6. Peningkatan Tekanan Darah

Peningkatan tekanan darah adalah efek samping lain yang perlu diperhatikan dari penggunaan creatine. Hal ini terutama penting bagi individu yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau masalah kardiovaskular lainnya.

 

Apabila Anda merasakan efek samping seperti di atas setelah mengonsumsi creatine, sebaiknya hentikan pemakaiannya dan lakukan peninjauan ulang. 

Pastikan untuk mengikuti anjuran pengonsumsian suplemen agar manfaatnya bisa benar-benar Anda rasakan tanpa adanya efek samping yang tidak menyenangkan.
Anda bisa mendapatkan suplemen creatine terbaik di sini.
 

--- Related Article ---

 


 
Tags:
#suplemen  #creatine  #efek samping 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article