sfidn - Apakah Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Bisa Membentuk Otot?

Apakah Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Bisa Membentuk Otot?

sfidn.com – Banyak orang yang menjadikan whey protein sebagai suplemen nutrisi. Tetapi, apakah minum suplemen tersebut tanpa olahraga tetap bisa membentuk otot semakin besar?

 

Apakah Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Bisa Membentuk Otot?

Whey protein merupakan produk sampingan dari produksi keju yang menjadi salah satu jenis protein paling populer di kalangan penggemar kebugaran dan para atlet. 

Fungsi utama dari whey protein adalah menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang mudah diserap oleh tubuh. Ini mengandung semua asam amino esensial yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot.

Waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi whey protein sangat bergantung pada referensi individu. Ada yang mengonsumsinya sebelum latihan untuk memasok protein ke otot dan ada pula yang meminumnya setelah latihan untuk memulihkan dan membangun kembali otot yang rusak. 

Meski demikian, ada juga orang yang minum whey protein tanpa olahraga sehingga hanya menjadikannya sebagai camilan atau tambahan untuk meningkatkan asupan protein harian.

Namun, apakah boleh minum whey protein tanpa melakukan olahraga atau latihan beban apa pun? Kira-kira, apakah cara ini tetap dapat membantu individu membentuk otot yang lebih besar? Mari cari tahu jawabannya.

 

Baca Juga:

4 Pose Yoga untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Inti

 

Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Tidak Bisa Membentuk Otot

Faktanya, minum whey protein tanpa olahraga tidak bisa membantu Anda membangun dan membentuk otot menjadi lebih besar atau pun lebih kekar.

Asupan protein yang cukup alam mampu mempertahankan massa otot tapi tidak dapat meningkatkannya jika tidak diimbangi dengan latihan kekuatan. Itu karena tidak ada stimulus bagi otot untuk meregenerasi dirinya setelah mengalami kerusakan kecil dari latihan yang dilakukan.

Serat otot yang rusak akibat mengalami ketegangan akan meregenerasi dirinya menjadi lebih tebal sebagai bentuk adaptasi terhadap trauma yang pernah didapatkannya. Inilah yang membuat massa otot Anda bisa meningkat setelah melakukan latihan kekuatan.

Sedangkan peran whey protein di sini adalah memberikan nutrisi dan bahan bakar yang cukup untuk mendukung proses regenerasi otot.

 

Baca Juga:

Meluruskan Berbagai Mitos Pengonsumsian Whey Protein pada Wanita

 

Apakah Minum Whey Protein Tanpa Olahraga Diperbolehkan?

Mengonsumsi whey protein tanpa olahraga masih diperbolehkan untuk memenuhi kebutuhan protein harian, menjaga keseimbangan nutrisi, mendukung fungsi tubuh, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Protein bermanfaat dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama, memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh, mendukung fungsi sistem kekebalan, serta berperan dalam proses metabolisme sehingga dapat menjaga berat badan yang ideal.

 

Berapa Banyak Protein yang Harus Dikonsumsi?

Asupan protein harian yang disarankan bagi orang biasa adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Namun, bagi mereka yang aktif meningkatkan massa otot, asupan proteinnya harus lebih banyak, yaitu sekitar 1,2 hingga 2,2 gram per kilogram berat badan.

Kekurangan protein dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat. Ciri-ciri orang yang kekurangan protein, di antaranya:

  • Kehilangan massa otot
  • Melemahnya sistem kekebalan
  • Rambut rontok
  • Kulit kering
  • Kuku rapuh
  • Sering lapar
  • Kelelahan yang berlebihan

Jika Anda mengalami gejala atau ciri-ciri tersebut, segera perbanyak asupan protein dari daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan whey protein.

 

Apa yang Terjadi jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Whey Protein?

Terlalu banyak mengonsumsi protein, termasuk dari whey protein dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti kembung dan diare. Selain itu, secara jangka panjang dapat memberikan beban tambahan pada ginjal. 

Oleh karena itu, penting untuk mematuhi dosis whey protein yang direkomendasikan pada label kemasan serta memastikan bahwa Anda telah mengikuti jumlah asupan protein harian yang dianjurkan.

 

Whey protein tetap memiliki banyak manfaat bagi tubuh meskipun Anda tidak olahraga. Namun, jika Anda ingin membangun dan membentuk otot yang lebih besar, imbangi pengonsumsian suplemen ini dengan latihan kekuatan, seperti angkat beban secara teratur.

Selalu ikuti panduan dosis yang direkomendasikan dan bila perlu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam gaya hidup.

 

--- Related Article ---


Referensi:

  • ESN, (2022), Drink protein shakes even without sports
  • Nuzest, (2021), What Will Happen If You Drink Protein Shakes Without Working Out?
  • Trunativ, (2022), Can We Take Whey Protein Without Workout?
     

 
Tags:
#suplemen  #Whey Protein  #Suplemen Whey Protein 
0 Comment
Leave Your Comment

Latest Article